Jangan Pernah Lupa Ganti Oli Motor Matic, Ini Alasannya!

Jarak dari rumah saya ke kota, Meulaboh, Aceh Barat, lebih kurang 15 kilometer. Biasanya, saya menarik gas sepeda motor matic dengan pelan dan bertahan pada angka 60 km/jam. Alasan karena ingin aman berkendara juga karena tidak terburu-buru untuk sampai ke rumah atau ke kota.

Di hari itu, perlahan saya pulang pada saat senja mulai menukik. Matahari yang turun masih terasa menyengat di antara pohon-pohon karet di kiri dan kanan ruas jalan raya. Saya merasa ada yang aneh dengan laju dan suara sepeda motor matic yang telah saya kendarai selama 3 tahun terakhir. Hati sudah harap-harap cemas karena waktu terus berjalan dan saya khawatir motor matic ini akan mogok di saat yang tidak tepat. Dan benar, tiba-tiba laju kendaraan ini berkurang dengan sendirinya. Saya menarik gas sampai habis tetapi tetap saja lajunya berkurang sampai kemudian berhenti. Ini kali kedua sepeda motor matic saya mati mendadak di tempat yang hampir sama. Di tengah jalan lintas Meulaboh ke Banda Aceh, di jalan lurus dengan hutan di kiri dan kanan. Masih 10 kilometer lagi perjalanan saya untuk sampai ke rumah, dan butuh 4 kilometer untuk saya sampai ke bengkel terdekat.

Waktu terdahulu, kejadian serupa namun berbeda kerusakan yang melanda. Waktu itu, sepeda motor matic ini terhenti karena tali kipas yang putus. Dan kini, entah alasan apa saya benar-benar bingung. Saya men-starter berulangkali. Sepeda motor ini jalan sedikit. Karena kurang paham, saya starter kembali, jalan lagi tersendat tak jauh beberapa langkah ke depan. Saya starter lagi, sepeda motor matic itu terbatuk. Tiba-tiba, pada entah ke berapa kali saya starter, bunyi krak dari belakang terdengar begitu kuat dan motor yang saya dorong itu terhenti. Saya mulai panik. Hari makin gelap dan keringat mulai membasahi kening saya. Saya coba starter kembali, tidak ada tanggapan apa-apa. Tangan saya meraih engkol dan tersangkut agak ke atas. Apa ini?

Entah, saya benar-benar bingung. Dengan pasrah saya mendorong sepeda motor matic ini ke bengkel terdekat di depan, mendekati 3 kilometer setelah dikurangi 1 kilometer perjuangan saya mendorong sebelumnya. Dalam hati, saya harap-harap cemas mengenai bengkel yang masih buka atau telah tutup menjelang magrib. Saya yang putus asa, mendorong dengan sedikit berlari, duduk di atas motor dengan kedua belah kaki mendayuh, turun lagi, duduk lagi, turun lagi, duduk lagi sampai entah siapa mendorong dengan kencang dari belakang. Saya taksir dia seorang mahasiswa yang cuma berujar, “Mogok, Bang?” lalu dia membantu saya sampai ke bengkel yang masih buka. Pemuda itu melepas kakinya di motor saya setelah didorong dengan paksa sedangkan dia harus berkonsentrasi pada kendaraannya. Belum sempat saya berterima kasih, dia telah menghilang dari belakang saya.

“Ini kena piston, Bang!” ujar pemilik bengkel. Piston? Apalagi itu? “Piston itu sudah aus karena oli tidak encer. Itu karena abang jarang ganti oli,” sebutnya yang saya iyakan di dalam hati.

“Harus ganti?” tanya saya polos.

Matic memang begitu, Bang. Oli motor matic harus rutin diganti kalau tidak ya bisa kena piston, kena yang lain juga,”

“Ini sekarang bagaimana?”

“Ganti piston, Bang!” iya, maksudnya bagaimana prosesnya itu.

“Lama?”

“Nggak tahu juga. Ini kan sudah mau malam, butuh seharian kalau ganti piston,” artinya motor matic saya ini turun mesin atau bongkar semuanya. Nggak terbayang bagaimana rupanya nanti jika benar-benar harus dibongkar. Tetapi, nasib berkata bahwa kenyataan itu benar-benar pahit. Sepeda motor matic yang nasibnya begitu memilukan itu terpaksa saya inapkan di bengkel tersebut. Besok hari, saya kembali dengan harapan yang tertunda di mana-mana. Proses yang tak mudah dan memakan waktu seharian, seperti kata pemilik bengkel itu sebelumnya, dan baru sore hari saya bisa mengambilnya kembali.

Bagaimana dengan biaya? Saya mau ketawa dan juga mau menyendiri karena benar-benar membuat hati pilu. Perkara ganti oli rutin sebenarnya bisa dilakukan tetapi karena menunda-nunda, oli terus menjadi encer, tidak licin dalam menggesekkan bagian lain yang semestinya dibantunya, akhirnya saya harus mengeluarkan uang lebih besar. Di daerah saya, di dekat ini, di kampung yang permai ini, ganti piston saja seharga lima ratus ribu rupiah, itu belum dua buah oli dan ongkos service.

Motor matic wajib ganti oli secara rutin - semisena.com

Duh, sedikit gemetar menarik uang kertas dari dalam dompet usang. Mau tidak mau, ada harga yang harus dibayar. Barangkali, setelah ini saya mesti berhati-hati dalam urusan oli motor matic di mana fungsinya lebih besar daripada fungsi bagian lain. Oli motor matic tak ubahnya nyawa dalam menghidupkan partikel-partikel penting di dalam mesin. Waktu mengganti oli ke yang baru ditunda-tunda, maka risiko kehilangan tenaga dan rusak parah adalah jawaban dari itu semua. Padahal, tanda-tanda oli motor harus diganti telah ada.

“Motor kamu kok bau sekali?” seorang teman bertanya sekali waktu dan saya balas dengan senyum.

“Motor kamu minta ganti oli tuh, suaranya sudah terdengar sangat berat,” teman lain berujar dengan nada berbeda. Saya abai lagi waktu itu. Saya tunda untuk ganti oli karena berpikir sekalian service ini itu di waktu yang telah saya rencanakan. Jika waktu itu saya indahkan, tentu piston tidak perlu diganti. Saya tersadar bahwa oli sepeda motor matic begitu penting saat musibah telah datang berkali-kali. Mulai dari putusnya tali kipas, deru mesin yang berat, bau kendaraan yang menyengat, gas yang terasa berkarat jika ditarik dan terakhir adalah piston korbannya.

Oli sebagai Senjata Sepeda Motor Matic
Sebenarnya, oli bagi sepeda motor matic berada di posisi teratas untuk segala urusan. Sedikit saja encer, sebentar saja ditunda untuk mengganti yang baru, maka petaka akan segera tiba. Pada banyak kasus, penggunaan dalam waktu lama atau seharian, mesin sepeda motor jenis ini akan mudah mengalami panas berlebih atau overheat. Dampak dari ini, tenaga sepeda motor akan berkurang, pemborosan bahan bakar juga terjadi dengan mudah. Kondisi di mana sepeda motor matic lebih banyak mengandalkan oli maka keadaan yang telah disebutkan tadi solusinya adalah mengganti oli secara rutin. Oli adalah senjata sepeda motor matic dalam berperang, maka jika telah ‘kosong’ senjata ini tidak dapat digunakan seperti sediakala. Pentingnya oli bagi sepeda motor matic semestinya berada pada enam syarat ini.

Oli sebagai Pelumas Komponen Mesin
Namanya pemulas tentu saja berkenaan dengan kelancaran suatu proses. Demikian juga dengan oli sebagai pelumas pada mesin kendaraan khususnya sepeda motor matic. Triputranto Priyo Aripurwadi, Technical, Engineering & Product Development PT. Federal Karyatama, menyebutkan bahwa oli memegang peranan yang sangat penting dalam mesin. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk meminimalisir gesekan antar komponen dan mendinginkan mesin saat bekerja. Oleh sebab itu, gantilah oli secara teratur khususnya dengan oli yang spesial. Selain itu, oli spesial bikin kerja mesin stabil sehingga part-part dalam mesin terjaga. Salah satunya silinder mesin karena silinder berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas. (kompas.com, 16/06/2015).

Tugas oli sebagai pelumas adalah untuk mengurangi terjadi gesekan antar komponen yang terbuat dari logam. Gesekan yang terjadi secara kasar atau tanpa pelumas ibaratnya kita mengendarai sepeda motor di tengah siang terik. Aspal yang panas menarik ban sepeda motor sehingga jalannya begitu berat. Bandingkan dengan aspal yang licin saat gerimis maka jalan akan sangat mulus karena gesekan ban dan aspal terdapat pelicin (air hujan). Komponen di dalam mesin yang mendapat pelumas akan mengalami gesekan secara lembut dan tidak dipaksa untuk bekerja seperti tanpa pelumas. Komponen yang bergesek dengan pelumas tidak akan mudah rusak karena pekerjaan yang mereka lakukan lebih ringan. Bandingkan saja jika pelumas tidak ada atau bahkan telah encer, maka dipastikan bahwa gesekan yang terjadi akan berat dan komponen yang bergesek tanpa bantuan akan mudah aus.

Oli sebagai Pelindung Komponen Mesin
Mesin yang terus bekerja tentu saja meninggalkan partikel-partikel yang tidak sedikit. Pembakaran mesin akan meninggalkan kerak yang menyebabkan komponen mesin mudah berkarat. Dengan bantuan oli, komponen tersebut tidak mudah mengalami karatan meskipun bekerja dalam waktu lama saat mesin dihidupkan (sepeda motor dikendarain dalam jangka waktu seharian). Perlindungan yang diberikan oleh oli tidak sedikit, ia bekerja dengan membungkus komponen-komponen di dalam mesin sehingga benar-benar terlindungi.

Oli sebagai Pembersih Komponen Mesin
Saat mengisi bensin, tidak ada apapun yang dikeluarkan. Berbeda dengan mengganti oli, di mana semua yang telah bercampur dengan oli seperti kerak bekas gesekan dan pembakaran mesin dikeluarkan bersamanya. Pembersihan tabung oli (kedua tabung) tidak hanya dengan mengeluarkan oli yang telah encer tetapi dibersihkan dengan mesin pembersih di bengkel, misalnya mesin gas yang biasanya diisi angin ban. Pembersihan ini akan mengeluarkan semua kerak dan tabung oli akan kembali bersih sebelum oli baru dimasukkan ke dalamnya. Oli yang bekerja pada komponen mesin turut membersihkan komponen-komponen yang ada di dalamnya dengan mudah saat dilakukan service sepeda motor secara menyeluruh. Bandingkan jika oli tersebut tidak diganti dalam waktu lama, maka kerak-kerak hasil pembakaran akan menempel dan sulit sekali dibersihkan sehingga komponen mesin mudah mengalami kerusakan. Nah, oli yang terpercaya akan membersihkan kerak-kerak tersebut sebelum dilakukan pembuangan saat service sepeda motor dilakukan.

Oli sebagai Pendingin Komponen Mesin
Oli tidak hanya sebagai pelumas tetapi juga sebagai pendingin mesin sepeda motor matic. Oli bekerja pada permukaan komponen mesin yang membawa panas ke penampungan oli. Dalam proses ini panas tersebut akan dibuang bersamaan dengan udara yang mengalir di penampungan tersebut. Patrick Adhiatmadja, President Director & CEO PT. Federal Karyatama, menyebutkan bahwa oli yang di dalam mesin tidak mudah panas yang berakibat oli menguap, karena kalau menguap, oli tersebut bisa berkurang, maka dibutuhkan oli yang berpendingin agar tidak mudah berkurang. (kompas.com, 16/06/2015).

Oli sebagai Peredam Getaran Mesin
Seperti yang telah saya sebutkan di atas, salah satu penyebab sepeda motor saya mogok karena suara yang berat. Salah satu faktornya adalah tidak rutin mengganti oli. Beratnya suara motor karena getaran tidak lagi dapat diredam akibat oli telah encer. Komponen mesin yang mungkin saja telah aus terus menerima gaya tekan secara berlebihan. Maka dengan mengganti oli baru, tekanan yang diterima oleh komponen mesin akan lebih halus daripada sebelumnya. Komponen mesin yang telah menerima oli baru akan menyerap getaran antara gesekan yang terjadi.

Oli sebagai Penyekat Piston dan Silinder
Piston sepeda motor matic saya telah diganti dan harganya tidak murah. Saya menunda-nunda mengganti oli mengakibatkan kinerja di atas dan di bawah piston tidak lagi maksimal. Sepeda motor matic saya mati di tengah jalan dan saya kebingungan setelah itu. Padahal, jelas sekali bahwa oli sebagai penyekat kinerja piston dengan silinder. Kasus yang melanda saya sedikit tidaknya dipengaruhi oleh kehilangan tenaga karena kebocoran kompresi pada celah piston dan silinder sehingga piston berhenti bekerja. Oli adalah cairan yang merekat keduanya sehingga mampu bekerja dengan baik. Kehabisan cairan tersebut membuat pekerjaan tidak maksimal atau bahkan terhenti secara seketika. Sisa oli yang telah encer bisa habis dimakan oleh komponen-komponen di dalam mesin, termasuk pada kasus motor matic saya yang kehilangan piston. Semua komponen terus mencari ‘cairan’ untuk terus mengalami gesekan, tekanan dan keseimbangan lain.

Oli yang Cocok untuk Sepeda Motor Matic
Oli motor terbaik diberikan pula kepada motor yang dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Saya mewakili segenap perasaan terhadap sepeda motor yang selalu setia menemani ke mana langkah akan dituju, akan memilih oli yang benar-benar paham akan mesin motor matic. Tidak mudah untuk memutuskan oli mana yang terbaik untuk sepeda motor matic, di mana pengalaman terdahulu begitu memilukan. Saat ini saya masih mengunakan sepeda motor matic dengan tipe yang berbeda tetapi urusan oli saya harus benar-benar selektif.

Kenapa demikian? Bukankah pengalaman adalah guru paling berharga? Maka dari itu saya tidak lagi menunda-nunda untuk mengganti oli minimal sebulan sekali. Lalu, oli bagaimana yang cocok untuk motor matic saya ini?

Oli yang Mampu Menghemat Bahan Bakar
Saya menuntut sepeda motor matic untuk terus bekerja seharian. Mesin yang menderu ini memerlukan kualitas oli terbaik agar bahan bakar juga hemat. Mesin akan cepat panas tergantung kepada oli yang digunakan. Jika mesin panas maka tarikan motor akan semakin berat di mana posisi ini memungkinkan saya terus menarik gas semakin dalam. Tarikan gas yang semakin dalam tersebut membuat mesin bekerja lebih kuat dan bahan bakar akan boros. Hal ini terjadi jika oli yang saya gunakan sudah mendekati masa ganti atau oli dengan kualitas kurang baik. Saya membutuhkan oli yang mampu menghemat bahan bakar agar kinerja sepeda motor lebih maksimal. Oli ini pula yang akan membuat tarikan sepeda motor matic saya ini lebih ringan meskipun pada saat siang hari atau gesekan antara ban dan jalan dalam kondisi lantai kasar. Oli yang saya butuhkan adalah jenis oli spesialis dingin di mana tidak hanya menghemat bahan bakar tetapi membuat tarikan motor matic lebih mulus dari sebelumnya.

Oli yang Mampu Menjaga Mesin Tetap Awet
Siapa sih yang mau sebentar-sebentar membawa sepeda motor matic ke bengkel? Saya telah jenuh dengan hal yang demikian. Saya butuh kesegaran di mesin dan juga menjaga kondisi mesin agar tetap stabil. Awetnya mesin kendaran roda dua tentu saja keinginan semua orang di mana hampir semua aktivitas dilakukan dengan sepeda motor. Salah satu penentu adalah oli yang benar-benar tepat untuk sepeda motor matic kebanggaan saya. Oli yang tepat tersebut harus mampu bekerja 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, dan 2x Lebih Bandel dari apa yang pernah saya bayangkan sebelumnya. Oli dengan segenap ketangguhan tersebut akan menjaga suhu sepeda motor tetap stabil dan menjaga mesin motor sehingga maksimal dalam bekerja dan lebih awet. Penjagaan ketat oleh oli ini kemudian disebut dengan 2x Revolisi Dingin di mana kestabilan mesin dan keawetannya terjaga dengan baik.

Oli yang Mampu Bertahan Lama
Tiap bulan ganti oli akan menjadi kebosanan tersendiri. Sepeda motor matic yang salah dalam menggunakan oli akan mengalami kasus serupa. Oli yang tidak begitu baik kualitasnya dengan mudah mengalami penguapan sehingga kinerja tidak lagi maksimal dan tidak mampu melindungi komponen-komponen mesin yang seharusnya dilindungi. Asap knalpot yang membawa bau tidak sedap karena oli mengalami penguapan yang sangat berarti sehingga perlu diganti dengan segera. Oli yang telah sampai pada level minimal ini padahal belum jatuh tempo untuk ganti oli disebabkan karena kualitas oli itu sendiri. Maka, saya membutuhkan oli yang bertahan lebih lama atau oli yang tidak mudah berkurang. Oli dengan spesialis dingin adalah jawaban dari keresahan sebentar-sebentar ganti oli. Oli jenis ini akan menjaga suhu mesin tetap stabil dan penguapan yang terjadi pada oli berada pada kondisi normal. Oli ini akan mengurangi kekhawatiran saya sebagai pengendara sepeda motor matic.

Oli Apa yang Demikian Itu?
Pertanyaan yang tepat untuk diri saya sendiri; dan untuk semua yang butuh perawatan lebih kepada sepeda motor matic. Oli motor terbaik untuk sepeda motor matic adalah Federal Oil (Federal Matic) yang dikenal sebagai Oli Spesialis Dingin. Seperti yang telah saya sebutkan, bahwa sepeda motor matic adalah jenis mesin kendaraan yang lebih banyak membutuhkan ‘ruang terbuka’ agar selalu dalam keadaan dingin. Dalam kondisi yang stabil, sepeda motor matic selalu berada pada ambang yang membutuhkan banyak perhatian. Federal Oil diciptakan khusus untuk sepeda motor matic karena komponen mesin motor ini selalu membutuhkan pelumas untuk berada pada kondisi stabil. Federal Oil bukan oli biasa dengan mudah berkurang kadar fungsinya. Oli ini diciptakan dengan penyempurnaan dan sesuai kebutuhan sepeda motor matic.

Kekuatan si spesialis dingin ini telah teruji sempurna. Federal Matic yang diperkuat oleh Heat Protection Formula yang mampu mengontrol panas 2x lebih efektif sehingga suhu motor tetap stabil dan tidak kehilangan kekuatannya. Federal Matic akan menghasilkan performa motor lebih kencang dan mesin lebih bandel dibandingkan bila menggunakan oli standar. Pengujian empiris telah dilakukan untuk menguji Federal Matic dalam event Endurance Journey Sumatera-Jawa yang menempuh jarak 3.500 km, Daily Endurance Test 5.000 km. Uji ini dilakukan oleh salah satu peserta Driver Ojek Online dan pengujian dilakukan untuk salah satunya untuk melihat kondisi piston setelah memakai Federal Matic. (otomotif.liputan6.com, 15/05/2017).

Telusuri Keunggulan dari Heat Protection Formula
Dimulai dari pengembangan Heat Protection Formula oleh PT. Federal Karyatama. Produsen ini memiliki teknologi pengolah oli terbaik di mana memadukan molekul-molekul (bahan baku oli) agar oli yang dihasilkan selalu dalam keadaan stabil. Teknologi ini disebut Technology Ventury Molecule Chrurer (TVMC). Heat Protection Formula yang bekerja atas dasar TVMC ini, dibuat dengan bahan dasar Synthetic Base Oil dan aditif yang diolah oleh teknologi yang baru dimiliki oleh produsen terkemuka ini. Tahap pemurnian oli dilakukan melalui hydrofinishing dan hydrocraking di mana menghasilkan oli dengan kandungan sulfur rendah dan rantai karbon yang lebih stabil.

Kenapa Heat Protection Formula sangat membantu sepeda motor matic? Salah satu jawabannya karena dari hasil pemurnian tersebut, oli yang dihasilkan mengalami tingkat penguapan lebih rendah (berada di angka 12%) pada temperatur kerja rata-rata dibandingkan dengan oli tanpa fitur unggulan ini. Keunggulan lain, terdapat tiga bagian penting dari Heat Protection Formula yang tidak boleh dilewatkan. Apa saja?

Viscoelastic Molecules
Salah satu alasan tarikan sepeda motor matic terasa berat karena faktor oli yang cepat menguap (panas). Sesuai dengan gelar yang disandangnya, si spesial dingin, maka Federal Matic memiliki faktor keberuntungan yaitu dapat meredam panas berlebihan. Keunggulan pertama dari oli terbaik ini adalah meredam panas meskipun telah dipaksa ‘berlari’ seharian. Temperatur sepeda motor matic dengan oli ini akan terjaga pada kisaran 3-50 C walaupun kita terus mengendarainya dalam perjalanan jauh. Viscoelastic sendiri membuat oli menempel pada komponen-komponen mesin sehingga tidak mudah lepas meski mesin masih dalam kondisi panas (bekerja). Hal ini yang membuat sepeda motor matic terus dalam keadaan stabil.

Active Moly
Piston sepeda motor matic saya harus diganti karena oli yang selama ini saya pakai belum memiliki Active Moly. Salah satu keunggulan dari fitur ini adalah menjaga komponen mesin agar tidak cepat aus meski terjadi banyak gesekan antar komponen-komponen mesin, selain dari menjaga suhu mesin dalam keadaan dingin dan 2x lebih responsif dari sebelumnya. Fitur ini sangat membantu mesin di mana keadaan yang mengharuskannya bekerja lebih lama.

Double ACT Cleaner
Fitur ini bertugas untuk membersihkan komponen-komponen mesin dari kotoran akibat pembakaran. Pembersihan ini dilakukan untuk membuat mesin bekerja lebih optimal dan efisien. Dua pembersih ini antara lain Superior-antioxidant yang mencegah terbentuknya kotoran akibat pembakaran mesin atau terjadi karena faktor lain, dan Double act cleaner yang bekerja mengikat kotoran menempel pada komponen mesin sehingga mesin bekerja lebih baik. Pembersihan yang dilakukan oleh fitur ini sangat membantu mesin kendaraan sebelum menjadwal kembali waktu service.

Ini Alasan Oli Motor Matic Dialihkan ke Federal Matic
Oli bagi sepeda motor matic sama dengan kita meminum air putih saat kehausan. Bisa dibayangkan bagaimana kerongkongan terasa sangat kering saat tidak mendapatkan minuman. Kita akan segera dehidrasi dan sulit untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat lain. Maka, sepeda motor matic yang kehilangan keseimbangan karena oli di dalamnya telah encer atau bahkan oli yang digunakan sama sekali tidak sesuai dengannya. Lalu, pantaskan oli sepeda motor matic dialihkan ke Federal Matic?

Alasan pertama, Federal Matic dikenal sebagai si spesial dingin di mana keunggulannya adalah memiliki fitur Heat Protection Formula dengan tiga keunggulan di dalamnya. Fitur ini belum dimiliki oleh oli lain sehingga layak untuk masuk ke dalam pertimbangan jika nanti mengganti oli sepeda motor matic.

Alasan kedua, Federal Matic adalah oli motor terbaik untuk sepeda motor matic di mana akan membuat mesin 2x lebih efisien, 2x lebih kencang dan 2x lebih bandel. Efisiensi oli ini akan membantu penghematan bahan bakar, merawat mesih lebih awet, dan menjaga keseimbangan sepeda motor matic saat dikendarai.

Alasan ketiga, saatnya beralih ke oli yang ramah lingkungan di mana proses pemurnian yang bertahap dan keunggulan teknologi di dalamnya. Mesin motor matic tidak sama dengan mesin motor bergigi, maka salah memilih oli mesin matic bisa berbahaya dan akan merugikan pengguna.

Sebelum kamu memutuskan, saran saya di akhir tulisan ini adalah jangan pernah tunda untuk segera ganti oli motor matic ke oli terbaik seperti Federal Matic. Jika menunda-nunda, maka petaka akan segera menghampiri!  

Agar segar sebelum mengganti oli motor matic, tonton juga video berikut untuk menambah motivasi mengganti oli motor kamu ke Federal Matic.
***

Comments

  1. Ganti oli padahal gak lama banget sih. Tapi sering males. Saya pernah tuh kejadian dorong-dorong motor magrib-magrib dibawah hujan rintik-rintik karna motor telat service 😂😂😂
    Dan baru tau, ternyata oli penting banget buat motor matic. Barusan banget saya langsung nanyain ke ibu kapan mau ganti oli gara-gara baca artikel ini *serius* Makasih banget bang infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting banget Mbak. Semoga terkendala dengan motornya ya.

      Delete
  2. Saya sangat rutin mengganti oli, hampir setiap bulan, soalnya pemakaiannya intense banget om.

    BTW meulaboh ini yang tempo hari kena tsunami ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bagus Mas. Iya kena tsunami tahun 2004 lalu.

      Delete
  3. Ternyata mengganti Oli tepat pada waktunya itu penting ya gan ? Yang sebagian orang masih mengabaikan hal itu padahal efeknya sangat besar terhadap mesin motor.

    Salam Kenal Gan.

    ReplyDelete
  4. Baca tulisan bg Ubai, teringat motor sendiri. Nggak mau kejadiannya sama kayak bg Ubai. Harus segera ganti oli ne.

    ReplyDelete
  5. oli federal matic emang mantap abis :D

    ReplyDelete
  6. Luar biasa bro!
    Saya langsung ganti oli habis baca artikel anda.

    ReplyDelete
  7. sebagai perempuan aku juga sangat perhatian sama motor, gak asal bisa bawa aja, ganti olinya juga perlu diperhatikan. Oli Federal memang yahud buat motorku juga bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semoga makin cinta sama Federal Oil ya mbak.

      Delete
  8. langsung tancap gas ganti oli habis baca artikel ini mantap jiwa

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"