Ramadan Ekstra : Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia

Bulan puasa sebentar lagi tiba. Biasanya, saya menyiapkan beberapa keperluan untuk menyambut bulan puasa. Kalau di Aceh itu ada tradisi meugang, sebelum puasa, di mana makan daging bersama keluarga dua hari atau sehari sebelum puasa. Silaturahmi ke tetangga dan juga sanak famili juga dilakukan untuk saling memaafkan agar puasa lebih berkah. Persiapan ini terasa benar-benar seru dan mengasyikkan dan hanya terjadi di lingkungan kami orang Aceh saja.
  
Begitu memasuki Ramadan, kebutuhan harian juga banyak sekali baik untuk berbuka dan sahur. Saya biasanya – juga – menyiapkan beberapa kebutuhan untuk berbuka dan sahur; baik itu cemilan tengah malam maupun makanan ringan lain. Di awal puasa pula, saya telah merencanakan apa yang harus dibeli untuk kebutuhan lebaran nanti, cepat dibeli artinya harga murah dan membuat nyaman ‘isi’ dompet yang mau tidak mau lebih besar pengeluarannya selama bulan puasa. Ramadan menjadi lebih santai dan tidak lelah ke sana sini untuk mendapatkan barang belanjaan karena saya telah memiliki cara lain dalam berbelanja. Sistem daring adalah cara yang enjoy, santai dan juga tidak terburu-buru sehingga saya bisa mendapatkan barang dengan mudah, cepat dan juga murah. 

Belanja daring selama Ramadan juga lebih terasa indahnya manakala mendapatkan diskon atau promo untuk produk yang telah lama diincar. Ramadan ekstra bisa disebut demikian di mana saya benar-benar bisa memfokuskan diri dalam menunaikan ibadah dan berbelanja kebutuhan harian serta lebaran. Ramadan yang ekstra ini tidak hanya menguntungkan saya secara lelah badan keliling toko tetapi bagian lain yaitu tidak ‘ngidam’ mata di mana kalau keluar rumah selalu saja ini beli ini dan itu, padahal setelah berbuka sama sekali tidak tersentuh. 

Selama bulan puasa sampai jelang lebaran, tidak bisa dipungkiri kalau banyak sekali penawaran menarik. Kita bisa mendapatkan barang-barang dalam setengah harga atau persentase diskon lainnya. Namun, meskipun banyak sekali diskon kita harus bijak juga dalam membelanjakan uang yang tersisa. Apalagi kalau belanja online itu kadang ada saja produk yang lewat dengan diskon besar. Mau beli tapi butuh. Mau nggak diambil nanti menyesal. Salah satu toko yang kerap menawarkan diskon besar di Ramadan adalah Tokopedia. Sebelum kalap, inilah tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia: 

Bandingkan Harga Setiap Toko Online di Tokopedia 
Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas. 

Pilih Produk Berkualitas dari Kreator Lokal 
Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring. 

Cari Toko Online Terdekat 
Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik. 

Pilih Cara Pembayaran yang Tepat 
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online. 

Pilih Metode Pengiriman Paling Efisien 
Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita. 

Manfaatkan Promo dan Diskon 
Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra. Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special? 
Kejutan Ramadan itu paling asyik kalau tiba-tiba mendapatkan tawaran menarik atau promo sebuah produk. Tokopedia datang dengan Ramadan Ekstra di mana kita bisa mendapatkan flash sale dengan harga menarik, eksta kejutan pada jam-jam tertentu, ekstra bonus produk digital serta produk ekslusif Ramadan dan promosi ini dahsyatnya itu tanggal 25 Mei 2018!

Comments