Tuesday, January 30, 2018

10 Notebook Terbaik ASUS Sepanjang Tahun 2017

Bagi saya, tanpa notebook rasanya dunia telah ‘kiamat’, di mana setiap kebutuhan sebagai guru, blogger dan pekerja sosial, hampir tiap detik bersentuhan dengan perangkat elektronik ini. Notebook yang hadir sepanjang tahun 2017 mewarnai berbagai sisi, mulai dari kelas atas sampai kelas menengah ke bawah. Meski berbeda kelas, tiap notebook yang hadir memberikan jawaban atas kesenjangan yang selama ini dirasakan oleh sebagian masyarakat. Syarat dan ketentuan tiap personal maupun kelompok dalam mendapatkan notebook adalah menyoal kinerja yang lebih baik.

Di kelas atas sendiri, beragam notebook datang dengan banyak pilihan. Apakah itu untuk gaming, pekerja profesional, mahasiswa design, maupun profesi-profesi lain yang tak luput dari bantuan notebook dalam keseharian mereka. ASUS sebagai produsen terkemuka menjawab tantangan besar di tahun 2017 dengan melahirkan banyak varian notebook terbaik. Sepuluh notebook yang saya rangkum di sini mengundang sejuta pesona untuk memilikinya. Kenapa saya memilih 10 notebook terbaik di segmen menengah ke atas ini? Saya berpikir bahwa 10 yang elegan, mewah dan berkelas ini memang patut mendapatkan predikat terbaik.

Desain Halus Namun Kokoh
Jika kau melihat seseorang, biasanya bentuk fisik menjadi keunggulan dari daya tarik itu! Mungkin ini adalah pendapat saya tetapi jika dipahami dengan lebih dalam, hal ini pula yang mendasari kita suka atau tidaknya terhadap sesuatu. Rasa suka pada pandangan pertama itu telah lama sekali didengungkan, bahkan oleh seorang A Rafiq dalam lagunya, yang diikuti oleh lagu-lagu lain dengan nada serupa. Begitu kuatnya pandangan pertama ini sampai-sampai saya tidak bisa berpaling dari halusnya desain ZenBook Pro atau ‘kokoh’nya ZenBook Flip S saat dilipat menjadi komputer tablet. 

Desain yang indah dari ASUS di banyak varian notebook keluaran 2017 adalah hal terbaik yang saya lihat, lalu tergoda begitu saja. Desain notebook ASUS sepanjang tahun 2017 menjadi cita rasa yang berbeda, ciri khas yang melekat kuat sehingga orang langsung tahu meski tidak melihat logo, bahwa yang dipegang itu adalah notebook ASUS. Identitas ini telah dimiliki ASUS sehingga 10 notebook di bawah ini masuk ke dalam rangking bahagia sepanjang tahun penuh kenangan ini. 

Dapur Picu Terkencang 
Jika kau mendayuh sepeda, kau membutuhkan rantai yang kuat agar tidak putus di saat jalan kerikil mendaki. Mungkin, permisalan ini tidak begitu penting. Saya yakin sekali emosi sampai ke ubun-ubun saat notebook terkoneksi internet tetapi jalannya sungguh tersendat-sendat. Namun tidak demikian dengan 10 notebook ASUS yang saya masukkan ke dalam daftar terbaik ini. Mereka cadas, gahar, namun halus tanpa batuk disengaja atau tidak. ASUS membenamkan prosesor tingkat tinggi dari Intel Core i-5-7200U sampai ke prosesor Intel Quad-Core i7-7700HQ.

Dapur picu adalah tokoh utama bagi sebuah notebook. Perannya, meski tidak terlalu tampan, tetapi sangat menentukan akhir cerita bahagia atau penuh penyesalan. ASUS telah bermain imbang dalam menulis skenario terbaik untuk tokoh utama ini. Di mana pemilihan prosesor yang tepat membuat notebooknya selalu berada dalam jajaran gesit tetapi irit energi dalam bekerja. Notebook keluaran ASUS sepanjang 2017 ini memiliki daya tahan yang benar-benar terbaik untuk pekerja lapangan. 

Warna Cerah Menggoda 
Jika kau tergoda dengan seseorang, warna kulit bisa menjadi salah satu faktornya. Daya tarik ini saya pikir dimiliki oleh hampir semua orang. Suka karena kulitnya halus, karena cerah, karena bercahaya dan lain sebagainya. Warna cerah memang sangat menggoda selera untuk dicicipi, dinikmati, dipuja bahkan dimanja. ASUS telah memulai peperangan warna pada 10 notebook terbaik di kelasnya ini. Warna-warna keemasan, merah dan putih menjadi pilihan yang tak hanya menggoda tetapi juga sangat elegan. 

Warna cerah menggoda adalah salah satu daya tarik calon pengguna. Selama ini, notebook yang hadir di pasaran adalah warna hitam dengan bahan kaku. ASUS mengubah tekstur bodi notebook miliknya dengan warna dan pemilihan bahan yang pas. 10 notebook ini memiliki warna yang mencolok, lapisan kaca yang membuatnya tidak mudah tergores atau kusam, serta kilatan sesaat yang menambah keelokan notebook saat dijinjing. 

Maka dari itu, 10 notebook ASUS ini adalah mereka yang datang dengan mewakili tiga kerisauan yang telah saya jabarkan. Kesepuluh ini memberikan jawaban, mengatur langkah dengan cepat, penuh kelembutan dalam bekerja dan tak mudah goyah meski hidup selama 24 jam. Siapa 10 terbaik ini? 

ZenBook Pro UX550V
ASUS ZenBook Pro UX550V
Duduk manis di posisi puncak, ASUS ZenBook Pro UX550V adalah pilihan terbaik. Sentuhan desain yang elegan dan pemilihan warna yang mewah menjadikan notebook ini berada dalam keseimbangan dalam menunjang gaya hidup. Tak hanya itu, grafis yang baik juga membuatnya menjadi pilihan terbaik bagi para desain grafis maupun gamer dan pecinta multimedia lainnya. Keindahan layar yang tiada tara membuatnya lebih unggul dibandingkan kompetitor. Jadi, menonton video maupun mendesain sebuah bangunan mewah tampak sangat nyata di notebook tipis ini.

ASUS juga mendukung kinerja lebih baik dengan membenamkan RAM 16GB dengan kecepatan kerja 2400MHz. Data yang disimpan juga mendapatkan porsi yang lebih baik dalam media penyimpanan sebesar 1TB dengan tipe PCIe atau 512GB dengan tipe PCIe SSD. Media penyimpanan ini memiliki kecepatan baca sampai 3000MB/s. Dan yang paling menarik adalah prosesor yang digunakan yaitu Intel Quad-Core i7-7700HQ dengan kecepatan kerja sampai dengan 3.8 GHz. Bisa dibayangkan, bagaimana ASUS memanjakan pengguna dengan notebook terbaik ini.
Main Spec. ZenBook Pro UX550V
Processor Intel Quad-Core i7-7700HQ up to 3.8 GHz
Operating System Windows 10 Pro / Windows 10 Pro (64bit)
Graphics NVIDIA GTX 1050Ti 4G GDDR5
NVIDIA GTX 1050 4G GDDR5
Display 15.6” UHD (3840x2160) IPS touch
FHD (1920x1080) IPS touch 14” chasis
Memory 16GB DDR4 RAM 2400MHz
Storage 1TB PCIe/512GB PCIe SSD
Connectivity Wi-Fi+BT4.1
Camera VGA Web Camera
Input/Output 2x USB 3.1 Type-C
AudioQuad-speakers with Harman/
Kardon and SonicMaster Premium
Battery 14 Jam Productivity
Fast Charging Technology 60% in 39 menit
Fingerprint Sensor Yes
MSRP Rp 33.299.000 / Rp 26.299.000
Dukungan di Indonesia Yes
Warranty 2 years full global warranty



ZenBook Flip S UX370UA 
ASUS ZenBook Flip S UX370UA
Ibarat gadis, ZenBook Flip S adalah si jelita yang menggemaskan. Imut sudah pasti dengan berat hanya 1,1 kilogram dan ketebalannya sangat tipis yaitu 10,9 milimeter. ZenBook Flip S didesain dengan material premium, aluminium kelas Aircraf yang biasa digunakan untuk membuat bodi pesawat terbang. Kuat sudah jelas terasa meski bolak-balik fungsi dari notebook menjadi komputer tablet. Namun, jangan salah bahwa ASUS membuat si imut ini dengan sangat sempurna di mana kinerjanya ditopang oleh Intel Core i-7-7500U dengan kecepatan sampai 3.8 GHz. Grafis yang baik juga menjadikannya sebuah notebook yang alot untuk menemani presentasi. 

Unggul di desain tidak lantas membuatnya kurang di sisi lain. Di mana, notebook ini sangat lengkap seperti sidik jari maupun fast charging yang diidamkan banyak orang. Engsel ErgoLift membuatnya makin kokoh karena proses pengujian ini saja dilakukan lebih dari 20.000 siklus buka dan tutup. Jadi, nggak perlu khawatir engsel notebook ini mudah patah.

Main Spec. ZenBook Flip S UX370UA
Processor Intel Core i7-7500U up to 3.8 GHz
Operating System Windows 10 Home
Graphics Intel HD Graphics 620
Display 13.3” IPS FHD (1920x1080)
Memory 16GB DDR3L RAM 2133MHz
Storage 512GB PCIe SSD
Connectivity Wi-Fi+BT4.1
Camera VGA Web Camera
Input/Output 2x USB 3.1 Type-C
AudioQuad-speakers with Harman/
Kardon and SonicMaster Premium
Battery Fast Charging Technology 60% in 49 menit
Fingerprint Sensor Yes
Ketebalan & Berat 10.9mm & 1,1 Kg
Warranty                       2 years full global warranty
MSRP Rp 25.299.000


ZenBook 3 Deluxe UX490UA/UX390UA
ZenBook 3 Deluxe

Notebook yang cocok untuk pekerja keras, eksekutif muda dan juga pengusaha ini, didesain dengan material premium serta kualitas aluminium yang membuatnya lebih ringan dari kebanyakan notebook yang beredar saat ini. Layar mewahnya diselimuti oleh lapisan pelindung kuat dari Corning Gorilla Glass 5 setebal 0,55mm. Kilatannya terlihat nyata dan tidak mudah tergores sehingga bebas dibawa bekerja di luar ruangan. Layar 14 inci tetapi memiliki rasa 13 inci sehingga tidak terkesan besar bahkan berat saat dijinjing. ASUS menjamin bahwa dengan 77% rasio layar dan bodi, notebook ini sangat unggul di kelasnya. 

Tipis belum tentu tidak gahar. Soal kinerja saja, ASUS percaya kepada Intel Core i7-7500U yang bekerja lebih baik dengan dukungan RAM 16GB DDR3L dan media penyimpanan 512GB dengan tipe PCIe SSD. Tak hanya itu, yang menarik adalah daya tahannya yang tergolong kuat yang mampu bekerja selama 9 jam penuh. Baterainya juga termasuk ke dalam kategori fast charging dengan 60% terisi dalam 49 menit saja. ASUS memberikan dua alternatif untuk ZenBook 3 Deluxe ini, yaitu tipe UX490UA dengan ukuran layar 14 inci dan tipe UX390UA dengan ukuran layar 12 inci.
Main Spec. ZenBook 3 Deluxe UX490UA/UX390UA
Processor Intel Core i7-7500U
Operating System Windows 10 Home
Graphics Intel HD Graphics 620
Display 14” 16:9 IPS FHD (1920x1080) with 13” chasis
12.5” (1920x1080)
Memory 16GB DDR3L RAM
Storage 512GB PCIe SSD
ODD 8 x DVD Super Multi-Dual
Connectivity Wi-Fi+BT4.0
Camera VGA Web Camera
Input/OutputUSB 3.1 Type-C
Audio Quad-speakers with Harman/
Kardon and SonicMaster Premium
Fingerprint Sensor Yes
MSRP Rp 25.299.000 / Rp 24.299.000
Dukungan di Indonesia Yes
Warranty 2 years full global warranty


ZenBook Flip UX360UAK
ZenBook Flip UX360UAK
Daya tarik notebook lipat memang luar biasa bagi saya. Setelah kakaknya yang masuk ke dalam daftar, kini adiknya ikut saya sertakan. Tentu saja karena desain yang menarik, kemampuan yang benar-benar tangguh dan keunggulan lain misalnya mampu mengisi daya sampai 60% hanya dalam waktu 49 menit. Layar sentuh yang menggoda dengan stylus membuatnya makin kuasa dalam mempresentasikan hal menarik di depan klien. Bahkan, yang unik adalah mampu mengenali pemindaian sidik jari parsial. 

Tipis sudah pasti dengan 13,9 milimeter dan berat 1,3 kilogram. Tetapi, soal kemampuan tak ada duanya. Salah satunya adalah audio yang baik berkat dukungan Harman/Karbon dan ASUS Sonic Master. Saat diputar 360 derajat, engselnya bekerja dengan baik sehingga meminimalkan kerusakan. Jadi, nggak perlu khawatir saat diajak bekerja di luar ruangan atau membantu presentasi dalam bentuk komputer tablet.
Main Spec. ZenBook Flip UX360UAK
Processor Intel Core i7-7500U/ Intel Core i5-7200U
Operating System Windows 10 Pro (64bit)
Graphics Intel HD Graphics 520
Display 13.3” QHD+ (3200x1800) IPS Touch/ FHD (1920x1080) IPS Touch
Memory 16GB / 8GB DDR3L RAM
Storage 512GB SSD
Connectivity Wi-Fi+BT4.1
Camera VGA Web Camera
Input/Output 2x USB 3.0, USB 3.1 Type-C
Audio Harman/ Kardon
Battery Web Browsing sampai 12 Jam
Fingerprint Sensor Yes
Ketebalan 13,9mm
Berat 1,3 Kg
Dukungan di Indonesia Yes
MSRP Rp 18.799.000 / Rp 14.299.000
Warranty 2 years full global warranty


ZenBook UX430UQ
ZenBook UX430UQ
Desain yang bersahabat, mungkin kalimat ini sangat cocok untuk menggambarkan ZenBook UX430UQ. Di mana layar 14 inci tetapi terlihat sangat mungil di kelasnya. Desainnya unik tetapi elegan membuat notebook ini memiliki ciri khas tersendiri. Dukungan dari dapur picu yang kuat yaitu Intel Core i7-7500U yang mampu bekerja dengan kecepatan sampai 3.8 GHz, tidak akan membuat pekerjaan tertunda. Selain itu, grafis dari NVIDIA juga sangat membantu multimedia sehingga nyaman dalam menonton film maupun mengedit gambar dan video. 

Layar 14 inci Full HD Display dipadu dengan media penyimpanan sebesar 512GB SSD, yang mampu menyimpan data 26x lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Jadi, tidak perlu khawatir untuk pengejar deadline karena segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Main Spec. ZenBook UX430UQ
Processor Intel Core i7-7500U up to 3.8 GHz
Operating System Windows 10 Home
Graphics NVIDIA GeForce GT940MX with 2GB VRAM
Display 14” IPS FHD (1920x1080)
Memory 16GB DDR4 RAM
Storage 512GB SSD
Connectivity Wi-Fi+BT4.1
Camera VGA Web Camera
Input/Output 2x USB 3.0 Type-C
Audio Quad-speakers with Harman/ Kardon and SonicMaster Premium
Fingerprint Sensor Yes
Ketebalan 1.4mm
Dukungan di Indonesia Yes
MSRP Rp 17.799.000
Warranty 2 years full global warranty


ZenBook UX410UQ 
ZenBook UX410UX
Notebook ini mampu bekerja selama 9 jam berkat baterai polimer-litium. Meski tergolong tipis dengan berat 1,25 kilogram, notebook ini tidak akan menunjukkan performa yang buruk. Pertahanannya cukup kuat dengan prosesor generasi ke-7 dari Intel dan juga didukung oleh RAM sebesar 8GB DDR4 dengan kecepatan kerja mencapai 1600 MHz. Bodi metalik yang indah dipadu dengan warna yang elegan yaitu Rose Gold dan Quartz Grey, membuatnya sangat berkelas dan berbeda dari notebook kebanyakan. 

Layarnya sangat menarik dengan ratio 80% sehingga mampu menghadirkan suguhan indah, baik multimedia maupun desain grafis. Bisa dibayangkan bahwa pekerjaan akan mudah terselesaikan dengan notebook ini.

Main Spec. ZenBook UX410UQ
Processor Intel Core i7-7500U
Operating System Windows 10
Graphics NVIDIA GeForce GT 940MX 2GB VRAM
Display 14” IPS FHD (1920x1080)
Memory 8GB DDR4 1600 MHz RAM
Storage 1TB HDD + 128G SSD
Connectivity Wi-Fi+BT4.0
Camera VGA Web Camera
Input/Output USB 3.1, USB 3.0, USB 2.0
Audio ASUS SonicMaster
Fingerprint Sensor Yes
Dukungan di Indonesia Yes
MSRP Rp 15.799.000
Warranty 2 years full global warranty

VivoBook Pro 15 N580VD
VivoBook Pro 15
Ukuran layar yang lumayan besar tidak selamanya ringkih tetapi mampu bekerja dengan baik. VivoBook Pro 15 inci menghadirkan performa terbaik untuk pekerja di industri kreatif. Bodinya terlihat gahar karena terbuat dari aluminium yang telah melewati serangkaian proses manufaktur sehingga menjadi lebih ramping dan elegan. Layar 15 inci sekali pandang memang terlihat besar tetapi ia adalah notebook tipis dengan 19,2 milimeter dan berat 2 kilogram.

ASUS turut membenamkan fast charging untuk membantu aktivitas dengan 60% baterai terisi dalam waktu 48 menit. Layarnya juga didukung oleh FHD IPS dengan teknologi wide-view yang memudahkan pengguna menatap layar dari beberapa sudut pandang. Dalam menunjang multimedia, ASUS Sonic Master didukung juga oleh Harman/Kardon sehingga menghadirkan suara yang benar-benar indah.
Main Spec. VivoBook Pro 15 N580VD
Processor Intel Core i7-7700HQ up to 3.8 GHz
Operating System Endless OS
Graphics NVIDIA GTX 1050 4GB DDR5 VRAM
Display 15.6” FHD (1920x1080) IPS
Memory 8GB DDR4 1600 MHz RAM
Storage 1TB 5400rpm HDD + 128G SSD
Connectivity Wi-Fi+BT4.0
Camera VGA Web Camera
Input/Output USB 3.1 Type-C, USB 3.0, 2x USB 2.0
Audio Dual-speakers with Harman/ Kardon and SonicMaster Premium (sound 32x louder)
Battery Fast Charging Technology 60% in 48 menit
Fingerprint Sensor Yes
Dukungan di Indonesia Yes
MSRP Rp 15.299.000
Warranty 2 years full global warranty

VivoBook A456UQ - i7
VivoBook A456UQ
Anak muda dengan beragam aktivitas adalah pengguna VivoBook A456UQ terbaik. ASUS mendesain notebook ini agar terlihat sangat stylis di kelasnya dalam rangka mendukung kinerja mahasiswa aktif, atau pekerja muda aktif. Notebook ini didukung oleh fitur instant-on yang mampu menghidupkannya dalam waktu 2 detik saja dari kondisi diam (sleep). Dukungan USB Type C juga mampu mengirim data lebih cepat daripada USB tipe sebelumnya. 

Touchpad pada notebook ini serupa dengan layar sentuh pada smartphone sehingga bekerja lebih untuitif, artinya sangat sensitif dengan akurasi tinggi. Soal baterai juga cukup unggul dengan Li-Polymer yang mampu bertahan lebih lama. Prosesor generasi ke-7 mampu membuatnya bekerja lebih baik dan cepat.
Main Spec. VivoBook A456UQ-i7
Processor Intel Core i7-7500U
Operating System DOS
Graphics NVIDIA GeForce GT940MX with 2GB VRAM
Display 14.0” FHD (1920x1080)
Memory 8GB DDR4 RAM
Storage 1TB 5400rpm HDD SATA
ODD 8 x DVD Super Multi-Dual
Connectivity Wi-Fi+BT4.0
Camera VGA Web Camera
Input/Output USB 3.1 Type-C
Audio ASUS SonicMaster
Dukungan di Indonesia Yes
MSRP Rp 10.299.000
Warranty 2 years full global warranty

VivoBook S – S510UQ 
VivoBook S-S510UQ
Kombinasi yang dicetus dari notebook ini adalah soal keindahan. VivoBook S ini didesain dengan NanoEdge bezel yang mengintepretasikan gaya kekinian, didukung pula oleh brushed-metal finish yang membuatnya terlihat sangat anak muda. Layar 15 inci tetapi terlihat seperti 14 inci sehingga ringan dibawa ke mana-mana dalam berat 1,5 kilogram. Layar ini juga memiliki kelebihan yaitu 178 derajat wide-view yang akan memastikan setiap warna yang keluar selalu memiliki kekontrasan yang sesuai. Notebook ini sangat cocok untuk menikmati multimedia. 

Kekuatan kerja sudah tidak diragukan lagi dengan prosesor generasi terbaik dari Intel yaitu Core i5-7200U. Sensor sidik jari menjadi daya tarik tersendiri di notebook ini selain daya tahan baterai yang lebih lama. ASUS turut membenamkan ASUS SonicMaster untuk dapat menghadirkan suara yang lebih baik.
Main Spec. VivoBook S – S510UQ
Processor Intel Core i5-7200U
Operating System Endless OS
Graphics NVIDIA GeForce GT940MX 2GB VRAM
Display 15.6” FHD (1920x1080) Slim Bezel
Memory 4GB DDR4 RAM
Storage 1TB 5400rpm HDD + 128 SSD
Connectivity Wi-Fi+BT4.0
Camera VGA Web Camera
Input/Output USB 3.0
Audio ASUS SonicMaster
Dukungan di Indonesia Yes
MSRP Rp 9.799.000
Warranty 2 years full global warranty

VivoBook A456UR - i5 
VivoBook A456UR
VivoBook A456UR-i5 hadir lebih murah dari kakaknya VivoBook A456UQ-i7. Tetapi, soal performa notebook ini tidak bisa diragukan. Layar 14 inci sangat cocok untuk mendesain gambar bagi mahasiswa aktif dan juga menikmati multimedia karena telah Full HD. Pilihan warna yang cerah dan keren membuatnya sangat elegan di kalangan mahasiwa atau pekerja muda. Warna merah menyala misalnya mampu memberikan semangat juang lebih tinggi. Warna keemasan mampu mendeskripsikan keinginan-keinginan lebih baik. Dan juga warna netral, hitam dan putih dibalut dengan keren oleh desainer ASUS. 

Meski tergolong terjangkau, notebook ini telah didukung oleh grafis dari NVIDIA di mana mampu menyuguhkan pandangan terbaik saat merujuk kepada desain. Hal lain adalah tersedianya DVD Writer yang memudahkan pengguna untuk menyalin data maupun menonton sebuah film.
Main Spec. VivoBook A456UR-i5
Processor Intel Core i5-7200U
Operating System Windows 10 Pro (64bit) / DOS
Graphics NVIDIA GeForce GT930MX with 2GB VRAM
Display 14.0” HD (1366x768)
Memory 4GB DDR4 RAM
Storage 1TB 5400rpm HDD
Connectivity Wi-Fi+BT4.0
Camera VGA Camera
Input/Output USB 3.1 Type-C
Audio ASUS SonicMaster
Dukungan di Indonesia Yes
MSRP Rp 8.299.000 / Rp 7.399.000
Warranty 2 years full global warranty

10 notebook terbaik ASUS tahun 2017 adalah terbaik dari yang terbaik. Kesepuluh ini barangkali bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan notebook dengan performa tinggi!

SHARE THIS

Author:

Teacher Blogger and Gadget Reviewer | Penulis Fiksi dan Penggemar Drama Korea | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread | Contact: bairuindra@gmail.com

4 comments:

  1. Bai ilerku neces baca tulisan ini, Bai. Kalau dikasih laptop tipe apapun di tulisan ini aku ikhlas menerimanya *kemudian ditabok ZenBook Pro*

    ReplyDelete
  2. wah aku baru beli asus krn sebelumnya netbook sdh rusak, eh malah diambil anakku yang mau bikin skripsi, huuuu

    ReplyDelete
  3. Kalau saya mau yang mana ya??? Ngarep ZenBook UX370. Amin... :-D

    ReplyDelete
  4. Ah ini keren banget 10 notebooknya. Punya 1 aja udah alhamdulillah ya bai...

    ReplyDelete