Wednesday, May 23, 2018

ASUS ZenFone 5, Segarkan Kembali Smartphone Kamera Terbaik

Saat tahu ASUS akan meluncurkan ZenFone 5 di Indonesia, saya yakin sekali bahwa smartphone ini akan menjadi sebuah lawan yang sulit ditaklukkan. Sejak peluncuran di ajang MWC 2018, ZenFone 5 telah menjadi primadona yang tidak hanya menawan tetapi disindir habis-habisan karena menggunakan poni. Padahal, smartphone lain juga telah menggunakan poni tetapi tidak mendapat perhatian sebesar ZenFone 5. Desain yang menarik, bodi yang tipis dan segala rupa yang dimilikinya menjadi cikal-bakal sebuah smartphone yang dibuat untuk pecinta gaya hidup lebih elegan. 

Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia, menyebut dalam siaran tertulis, “Nama ZenFone 5 untuk pengguna di Indonesia mungkin terdengar seperti romantisme masa lalu yang kembali digaungkan-gaungkan. Namun percayalah, ASUS ZenFone 5 tidak hanya mengandalkan romantisme masa lalu semata, tetapi lebih dari yang Anda bayangkan. Perjalanan Backto5 merupakan sebuah pencarian akan kesempurnaan,” 

Maka wajar jika ZenFone 5 mendapat perhatian lebih dari ASUS sehingga produk yang dilahirkan ini benar-benar memberikan kesegaran terutama di sisi kamera. Jika boleh menyebut, saya pikir, ZenFone 5 adalah salah satu smartphone dengan kamera terbaik namun dijual dengan harga sangat murah. 

Desain yang Mewah dan Berkelas di Harga Murah 
ZenFone 5 disebut akan dijual dengan harga Rp 4 jutaan dan ZenFone 5Z dengan harga Rp 6-7 jutaan. Untuk pasar Indonesia, ZenFone 5 merupakan sebuah smartphone kelas atas yang sangat murah. Dimulai dari desain yang halus, pemilihan bahan yang juga baik membuat smartphone ini sebagai sebuah mahakarya yang mewah dan elegan. 

Desain ZenFone 5 sangat indah dan memukau. ASUS menggunakan material berbahan kaca yang spesial yang dibuat dengan nano molding technology (NMT), melapisi body berbahan allumunium alloy aeorspace grade di bawahnya. Sekali ketukan di bodi belakangnya akan memperlihatkan kemilau cahaya yang benar-benar menarik. 
ZenFone 5 memiliki resolusi Full HD+ dengan 2.246 x 1.080 piksel. Layar sebesar 6,2 inci yang dikemas dalam tubuh 5,5 inci membuatnya tampak kokoh dan feminim di sisi lainnya. ASUS menggunakan aspek rasio 19:9 dengan screen to body ratio 90 persen, dengan bezel tipis dan poni indah membuatnya tampak keren sekali. 

Teknologi Artificial Intelegent (AI) dalam Kesempurnaan 
Galip menyebut, “Artificial Intelegent (AI) melekat pada setiap fitur di ZenFone 5, seperti misalnya pada kamera, baterai performa, hingga ringtone. Semua teknologi AI ini kami hadirkan untuk memberikan suguhan pengalaman penggunaan yang luar biasa kepada Anda, serta ingin menunjukkan bahwa ASUS merupakan salah satu vendor smartphone terbaik dalam hal inovasi teknologi,” 

ASUS menghadirkan teknologi Artificial Intelegent pada kamera ZenFone 5. Teknologi AI Camera pada ZenFone 5 akan meningkatkan kualitas fotografi menjadi lebih baik karena memanfaatkan kemampuan hardware dan software yang telah ada untuk kemudian melakukan improvisasi yang lebih maksimal dalam aspek fotografi. Salah satu teknologi turunan adalah AI Scene Detection yang dapat mengenali hingga 16 skenario momen ataupun objek pemotretan secara pintar. AI akan melakukan analisa pada objek foto untuk kemudian melakukan enhance secara otomatis pada setting kamera dengan algoritma yang dimiliki untuk mendapatkan hasil foto yang lebih sempurna. 

Kamera ini akan dengan mudah mengenali objek tanpa perlu mengaktifkan fitur tertentu. Teknologi AI lain seperti Photo Learning dan Real Time Beautification mampu menghadirkan keunikan dalam foto dan mengenali wajah dengan baik sehingga hasil foto sangat maksimal. Foto selfie yang dihadirkan kemudian akan tampil lebih alami dan mendekati kata sempurna. 
Galip menambahkan, "Kualitas hasil foto kamera ZenFone 5 juga kini diakui oleh DxOMark, lembaga pemeringkat kualitas kamera, lensa dan hasil foto terkemuka di dunia. Untuk ZenFone 5, smartphone ini meraih angka 90 DxO Mark Mobile dan 93 DxO Mark Photo. Hasil ini sangat baik dibandingkan smartphone-smartphone yang beredar di pasaran pada umumnya,

ZenFone 5 juga memiki AI pada perfomance yang dinamakan dengan AI Boost. Fitur tersebut berfungsi untuk mengoptimasi performa CPU menjadi lebih baik. Melalui sebuah test yang dilakukan secara internal, score benchmark Antutu ASUS ZenFone 5 tanpa menggunakan AI Boost adalah 126.813. Sementara ketika AI Boost dinyalakan performa meningkat drastis menjadi 142.945. Adapun perfoma untuk ZenFone 5Z merupakan yang tertinggi yakni mencapai 267.587 dalam kondisi standar dan mencapai 271.360 saat menggunakan AI Boost. AI Display bekerja dengan baik ketika kamu tidak sedang menatap layar, display akan dimatikan, ketika kamu melihat terus ke arah layar, display akan tetap menyala. 

Performa Terbaik dengan Prosesor Mutakhir 
Sebagaimana diketahui ZenFone 5 bekerja dengan Snapdragon 636 yang menawarkan performa hingga 75 persen lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 625. ASUS membuat performa makin baik dengan RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 GB. Grafis yang dipakai juga cukup menarik yaitu chipset Adreno 509 yang performanya meningkat 10 persen lebih baik dibandingkan versi 308. Dapat dipastikan bahwa, baik kinerja maupun layar akan memberikan pengalaman yang tiada tandingan. 

Galip dengan bangga menyebut, “ASUS ZenFone 5 juga telah dilengkapi dengan dengan teknologi quick charge dan AI Charging untuk membuat masa pakai baterainya (lifespan) bertahan lebih panjang. Dengan baterai sebesar 3.300 mAh, perangkat ini telah di-support adapter 18W untuk memaksimalkan proses pengisian baterainya,” 

Sementara ZenFone 5Z datang dengan dapur picu Qualcomm Snapdragon 845 pertama di Indonesia. Kejutan yang dihadirkan ASUS dengan ZenFone 5Z ini memang bukan main-main di mana merupakan smartphone dengan prosesor Snapdragon 845 yang dijual dengan harga sangat murah dibandingkan kompetitor yang bermain dengan rentang harga di atas Rp 10 jutaan untuk prosesor yang sama. 
ASUS Indonesia menyiapkan kejutan manis untuk kamu yang ingin memiliki ZenFone 5 dan 5Z. ZenFone 5 sendiri akan dijual sangat murah yaitu Rp 3,999 juta melalui flash sale di JD.ID dan Lazada pada tanggal 30 Mei dan 6 Juni 2018. Kamu masih bisa mendapatkan produk ini setelah flash sale dengan harga normal Rp 4,299 juta. ZenFone 5Z akan dijual dengan bebas pertengahan Juni dengan harga Rp 6,499 juta untuk RAM 6 GB dan memori internal 128GB, dan Rp 7,499 untuk RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Kamu tertarik meminangnya?


SHARE THIS

Author:

Teacher Blogger and Gadget Reviewer | Penulis Fiksi dan Penggemar Drama Korea | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread | Contact: bairuindra@gmail.com

0 komentar: