Masker Kefir, Masker Alami dengan Banyak Khasiat yang Luar Biasa

Membicarakan produk kosmetika untuk wajah, pasti satu jenis produk ini tak boleh ketinggalan. Wajah yang kotor akan polusi, komedo dan minyak berlebih memerlukan perawatan dari masker wajah yang selain membersihkan juga mengandung nutrisi yang baik untuk kulit wajah. Untuk penggunaan masker sendiri, sebisa mungkin dipilih yang menggunakan bahan alami agar kulit tidak mengalami iritasi atau reaksi alergi. Salah satu produk masker dari bahan alami yang kini banyak digunakan masyarakat terutama kaum hawa adalah masker kefir yang terbuat dari endapan fermentasi susu.

Sumber: bukalapak.com

Susu yang digunakan untuk masker bisa dari susu sapi ataupun susu kambing yang telah diendapkan dan di fermentasi. Karena proses fermentasi, endapan susu ini banyak mengandung bakteri baik lactobasillus dan asam amino. Keduanya akan sangat tepat untuk membantu proses regenerasi sel dan menghilangkan sisa sel mati yang masih ada dalam pori-pori wajah. Asam amino secara individu juga menjaga kelembaban alami kulit sehingga kulit terasa kenyal serta tidak gampang terkena gangguan jerawat akibat kulit terlalu kering atau terlalu berminyak.

Nama kefir meski seperti nama merk namun sebenarnya dipakai untuk sebutan produk masker dari endapan susu. Banyak yang menjual masker ini yang merupakan produk buatan pabrik atau juga buatan industri rumah tangga. Bagi mereka yang ingin memastikan kealamian bahan, masker ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Bagi Anda yang ingin membuat sendiri masker ini, berikut adalah bahan yang dibutuhkan serta cara pembuatannya:
  • Bahan: 
  1. 2 Biji kefir atau bibit kefir.
  2. 2,5 cangkir Susu sapi atau kambing.
  3. Wadah atau toples kaca.
  • Cara pembuatan: 
  1. Masukkan biji kefir pada wadah kaca, kemudian tuangkan susu sapi atau kambing ke dalamnya.
  2. Tutup wadah secara rapat dan biarkan dalam suhu kamar selama minimal 8 jam sebagai proses fermentasi.
Kualitas masker kefir yang dibuat sangat tergantung dari proses fermentasi yang terjadi. Semakin lama fermentasi maka akan semakin bagus kualitasnya. Jika Anda tak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri, kini Anda juga bisa membelinya karena masker ini sudah banyak diperjualbelikan dalam berbagai merek baik secara offline maupun pembelian dari toko online.

Secara lebih spesifik, berikut ini adalah kandungan dan manfaat dari masker dari susu terfermentasi yang turut dipopulerkan oleh artis Feby Febiola ini:
  • Asam hidroxyl alfa (AHA) yang dapat mencegah penuaan dini. 
  • Mengatasi masalah komedo dan jerawat. 
  • Mengandung collagen untuk mengencangkan kulit. 
  • Mengandung bakteri baik lactobasillus untuk penyeimbang asam basa. 
  • Mengandung asam amino sebagai anti oksidan. 
  • Mempercepat regenerasi sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.
Namun ada juga efek sampingnya terutama bagi mereka yang baru saja mencoba masker ini. Terkadang kulit terasa panas atau gatal terutama di bagian hidung dan mata. Hal ini akan menghilang setelah kulit terbiasa dengan penggunaannya secara rutin.

Bagi Anda yang menginginkan kulit wajah putih, bersih, sehat dengan cara yang alami, menggunakan masker kefir adalah solusi yang bisa diandalkan. Jika Anda membuat sendiri, larutan fermentasi susu juga bisa digunakan sebagai masker untuk seluruh kulit tubuh agar juga bersih, putih dan sehat. Jika perlu Anda bisa menambahkan ekstrak buah yang bermanfaat seperti bengkoang, mentimun dan sebagainya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta manfaat dari buah tersebut. Gunakan wadah kaca yang bisa ditutup rapat agar proses fermentasi berjalan sempurna dan masker bisa tersimpan dengan baik untuk penggunaan selanjutnya.

Comments