ZenFone 4 Selfie, Wajah Baru dalam Foto Selfie

Selfie dan selfie lagi. Mungkin demikian, anggapan dari sebagian orang. Namun aktivitas memotret diri sendiri ini telah menjadi sebuah ‘kewajiban’ bagi pengguna smartphone. Di mana, ponsel pintar yang dimilikinya telah mendukung foto diri dengan hasil terbaik dengan berbagai fitur, besar megapixel yang mumpuni dan bukaan lensa yang jernih. Tren foto selfie yang kini makin digemari membuat ‘kita’ ikut terbawa arus dan mau tidak mau ingin mencoba keindahan yang ditawarkan oleh kamera depan ponsel pintar yang kita miliki. Pilihan smartphone khusus selfie begitu beragam. Salah satu smartphone selfie yang telah saya genggam adalah ASUS ZenFone 4 Selfie.


ASUS bisa disebut ingin mengulang kesuksesan ZenFone Selfie generasi pertama. Produsen asal Taiwan ini terlihat begitu bergembira dalam memoles smartphone kelas menengah ini. Smartphone dengan layar IPS LCD sebesar 5,5 inci ini cukup baik saat digenggam. Warna Rose Pink yang saya pegang ini begitu halus dan bodinya benar-benar lembut di segala sisi. Tidak hanya itu, warna dan tekstur bodinya memang – tampak – dikhususkan untuk pasar wanita. ZenFone 4 Selfie pink ini begitu elegan dengan bezel yang keren, bodi tipis dan bentang layar yang cukup untuk menikmati hiburan maupun sekadar main beberapa permainan. Layar sentuh yang sangat responsif telah didukung oleh pelindung layar Gorilla Glass 4 sehingga tidak mudah tergores. ASUS juga memadukan ZenUI 4.0 dengan Android 7.0 Nougat sehingga multitasking tidak hanya indah tetapi benar-benar nyaman. 

ZenFone 4 Selfie yang baru saja diluncurkan pada pertengahan Oktober lalu, menyasar kelas menengah tetapi tidak memangkas spesifikasi lebih dangkal. Smartphone ini diotaki oleh prosesor Snapdragon 430 Octa Core dengan kecepatan 1,4 GHz dan didukung pula grafis Adreno 505. Kinerja yang didapatkan cukup menyentuh karena kecepatannya sangat seimbang dan mengagumkan untuk smartphone middle end. Jika biasanya, smartphone di kelas yang sama membenamkan memori dan RAM lebih rendahm, tidak demikian dengan ASUS. Smartphone ini memiliki media penyimpanan cukup besar yaitu 64GB dengan RAM 4GB. Bisa dibayangkan dengan memori sebesar itu cukup untuk menyimpan banyak foto, game, lagu-lagu bahkan video dan aplikasi pihak ketiga. 

Dalam menunjang aktivitas selfie seharian, ASUS membenamkan baterai cukup besar yaitu 3000 mAh (nonremovable). Penetrasi jaringan juga sampai 4G dengan dukungan dual sim. Fingerprint yang terletak di bagian depan, pada bagian tombol Home cukup memudahkan pengguna. 

ASUS ZenFone 4 Selfie memang dikhususkan untuk penggemar selfie. Maka wajar jika kamera yang dibenamkan cukup baik. ASUS menanamkan kamera dua buah di bagian dengan, untuk selfie biasa (sendiri) dan untuk selfie ramai-ramai (wide angle). Selain itu, fitur bokeh juga telah mendukung kinerja kamera smartphone ini. Kamera depan sebesar 20MP dan 8MP dengan LED Flash. Kamera belakang adalah sebesar 16MP dengan autofocus yang baik, EIS dan LED Flash. 

Begini Kinerja Kamera Belakang ZenFone 4 Selfie
Dengan bukaan f/2.2, kamera belakang ZenFone 4 Selfie cukup baik dalam menangkap objek. Autofocus yang selama ini telah dibenamkan pada banyak varian ZenFone juga bekerja dengan baik di lini smartphone ini. ASUS tidak memangkas kinerja kamera belakang ZenFone 4 Selfie sehingga hasilnya cukup baik. Saya mencoba memotret objek landscape pada ruang terbuka tanpa ada objek yang difokuskan. Hasilnya cukup mengagumkan dengan detail gambar yang mendekati sempurna dan alami. Warna-warna yang tampak seadanya dan tidak berlebihan sehingga tidak perlu menipu mata. Kekontrasan warna yang cukup baik di luar ruangan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi kamera belakang ZenFone 4 Selfie. 


Beranjak ke objek yang difokuskan, ASUS ZenFone 4 Selfie tampak baik sekali dalam memfokuskan diri pada objek dari dekat. Benda yang menjadi objek tampak sangat detail dan latar belakang diburamkan untuk menampakkan hasil terbaik. Foto ini terlihat alami dengan kekontrasan warna tidak berlebihan. Saya bahkan bisa memberi kesimpulan bahwa objek yang dekat dengan kamera selalu baik ditangkap oleh keluarga ZenFone. 


Manusia sebagai objek juga menjadi sebuah hal yang menarik dalam bidikan kamera ZenFone 4 Selfie. Kontras warna sangat alami dan detail terlihat jelas. Bidikan ini dari jarak yang cukup jauh, beberapa meter dengan menafikan autofocus dan fitur bokeh. Objek yang saya potret cukup menarik dengan ragam warna tetapi dapat ditangkap dengan baik oleh kamera ZenFone 4 Selfie. Warna-warni yang terlihat pun tidak pecah dan ngeblur meski dipadukan dengan warna yang lebih gelap di dekatnya. 


Kamera belakang ZenFone 4 Selfie cukup baik dalam menangkap beberapa objek. Fitur autofokus misalnya mampu memberikan blur secara alami dan tidak membuang keindahan dari objek. ASUS tampak sangat serius menggarap bagian kamera yang menjadi nilai jual tertinggi dari sebuah smartphone. 

Begini Hasil Selfie ZenFone 4 Selfie 
Kamera selfie cukup baik menangkap objek. Fitur beautification cukup baik bekerja dan mampu menghadirkan kecerahan pada objek. Fitur cantik ini juga dapat ditingkatkan dari level 0 sampai 10, tergantung pemakaian dan keinginan dari pengguna. Fitur wide angle juga dapat membantu memoret objek dalam jumlah banyak. Fitur bokeh juga menjadi sebuah keunggulan yang kian menjadi tren. 


Kekontrasan warna dari kamera selfie terlihat begitu baik dan fokus yang dihadirkan juga tidak memudar. ASUS mampu memugar kamera depan ini dengan baik sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal. Dua kamera dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Objek yang ditangkap juga lebih baik dan hampir mirip dengan kamera belakang, meski tidak sesempurna dengan kamera belakang. Penempatan kamera yang tepat juga menghasilkan foto lebih baik. 

ASUS telah memamerkan kehebatan dari kamera ZenFone 4 Selfie ini dalam launching. Seperti yang telah saya sebut, kamera ZenFone 4 Selfie bisa berjalan sempurna sesuai dengan insting pengguna. Saya lebih percaya bahwa ASUS ZenFone 4 Selfie yang dijual dengan harga Rp 3,5 juta ini dapat menjadi teman baik penggemar selfie. Baik fitur maupun bodi sangat senyawa dengan keindahan dari foto selfie itu sendiri. 


ASUS ZenFone 4 Selfie adalah wajah baru untuk berfoto selfie dan wefie. Beragam fitur yang dihadirkan pada smartphone kelas menengah ini mampu menghipnotis pengguna. Kamu mau mencoba selfie dengannya? Untuk mendapakan ZenFone 4 Selfie bisa meluncur ke laman ini Lazada Indonesia  

Comments

  1. Memang beda kalau yang ngereviewnya cowok ganteng kayak Bang Bai nih, modelnya cewek dan ketje semuahhh... Btw, diantara semua model diatas, yang mana pilihan Bang Bai? ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna pink yang disukai banget sama cewek-cewek ini, Bang. Jadilah mereka yang jadi model saja saya main di belakang hehehe.

      Delete
  2. Hmmm... Kalau selfie pake ZenFone 4 Selfie Pro ini kayaknya wajahku akan sedikit termaafkan ya, Bai?

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"