Perbaiki Flashdisk yang Rusak dengan Cara Ini

Cara perbaiki flashdisk - begawei.com
Flashdisk merupakan hardware penyimpanan data berjenis portable dengan kapasitas penyimpanan mampu mencapai hingga 1 Terabyte. Adanya flashdisk tentu sangat membantu semua orang termasuk Anda. Mulai dari pelajar maupun pekerja menggunakan flashdisk sebagai tempat penyimpanan data ataupun sebagai media untuk mentransfer data dari PC satu ke PC lain. Inilah sebabnya mengapa flashdisk mempunyai peran yang penting dalam kehidupan saat ini. Tentu saja flashdisk harus dipakai dengan cara yang benar agar tidak cepat rusak karena jika sudah rusak tentu akan sangat merepotkan. Data-data penting yang disimpan di dalamnya bisa saja hilang. Penyebab rusaknya pun beragam salah satu yang paling sering menjadi penyebabnya adalah pelepasan flashdisk dari port PC setelah dipakai secara langsung tanpa di-eject terlebih dahulu. Tapi Anda tidak perlu panik, flashdisk yang rusak pun ternyata ada loh cara untuk memperbaikinya. Mau tau? Simak cara memperbaiki flashdisk dengan beberapa pilihan cara mudah seperti berikut:

Cara Pertama dengan Menggunakan CMD
1. Klik Start, masuk RUN atau bisa dengan ketik CTRL+R di keyboard. Kemudian ketik CMD lalu tekan Enter.
2. Colokkan flashdisk ke port PC Anda.
3. Ketik FORMAT H: / FS:FAT kemudian Enter. Sebagai catatan, H adalah lokasi flashdisk anda, jika lokasi flashdisk di explorer adalah G maka FORMAT G: / FS:FAT kemudian Enter.

Cara Kedua dengan Menggunakan Computer Management
1. Colokkan flashdisk ke port pc Anda.
2. Klik Start, masuk RUN atau CTRL+R, kemudian ketik compmgmt.msc lalu tekan Enter.
3. Pada menu yang muncul, klik Storage lalu pilih Disk Management.
4. Jika flashdisk Anda mengalami kerusakan yang tidak parah, flashdisk akan terdeteksi dengan sendirinya tetapi jika tidak terdeteksi, Anda bisa klik kanan lalu pilih menu Create Partition.
5. Klik kanan lalu pilih format. Perlu diingat jika sudah di format biasanya flashdisk akan menghapus semua data dan menjadi kosong.

Cara Ketiga dengan Menggunakan Tools HDD Low Level Format
1. Colokkan flashdisk ke port PC Anda.
2. Download software bernama HDDGURU Low Level Format.
3. Install software tersebut lalu pilih “Run As Administrator” bagi pengguna Windows Vista, atau Windows 7, atau Windows 8.
4. Pilih USB, kemudian klik pilihan Continue.
5. Setelah proses low level format selesai, Anda bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasa.

Anda bisa memilih dari ketiga cara tersebut mana cara memperbaiki flashdisk yang paling mudah untuk Anda. Yang paling penting, Anda sebagai pengguna juga harus bisa mengikuti prosedur penggunaan flashdisk yang benar agar tidak mengalamai kejadian kerusakan flashdisk. Namun, jika kamu tertarik untuk melirik flashdisk baru, kamu bisa browsing website MatahariMall.com dan hunting flashdisk murah yang kali aja lagi diskon.

Comments

  1. Wah kalau yang pakai CMD sepertinya saya bisa, bermanfaat

    ReplyDelete
  2. hehehe knp lupa ya.. flashdisk pada rusak smua, bukannya diperbaiki malah didiamin aja huhu.. danke infonya ubai

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"