Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

Jangan coba-coba dengan penyakit iniAsam lambung, bermula dari mag, penyebab awalnya tidak teratur makan. Inilah akibatnya, perut jadi perih, seperti terbakar, mual saat makan, badan lemas bahkan nyeri sampai ke kepala.

Memang, penyakit ini semula dianggap sangat sepele. Namun, penyakit ini bisa menghalangi semua aktivitas. Sakitnya bisa tiba-tiba dan si penderita harus mengonsumsi makanan tiap saat.

Mereka yang sakit asam lambung biasanya tidak bisa makan dalam porsi banyak, namun mereka harus makan berulang-ulang dalam porsi sedikit. Begitu perut terasa sakit, makanan sekecil apapun bisa menghalangi rasa sakit tersebut.

Bagaimana jika bulan puasa?

Tentu, penderita asam lambung sangat tersiksa jika harus berpuasa. Sesaat saja perut kosong, maka perut akan seperti dibakar dan badan langsung lemas.

Walaupun puasa sangat menyehatkan dan bisa membantu aktivitas pencernaan, namun penderita asam lambung harus bijaksana dalam berpuasa. Apa saja yang harus dilakukan oleh penderita asam lambung agar terhindar dari sakit saat puasa?

Pertama, konsultasi ke dokter. Poin ini sangat penting. Dokter tidak hanya memberi obat untuk mengurangi rasa sakit namun akan memberikan petuah terbaiknya. Setidaknya dokter akan memberikan beberapa catatan untuk dihindari jika ingin terus puasa.

Kedua, minum obat teratur. Obat tak lain untuk meredakan rasa sakit. Minum obat sesuai anjuran dokter (saat sahur dan berbuka, maupun sebelum tidur) harus benar-benar dipatuhi. Pengaruh obat sangat terasa bagi penderita asam lambung yang perutnya kosong di siang hari.

Ketiga, penuhi asupan makanan. Makanan yang mengandung serat sangat baik untuk penderita asam lambung. Makanan ini akan bertahan lama. Namun, sebagai orang Indonesia, nasi adalah salah satu pilihan makanan yang mampu dicerna dengan baik.

Keempat, hindari makanan berminyak dan pedas. Makanan berminyak sangat berbahaya bagi penderita asam lambung. Minyak dapat memperlambat proses pencernaan makanan. Makanan pedas juga tak lain penyebab lambung semakin teriris. Menghindari kedua jenis makanan ini dapat meminimalkan rasa sakit di siang hari.

Kelima, minum air putih. Air putih sangat baik untuk menetralisir seluruh tubuh. Minum air putih dengan cukup dapat menghindari dehidrasi di siang hari. Dehidrasi dapat berakibat fatal bagi perut yang kosong. Dehidrasi adalah pemicu rasa lapar yang cukup kuat bagi penderita asam lambung.
Penyakit Asam Lambung
Apakah sudah cukup?

Kesadaran diri. Jangan berlebihan saat makan dan tidak teratur saat makan. Asam lambung bisa diderita oleh siapa saja. Menghindari lebih baik dari pada terus-terusan menerima imbas sakit berkepanjangan.

Puasa telah diteliti secara medis dan mendapat pengakuan dunia, padahal Islam telah menganjurkan berabad silam. Tips ini saya berikan kepada pembaca karena saya – saat ini – merupakan salah seorang penderita asam lambung. Semoga bermanfaat dan puasanya lancar!

0 Response to "Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel