Yuk, Ketahui Lebih dalam Tentang Apa Itu Manajemen Bisnis

Di Indonesia, perkembangan dunia bisnis saat ini sangatlah cepat, untuk itu diperlukan pengetahuan, gagasan, metode dan teknik yang praktis serta sesuai dengan perkembangan yang semakin cepat dan kompleks di Negara ini. 

Dalam dunia manajemen bisnis, perkembangan semakin cepat dan susah diprediksi. Keadaan yang demikianlah yang mendorong adanya universitas bisnis manajemen untuk mendirikan dan mengembangkan fakultas serta program studi yang berkaitan dengan bisnis manajemen.

Apa sebenarnya bisnis manajemen itu? Pentingkah untuk kehidupan sehari - hari?
Bisnis manajemen atau manajemen bisnis terdiri dari dua kata yaitu manajemen dan bisnis. Bisnis merupakan kegiatan dalam menjual produk maupun jasa agar memperoleh keuntungan bagi produsen. Bila bisnis berhasil maka akan memberikan keuntungan dan kesejahteraan bagi pihak tertertu, dalam hal ini yakni pemilik bisnis tersebut. 

Bisnis juga merupakan kegiatan yang beresiko memberikan kerugian baik secara material maupun non-material. Agar terhindar dari resiko bisnis tersebut maka bisnis harus dijalankan dengan cepat, tepat dan perencanaan yang matang. Bisnis terdiri atas beberapa komponen penting yang saling mendukung dan melengkapi. Bila salah satu komponen gagal maka akan dapat menganggu komponen yang lain. Maka dari dalam memilih universitas bisnis manajemen haruslah yang terbaik dan tepat, agar Anda bisa menjadi seorang pembisnis yang profesional.

Sedangkan manajemen sendiri dalam KBBI memiliki arti administrasi,tata laksana, tata usaha. Dalam kata lain manajemen yaitu bagian yang merencanakan, mengelola, dan menjalankan bisnis. Komponen ini bisa disebut komponen backend, brand maupun front end. Manajemen sebagai backend karena komponen ini yang berada di belakang layar dalam kesuksesan bisnis. Disebut juga brand yang berarti kharisma, kekuatan emosional yang dimiiki oleh perusahaan dan merupakan pandangan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan. Disebut juga front end karena komponen ini bisa berada didepan. Komponen inilah yang akan berhadapan dengan masyarakat untuk menawarkan produk dan jasa yang dijual

Jadi, manajemen bisnis sangatlah penting karena dengan adanya perencanaan yang matang maka produsen dapat mengetahui gambaran akan keuntungan dan kerugian dari bisnis yang dijalankan, serta dapat meminimalisir akan resiko bisnis itu sendiri. Di Indonesia sudah banyak universitas bisnis manajemen baik di kota besar maupun kota-kota kecil.

Dengan berkembangnya jurusan dan program studi tersebut diharapkan universitas bisnis manajemen dapat lebih berkembang dan juga dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan internal Mahasiswa di Negara ini.

Comments

  1. Kayaknya susah jurusan ini. Aku gak paham :(

    ReplyDelete
  2. Wonderful blog! І fоund іt ԝhile browsing ߋn Yahoo News.

    Ⅾo yoս hаve any tips on how to get listed in Yahoo News?
    I've beеn tryіng for a while but I neveг seem to get tһere!
    Cheers

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"