3 Penyebab AC Low Watt Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

Pada beberapa kasus, AC jenis AC standard, AC Low Watt, maupun AC inverter mengalami kendala tidak dapat mendinginkan ruangan tetapi mesin beroperasi secara normal. Pada kasus lain, AC jenis low watt hanya menghembuskan angin dari blower saja tetapi tidak dingin. Masalah - masalah tersebut memang sangat umum bagi pemilik AC. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yang diantaranya :

Settingan remote control yang tidak sesuai
Periksa settingan remote control AC tersebut. Cek apakah mode sesuai dengan settingan atau tidak. Ada dua settingan standart AC, Cool dan Fan dimana, Untuk mengatur agar keluar hembusan udara sejuk atau dingin, maka harus di set COOL atau AUTO. Sedangkan untuk pengaturan AC mode FAN, hanya akan mengembuskan angin dari blower dan tidak menghembuskan udara dingin. 

Compressor tidak bekerja
Pada kasus ini, yang bekerja hanya pada kipas out-doornya saja yang berputar, tetapi compressor nya tidak bekerja. Apabila ingin mengetahui kompressornya bekerja atau tidak, bisa di cek arus listrik yang melewati compressor dan tekanan refrigran didalam pipa. Untuk mengecek arus listrik yang melewati compressor, gunakan tang ampere, kemudian jepit salah satu kabel yang masuk ke compressor (bisa positif atau negatif). Selanjutnya, sesuaikan dengan hasil pengukuran dengan arus listrik standar pada unit AC Low Watt Anda miliki.

Kipas outdoor sendiri berfungsi sebagai mendinginkan kondensor dan mempercepat pelepasan panas dari refrigerant. Jika panas tidak bekerja maksimal atau berputar pelan menyebabkan compressor cepat panas. Yang mengakibatkan compressor tidak bekerja. 

Kondisi filter refrigerant, pipa kapiler, saluran evaporator, dan kondesor yang tersumbat.

Tersumbatnya aliran system pendingin disebabkan oleh kotoran, keran atau serpihan logam yang terbawa aliran refrigerant. Untuk mengetahui aliran system tersumbat atau tidak bisa diperiksa bagian filter refrigerant. Sentuh bagian filter refrigerant dengan tangan , jika terasa dingin atau mengembun dipastikan terdapat penyumbatan aliran. 

Solusinya, refrigerant harus dikeluarkan seluruhnya dari system. Kemudian system dibersihkan dengan menggunakan udara bertekanan agar kotoran telepas atau dengan menggunakan dorongan dari compressor AC itu sendiri. Jika kondisi filter refrigerant rusak, bisa diganti dengan yang baru.

Itulah penyebab dari mengapa AC Low Watt yang kita gunakan tidak bisa dingin, dan bagaimana cara mengatasinya. Gunakan AC dengan baik dan benar sehingga bisa bermanfaat bagi penggunanya.

Comments