Optimalkan Kinerja Komputer dengan Harddisk Seagate Firecuda

Sebuah komputer atau Personal Computer (PC) tentu sangat membutuhkan media penyimpanan yang lebih lepas. Artinya, media penyimpanan ini sangat mempengaruhi kinerja komputer yang dimaksud. Komputer dengan media penyimpanan yang kemudian dikenal dengan Hard Disk Drive (HDD) ini sangat besar pengaruhnya, kinerjanya akan melebihi ekspektasi dari pengguna komputer. Belum lagi berbicara seorang gamer yang membutuhkan pekerjaan cepat dalam bertarung melawan musuh.
HDD sangat banyak sekali di pasaran. HDD yang dapat kamu jumpai juga beragam bentuk dan performa serta kapasitas yang ditawarkan. Media penyimpanan yang dibutuhan lebih besar karena kebutuhan media yang disimpan juga tidak lagi sedikit – berupa dokumen dalam Word – tetapi video, gambar, bahkan program-program maupun game yang memiliki kapasitas lebih besar. Belum lagi jika berbicara perkembangan masa, di mana internet begitu telah menggantikan banyak pekerjaan konvensional, maka media penyimpanan sedikit tidaknya memengaruhi kinerja komputer.  Kamu akan mudah mengunduh maupun menginput data ke internet yang membutuhkan jaringan kencang dengan dukungan kinerja HDD cepat. HDD yang lambat sebenarnya dipengaruhi oleh kapasitas HDD dimaksud, semakin banyak data yang disimpan, semakin sedikit ruang yang tersedia maka semakin lambat dalam mentransfer data.

Seagate baru-baru ini meluncurkan HDD Seagate Firecuda dengan perfoma lebih baik dan kinerja lebih cepat. Peluncuran Firecuda bersamaan dengan ‘kakaknya’ yang lebih gahar dengan menyasar para gamer dengan kapasitas mencapai 10 TB yaitu BarraCuda. Firecuda sendiri diluncurkan oleh Seagate dengan dua pilihan yaitu untuk PC dan Laptop. Dilihat dari kegunaannya, Firecuda untuk PC tentu lebih besar dengan ukuran 3,5 inci dan untuk laptop dengan ukuran 2,5 inci. Tahukah kamu HDD ini memiliki kapasitas 1 TB sampai 2 TB. Firecuda yang saya pegang adalah dengan kapasitas 2 TB.

Apa Keunggulan HDD Seagate Firecuda?
Bicara keunggulan, masing-masing HDD tentu memiliki keunggulan masing-masing. Demikian juga dengan Seagate Firecuda. Keunggulan pertama adalah Firecuda tidak memerlukan driver atau software pendukung saat dipasang pertama kali ke PC. Kamu cukup menyambungkan Firecuda ke PC lalu otomatis akan dibaca oleh PC bersangkutan lalu dapat langsung diajak bekerja dengannya. Hal ini memudahkan kamu yang selama ini kerepotan harus menginstal terlebih dahulu software khusus yang tentu saja memakan ruang (memori/media penyimpanan) dari PC kamu. Kurangnya software dari Firecuda menjadi keunggulan tersendiri setidaknya meminimalkan penggunaan media penyimpanan sehingga tidak mempengaruhi kinerja dari komputer.

Kemudahan dalam memasang HDD Seagate Firecuda juga didukung oleh proses kinerja (pembacaan data) yang lebih cepat. Loading program yang cepat dari HDD ini tentu saja sangat membantu kamu yang mudah berpindah dari satu program ke program lain. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa rata-rata pengguna komputer telah menggunakan tiga – minimal – program sekali jalan; antara lain Word (Excel), Internet (Crome), editing gambar atau video. Dua program terakhir sangat mempengaruhi performa komputer sehingga dengan menggunakan Firecuda dapat menetralisir suasana ini.

HDD Seagate Firecuda dapat bekerja optimal karena di dalamnya tertanam fitur pembacaan cepat data yang dikenal dengan NAND Flash Technology. Fitur ini akan membantu HDD dalam membaca cepat data dan fitur ini sering digunakan oleh mereka yang butuh kerja cepat terutama gamer. Firecuda sendiri bekerja dengan cepat karena teknologi ini bekerja lebih baik dengan 8 GB NAND Flash. Tak diragukan lagi bahwa pekerjaan lebih cepat – hampir mirip dengan media penyimpanan SSD yang akhir-akhir ini semakin populer.

Kamu barangkali sering mengeluh dengan suara bising dari PC saat bekerja dengan keras (terlalu lama). Salah satu faktor yang mempengaruhi bisingnya PC adalah penggunaan HDD yang kurang tepat. Kembali lagi kepada hal yang telah disebut, semakin kecil HDD maka pekerjaan semakin rumit, maka akan menimbulkan suara-suara yang menganggu. Berbeda dengan HDD Seagate Firecuda di mana pengunaan yang optimal membuatnya tidak bising dan tidak akan menganggu konsentrasi kamu saat bekerja. Soal bising ini pula akan disertai oleh cepat panasnya CPU (HDD) yang berakibat pekerjaan akan semakin lambat.

HDD Seagate Firecuda tidak hanya menahan suara agar tidak bising tetapi juga mampu menjaga performa dengan baik sehingga mampu memelihara komponen lain. Sangat jarang ditemui HDD yang mampu menyeimbangkan kinerja dengan perfoma dengan sangat mumpuni. Firecuda telah hadir dengan segenap keunggulan dalam membuat pengguna nyaman dan pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Jika kamu membandingkan dengan HDD lain – yang umum di pasaran – nilai tambah yang telah disebutkan membuat Firecuda menjadi pertimbangan tersendiri untuk meminangnya.

Cara Pasang HDD Seagate Firecuda
Pemasangan HDD Seagate Firecuda membutuhkan kabel data SATA. Sambungkan kabel data SATA dan kabel daya lalu pasang HDD pada tempat yang tersedia. Jika proses pemasangan telah berhasil maka kamu cukup menyalakan komputer kemudian masuk ke BIOS. BIOS akan mendeteksi HDD yang baru dipasang tersebut dan akan terjadi proses aktif antara keduanya. 
HDD Seagate Firecuda yang tidak memiliki software khusus maka dapat dipastikan bahwa pembacaan oleh BIOS akan semakin mudah dan otomatis begitu penyambungan selesai. Jika BIOS telah mengenal maka selanjutkan sistem operasi yang bertugas untuk berkenalan dengan HDD ini. Pengenalan dengan sistem operasi dilakukan dengan Disk Management di mana akan muncul keterangan HDD Seagate Firecuda yang masih kosong karena belum diisi data atau belum dibuat partisi-partisi. Kamu dapat membuat partisi dengan menggunakan GPT Partition Style. Partisi ini dapat kamu tentukan sendiri mau dipilah menjadi berapa bagian.

Bagaimana dengan Harga HDD Seagate Firecuda?
Ada harga ada performa lebih baik. Mungkin hukum ini berlaku untuk HDD Seagate Firecuda di mana harga menjawab pekerjaan lebih menantang. Firecuda untuk saat ini dapat kamu miliki dengan harga Rp.1.800.000. Harga ini tentu saja mewakili segenap kelebihan yang ditawarkan oleh Firecuda. Tidak hanya itu, garansi yang kamu miliki untuk produk ini sampai 5 tahun. Kinerja yang tidak mengecewakan dan mampu bersaing di mana bisa menjadi pilihan terbaik untuk HDD ini.

HDD Seagate Firecuda tidak hanya bersaing untuk pekerjaan konvensional saja (olah data, gambar, maupun video), tetapi bisa dipakai untuk bermain game. Kamu yang barangkali belum mampu membeli HDD khusus gamer yang memiliki harga lebih mahal, Firecuda dapat menjadi alternatif untuk itu. Harga pas dalam mendukung aktivitas kamu bermain game dan tidak mudah tersendat-sendat serta tidak memgeluarkan suara bising selagi kamu melawan musuh. Kamu tertarik mendapatkan HDD Seagate Firecuda ini? 

Comments

  1. Makin hari makin canggih makin banyak aja tawaran yang sesuai kebutuhan pengguna teknologi ya Bai... Harddisk yang gahar pasti kita butuh banget utk nyimpan apa aja... apalagi data yang besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Kak, HDD salah satu bagian terpenting dari itu :)

      Delete
  2. Mahal juga yah bang. Kalau WD seri wireless itu gimana bang? Kebetulan lagi butuh harddisk nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HDD ini menurut saya sudah sesuai dengan harganya Mas :)

      Delete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"