Model Baju Batik Modern yang Cocok untuk Acara Formal

Tak kalah dengan negara yang lainnya, maka Indonesia sendiri juga memiliki banyak sekali pakaian khas yang dijadikan sebagai lambang budaya, diantaranya adalah kebaya dan juga batik, kain batik merupakan kain yang dibuat dengan 2 prosedur, yaitu mencetak atau dengan melukisnya, ada makna di setiap motif yang ditampilkan. Bisa dengan mudah dijumpai di seluruh penjuru Indonesia, karena kebanyakan setiap daerah memiliki motif batik yang berbeda-beda. Namun juga jangan salah kira, menggunakan baju batik tak selalu membuat Anda nampak kuno atau norak, buktinya banyak sekali model baju batik yang kekinian.
Pria pakai batik - bukalapak.com
Rancangan oleh beberapa desainer handal, sehingga bisa dipakai untuk berbagai macam acara. Batik sendiri memang memiliki 2 kualitas yang sering kali ditawarkan, diantaranya adalah batik cap atau sablon dengan batik tulis, lalu apa yang membedakan keduanya? Berikut ini yang harus diketahui:
  1. Proses pembuatannya, seperti namanya sendiri batik cap dibuat dengan cara menyablon, sehingga hasilnya bisa jauh lebih rapi dibandingkan dengan baju batik tulis, karena memang ia dikerjakan oleh tangan manusia, sehingga terkadang ada kesalahan dalam pembuatan. 
  2. Waktu pengerjaan, karena dibuat menggunakan mesin, maka tak bisa dipungkiri bahwa untuk satu hari produksi dari batik sablon ini bisa mencapai ratusan meter, sedangkan untuk batik tulis yang dilukis satu persatu, terkadang untuk satu meter kain membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikannya, tergantung dari tingkat kerumitan motif tersebut. 
  3. Harga yang ditawarkan ke pasaran, untuk kategori harganya sendiri sudah pasti akan jauh berbeda ketika Anda membeli jenis yang cap dan juga tulis, meskipun terkadang ada beberapa bagian yang tak sempurna dalam pengerjaan batik tulis, namun harganya berkali-kali lipat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan batik sablon. Hal ini dikarenakan tingkat kerumitan dan nilai estetika yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan dengan batik yang dikerjakan dengan mesin. 
Model baju batik belakangan ini juga jauh lebih bervariasi, sehingga untuk siapa saja yang menggunakannya pasti dapatkan banyak keuntungan, diantaranya adalah:
  1. Bisa dipakai untuk acara-acara formal, bahkan Anda yang menghadiri acara kenegaraan terkadang batik ini adalah pakaian yang wajib untuk dikenakan, sebagai salah satu simbol rasa cinta terhadap budaya bangsa. Jadi mengoleksi baju batik tentunya sangat penting bagi Anda di rumah. 
  2. Seragam wajib bagi yang bekerja di instansi pemerintahan maupun swasta, pastinya ada aturan khusus dalam mengenakan pakaian untuk setiap perusahaan bukan, di hari-hari biasa mungkin akan diperbolehkan mengenakan seragam biasa, namun untuk beberapa hari tertentu, maka harus menggunakan batik, aturan-aturan semacam ini memang banyak diterapkan pada beberapa perusahaan. 
  3. Menggunakan baju batik, berarti juga sudah mendukung ekonomi Indonesia, kain batik dibuat oleh masyarakat asli Indonesia, tak seperti busana lainnya yang kebanyakan diimpor dari luar negeri, tentunya sama saja Anda sudah ikut serta dalam meningkatkan daya jual produk dalam negeri bukan. 
  4. Memberikan kesan yang lebih elegan untuk wanita, pemakaian busana batik bagi perempuan Indonesia juga bisa menjadi sebuah sarana untuk membuat tampilan Anda terkesan kalem dan elegan, karena ada makna khusus di balik motif batik tersebut. 
Jadi tak perlu ragu jika memang ingin mengoleksinya, apalagi kian banyak model baju batik yang dirancang dengan konsep modern saat ini, sehingga tak perlu lagi takut terlihat norak dan ketinggalan zaman.

Guru Blogger | Email: bairuindra@gmail.com

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

1 komentar:

avatar

baju batik bapa-bapa sepertinya modelnya begitu aja ya, kecuali coraknya yg bisa beragam