Rangking Blog Sebuah Penentu Blogger Sejati



Belum lama ini, saya dikenalkan tentang rangking blog oleh Fardelyn Hacky dan Ihan Sunrise. Semula saya bahkan tidak tahu-menahu mengenai hal ini, bagi saya nulis ya  nulis saja. Belakangan baru saya sadar bahwa sebuah blog memiliki track record tersendiri di dunia maya.

Rangking blog seperti memperlihatkan sebuah blog terurus atau malah terbengkalai. Blog yang terurus akan menunjukkan rangking semakin menurun secara global, dalam artian semakin baik. Namun untuk blog yang jarang diurus, rangking blog ini seperti itu-itu saja dan tidak akan mengalami perubahan. Ibarat sebuah rumah besar, tanpa dikelola akhirnya tidak menjadi rapi maupun bersih. Demikian juga dengan blog, nama juga blog suka-suka penulis mau menulis apa saja sesuai kehendak hati mereka. Mau menulis tentang curhatan sehari-hari, mau tentang masalah cinta picisan, tidak menjadi soal, yang penting nulis saja. Dari blog ini pula nanti akan menjadi terbiasa menulis dan lama-kelamaan bisa menghasilkan karya besar.

Bagaimana dengan hanya memiliki blog saja tanpa diisi, atau bahkan diisi sesekali saja kemudian menyibukkan diri dengan media sosial lain. Ini sama saja dengan blog kita tanpa penghuni, tidak terurus dan rangking juga akan menanjak tajam sehingga diabaikan oleh mesin pencari. Sebuah blog yang sering di update, penulis sering membaca blog orang lain sampai meninggalkan komen, itu menandakan bahwa blognya sendiri dikelola dengan benar dan dijaga supaya ratingnya meningkat.

Lalu apa yang mesti dilakukan oleh seorang blogger? Menulis saja, toh kita tidak sedang menulis novel panjang sebayak 150-200 halaman. Kita hanya perlu menulis sesuatu yang diperlukan orang, yang sedang ngetrend maupun yang benar-benar dibutuhkan orang lain. Misalnya, isu yang sedang berkembang tentang pemilu, kita tulis tentang itu menurut analisa kita. Lalu tips-tips perjalanan, tempat-tempat indah di sekeliling kita, cara belajar komputer maupun smartphone. Kesemuanya itu akan mudah dilacak oleh Google, tanpa perlu kita pelajari SEO sampai kening berkerut blog kita lama-kelamaan akan dikenal dan ratind/rangking akan naik dengan sendirinya.

Setelah itu, blog kita ini jangan cuma dikenal oleh teman-teman kita saja, ada Facebook, Twitter, maupun Google+, kita share sebanyak-banyaknya sehingga dilihat dan syukur-syukur dibaca banyak orang. Selain itu, kanal VivaLog dari VIVA merupakan salah satu blog warga yang membuat blog kita dikenal banyak orang. Dengan bergabung dan mengirim artikal ke VIVA, tulisan kita akan diseleksi oleh tim editor, lalu dimuat dengan menghyperlink ke laman sebenarnya blog kita. Satu hal paling menarik dari VIVA adalah dengan mengarahkan ke halaman blog pribadi kita untuk membaca informasi selengkapnya dari tulisan kita, berbeda dengan blog warga lain yang tidak seperti ini. Dengan demikian, rangking blog kita bisa meningkat tajam dan diri kita sebagai blogger pun akan dikenal luas. Kali saja, jika kita punya kisah-kisah menarik lalu ditulis ulang lantas kirim ke penerbit dan diterima untuk diterbitkan.


Pilihan sekarang, mau atau tidak mengelola blog dengan serius? Dan rangking – di Alexa misalnya – menjadi penentu sebuah blog dikelola atau hanya didiamkan saja setelah launching pertama sekali. Selamat ngeblog! 

0 Response to "Rangking Blog Sebuah Penentu Blogger Sejati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel