5 Kriteria Berikut Ini Bisa Anda Jadikan Pertimbangan dalam Memilih Universitas Terbaik

Melanjutkan studi pada universitas - universitas terbaik di Jakarta tentu adalah mimpi dari setiap orang. Hal ini tentu dikarenakan kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh seberapa baik universitas tersebut. Baik dari lingkungan, sarana prasarana, hingga sistem perkuliahan.
Belajar di kampus terbaik.

Sebagian orang mungkin merasa sedikit kebingungan saat menentukan universitas terbaik di Jakarta, mengingat branding yang dibuat oleh seluruh universitas di jakarta hampir semuanya positif dan baik. Sehingga sebagai masyarakat yang tidak tahu menahu masalah universitas, akan dibuat bingung. Nah bagi Anda yang merasa kebingunan, pastikan bahwa universitas yang Anda pilih memiliki kriteria berikut : 

Akreditasi yang Baik
Universitas terbaik biasanya berakreditasi minimal B. Akreditasi sangat berpengaruh terhadap kualitas universitas tersebut. Semakin baik akreditasinya, maka semakin baik pula sistem yang dijalankan pada universitas tersebut. Mulai dari sistem pengajaran, manajemen, hingga lulusannya. Akreditasi juga menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam menentukan pekerja. 

Prestasi Nasional dan Internasional
Universitas terbaik di Jakarta pasti memiliki prestasi nasional maupun internasional. Hal ini membuktikan kredibilitas dari universitas tersebut. Sehingga, Apabila universitas yang Anda pilih tidak memiliki prestasi nasional maupun internasional, Anda wajib berfikir dua kali sebelum memilih universitas tersebut. Jangan sampai Anda menyesal. 

Track Record Alumni yang Baik
Sadar atau tidak sadar, sebagian orang memilih melanjutkan kuliah agar kelak ketika lulus bisa mendapatkan pekerjaan yang layak di sebuah perusahaan atau bekerja pada perusahaan yang diimpikan. Hal ini tentu dapat terwujud bila Anda melanjutkan kuliah pada universitas terbaik di Jakarta. Bagaimanapun kualitas kampus sangat berpengaruh terhadap mudah tidaknya seorang lulusan diterima bekerja. 

Cari dan pahami pula track record alumni dari universitas tersebut. Apabila lulusan universitas tersebut memiliki track record yang baik. Maka jangan ragu lagi. Namun, apabila track record alumni tidak jelas. Sebaiknya Anda mencari universitas lain. 

Relasi Perusahaan
Kemudahan mendapat pekerjaan juga dapat dipengaruhi oleh banyaknya relasi universitas tersebut. Relasi yang dibangun oleh sebuah universitas menggambarkan seberapa baik institusi tersebut di mata perusahaan. Sehingga ketika perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja, maka perusahaan tersebut secara otomatis akan mengambil lulusan dari universitas tersebut. Hal ini juga merupakan indikasi apakah universitas yang Anda pilih merupakan universitas terbaik atau tidak. 

Tenaga Pengajar yang Berkualitas
Setiap universitas terbaik di Jakarta, pasti memiliki tenaga pengajar yang berkualitas. Hal ini dapat dilihat dari pendidikan dosen. Apakah hanya sebatas S1, atau sudah hingga S2 bahkan S3. Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh tenaga pengajar pada sebuah universitas, dapat mengambarkan seberapa baik sistem pendidikan pada suatu universitas tersebut. 

Nah, apabila universitas yang Anda pilih tidak masuk salah satu kedalam kriteria diatas, Anda perlu mempertimbangkan ulang pilihan Anda. Jangan sampai Anda menyesal ketika sudah kuliah nanti.

Comments

  1. fokus pada point terakhir. Tenaga pengajar berkualitas dari sisi SDM namun dari sisi keteladanan tidak mencerminkan seorang akademisi. Sangat miris!

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"