Monday, June 4, 2018

Honor 9 Lite Bodi Kaca Mewah Bagai Cermin dengan 4 Kamera

Saat memegang bodi dengan warna kebiruan itu, saya merasa sedang menyentuh kaca halus dan elegan. Saya benar-benar suka dengan pemilihan bahan untuk menutupi perangkat keras di dalam smartphone terbaru ini. Keseimbangan bahan dan warna juga sangat kontras sekali sehingga membuat saya enggan untuk berpaling. Saya pikir kemudian, inilah smartphone yang akan menjadi idaman bagi siapa yang ingin mendapatkan smartphone kelas atas tetapi dengan harga terjangkau.

Honor 9 Lite itulah namanya. Hadir di Indonesia pada 27 Maret 2017 namun aromanya telah lama tercium di mana-mana. Kekentalan desain, pemilihan warna dan bahan dasar smartphone ini membuatnya sangat berbeda. Sekali lihat, barangkali kita akan tergoda dengan sentuhan kaca yang bisa bercermin dengannya. Kelenturan bodi ini menjadi pertimbangan khusus bagi Honor 9 Lite di mana tidak banyak produsen lain yang mau berkorban bodi mewah di smartphone kelas menengah mereka. 

Desain Feminin dan Ramping 
Ramping yang kemudian membuatnya benar-benar terlihat sangat feminin. Layar FullView yang dibungkus dengan ukuran layar 5.65 inci membuatnya tidak terkesan besar juga tidak kecil. Saya bisa menyebut sangat porposional untuk ukuran smartphone kelas menengah yang elit sehingga membuat penggunanya tampil elegan. Slim sudah pasti dan pas sekali dalam genggaman satu tangan. Jika menggenggamnya, Honor 9 Lite memberikan kesan yang benar-benar tak terhingga. 

Halusnya desain Honor 9 Lite memberikan wajah yang benar-benar alami. Bodi kaca membuat pengguna bebas untuk ‘bercermin’ di bagian belakangnya. Pemilihan bahan yang tepat memang perlu, hanya saja saya harus lebih hati-hati dalam menggenggam smartphone ini di mana mudah sekali lepas dari genggaman. 

Dual camera belakang diletakkan di sisi kiri dalam bentuk horizontal dan lampu LED di sampingnya kanannya. Sensor sidik jari diletakkan di bagian tengah beberapa centi jaraknya dari sensor kamera. Sedangkan logo khas ‘honor’ berwarna putih terlihat dalam model huruf keren di bagian tengah bawah. Logo ini juga terdapat di bagian tengah bawah depan layar dengan warna yang sama. 

Dapur Picu dan Media Penyimpanan 
Penilaian pertama saat membeli smartphone saat ini adalah dapur picu atau prosesor yang digunakan. Selain besar RAM dan juga media penyimpanan karena semuanya berkaitan erat dalam menjalankan sistem operasi. Android O telah telah terintegrasi dengan interface khas Honor EMUI8.0 berjalan atas prosesor dari Huawei, Kirin 659, dengan kecepatan kinerja Octa-core. Prosesor Kirin selama ini juga telah menjadi daya tarik tersendiri dan pemakaian prosesor ini di Honor 9 Lite tak lain karena smartphone dengan merek dagang ‘honor’ masih satu atap dengan Huawei – anak perusahaan yang berbasis di China ini. 

Smartphone dengan berat 149 gram ini memiliki RAM sebesar 3 GB dan media penyimpanan internal sebesar 32 GB. Dalam hal media penyimpanan, Honor menyediakan slot memori eksternal sampai 256 GB. Slot memori ini bisa digunakan secara bergantian dengan kartu SIM. Jadi, pengguna bebas mau menggunakan Sim Card atau SD Card. 

Dapur picu yang kencang juga harus didukung oleh koneksivitas yang baik. Honor 9 Lite akan bekerja dengan baik pada jaringan 2G, 3G dan juga 4G LTE. Penyambungan internet lain adalah melalui Wi-Fi dengan penetrasi jaringan pada 802.11 b/g/n yang dipercaya mampu berjalan maksimal dalam mengunduh dan menginput data ke internet. 

Honor memberikan hal menarik dalam segi baterai di mana Honor 9 Lite memiliki kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh dengan waktu isi daya sekitar 2,5 jam. Baterai smartphone ini dipercaya dapat bertahan lebih lama dan mendukung pekerja di luar ruangan. 

Dual Camera yang Menggoda 
Sisi kamera sebuah smartphone selalu menjadi pertimbangan khusus. Honor tak luput dari hal ini dengan menanamkan dual camera pada Honor 9 Lite. Smartphone yang berada di kelas menengah ini menarik perhatian pada bagian kamera. Sensor kamera yang digunakan terdiri dari 4, dua di belakang dan dua di depan. 

Kamera utama memiliki resolusi 13 megapixel yang mampu menangkap objek dalam bingkai 4160x3120 pixel dan rekaman video 1920x1080. Kamera lain dengan besar 2 megapixel dalam menangkap objek blur sehingga bokeh didapat dengan baik. Keunggulan dari kamera utama ini adalah AF/PDAF focus mode, wide aperture mode dan portrait mode, serta terdapat lampus flash. 

Kamera depan juga memiliki resolusi yang sama yaitu 13 megapixel dan 2 megapixel dengan keunggulan FF focus mode, portrait mode, gesture control namun tidak memiliki lampu flash. Kamera depan ini bisa diandalkan untuk penggemar selfie karena terdapat fitur beauty yang membuat hasil swafoto lebih cerah dan indah. 

Bagaimana Hasil Foto Honor 9 Lite? 
Dalam hal fotografi, Honor 9 Lite saya pikir dapat diandalkan dengan baik. Kecerahan dan fokus dapat ditangkap sewajarkan oleh sensor kamera smartphone ini. Saya telah mencoba memotret beberapa objek dengan hasil yang tidak mengecewakan. 









 
Kesimpulan dan Rekomendasi 
Honor 9 Lite satu di antara smartphone kelas menengah yang menghadirkan desain menarik, elegan dan mewah. Desain yang ramping dan slim serta bodi kaca membuatnya memberikan kesan berkelas meskipun disandingkan dengan smartphone lain dengan rentang harga berbeda. Kualitas kamera juga bisa dijadikan pedoman dalam mendapatkan smartphone ini. Bagi penggemar smartphone ‘imut’ namun FullView, Honor 9 Lite adalah pilihannya. Honor Indonesia menawarkan harga yang menarik untuk smartphone ini yaitu, Rp 2.499.000 setelah peluncuran lalu. Apakah Anda tertarik meminangnya?

SHARE THIS

Author:

Teacher Blogger and Gadget Reviewer | Penulis Fiksi dan Penggemar Drama Korea | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread | Contact: bairuindra@gmail.com

0 komentar: