Thursday, June 7, 2018

Imut dan Ringan, Inilah Smartphone Rp 1 Jutaan untuk Temani Lebaran Kamu


Begitu saya genggam, kesan pertama adalah imut dan ringan sekali. Saya suka desain yang imut begini karena selain ramah kantong celana juga memiliki kesan tersendiri saat dilihat. Perpaduan warna biru yang elegan juga menambah nilai jual dari smartphone yang baru saja diluncurkan di Indonesia ini. Layar kekinian dengan rasio 18:9 membuat multimedia menjadi paling menguntungkan sepanjang waktu.

Saat mengobrak-abrik fitur-fitur yang terdapat dalam smartphone yang akan dilepas dengan harga murah ini. Tak ayal, interface yang menarik dan juga gesit dalam berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain membuatnya makin menarik. Inilah dia Honor 7A dengan bodi slim, layar kekinian, kamera bokeh dan juga spesifikasi gahar di kelasnya.

Dapur Picu Kuat Dibalut dengan Bodi Solid
Jika dilihat sepintas, Honor 7A adalah smartphone dengan kekuatan yang biasa saja. Kenapa saya sebut demikian? Pertama soal harga dan kedua mengenai bodinya yang terbilang biasa di pasaran. Namun, bukan berarti bodi ini tidak memiliki daya tarik, saat digenggam langsung terasa kemewahannya. Pemilihan warna biru saya pikir sangat cocok untuk menyasar generasi muda saat ini. Warna yang akan membawa suasana lebih adem dan juga nyaman saja digenggam karena kesan mewah itu tadi.

Honor 7A didukung oleh dapur picu lumayan kencang di kelasnya yaitu Snapdragon 430 di mana saat bekerja cukup baik. Dalam mendukung kinerja, RAM sebesar 3 GB dan juga memori internal sebesar 32 GB telah tersemat di dalamnya. Jika kamu merasa kurang, media penyimpanan ini dapat ditambah melalui slot yang tersedia sampai dengan 256 GB.

Ciri khas Honor 7A terletak pada interface yang menarik yaitu EMUI versi 8.0 dan juga Android 8.0 Oreo. Perpaduan keduanya cukup baik dalam bekerja dan memberikan sentuhan yang unik dalam tiap ikon. Beralih ke layar sebesar 5,7 inci dengan kerapatan 1440x720 piksel, saya merasa tidak ada kendala berarti karena layar ini cukup baik dalam memberikan cahaya. Layar sentuh ini juga sangat responsif sehingga menjadikannya nyaman dan aman dalam membuka aplikasi.
Saya sudah sebut, Honor 7A adalah salah satu smartphone imut dan ringan di mana beratnya hanya 150 gram dengan dimensi 152,4 x 73 x 8,05 mm. Saat saya menimbang-nimbang, kesannya tak lain seperti hampir terhempas saking ringannya. Belum ada smartphone di kelas serupa yang memiliki bobot yang sama sejauh saya mencobanya – selain smartphone yang belum pernah saya pegang. Saya juga terkagum dengan kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh dalam balutan bodi yang demikian. Baterai ini juga memiliki fitur isi daya cepat di mana hanya dalam 180 menit telah terisi sampai penuh.

Bicara baterai, Honor 7A memberikan kenyamanan tersendiri baik itu berselancar di dunia maya maupun untuk multimedia dan bermain game. Meskipun bukan smartphone yang diunggulkan dalam soal ketahanan, baterai yang dimilikinya cukup mampu bertahan seharian untuk menonton video maupun mendengar lagu. Di sisi lain, saat bermain game dalam waktu lebih lama, baterainya juga tidak menjadi panas seketika.

Kinerja yang baik itu didukung oleh dua kartu telepon dalam ukuran nano yang bisa dialih-fungsinya, salah satunya menjadi slot microSD. Koneksivitas di jaringan ini adalah sampai kepada 4G LTE yang membuat internet makin kencang. Selain mengandalkan jaringan seluler, Wi-Fi juga bisa diandalkan dan cukup baik bekerja dengannya. Untuk pengiriman data,  fitur pendukung seperti Bluetooth bisa kamu andalkan juga.

Kunci Layar Responsif dan Nyaman
Saya sempat berpikir, tidak mungkin Honor 7A memiliki sensor sidik jari ataupun pengenal wajah. Tetapi keraguan itu langsung hilang saat menemukan kedua sensor ini telah tersemat dalam smartphone murah tersebut. Tidak mudah memang untuk menyertakan kedua sensor untuk smartphone di bawah Rp 2 jutaan tetapi Honor 7A telah memilikinya.

Kunci layar dengan PIN atau pola mungkin sudah sangat biasa. Belakangan, kunci layar telah berganti dengan sidik jari dan juga sensor wajah. Kedua kunci layar ini telah dimiliki oleh Honor 7A dan membuat saya kagum dengannya. Bagaimana tidak? Saat saya menerapkan sensor sidik jari, gerakannya begitu cepat dan gesit. Saya memberikan nilai terbaik atas responsifnya buka layar melalui fingerprint ini.

Layar smartphone langsung terbuka dalam persekian detik dengan sidik jari. Demikian pula saat saya mengaktifkan fitur pengenal wajah, kerjanya juga sangat cepat begitu layar smartphone dihadapkan ke wajah yang telah terkoneksi dengan sistem. Ini adalah terobosan terbaik yang dilakukan Honor 7A untuk smartphone kelas menengah ke bawah.

Kamera Bening untuk Kaum Milenial
Kamera adalah sasaran empuk untuk menarik minat pengguna. Di kelasnya, Honor 7A membawa kamera terbaik dalam wujud dual camera di sisi belakang dan satu kamera di depan. Kamera utama adalah sebesar 13 MP yang mampu menangkap objek dengan baik dan detail. Kamera pendukung adalah sebesar 2 MP untuk mendapatkan hasil foto bokeh atau blur yang juga tidak bisa diabaikan begitu saja, bahkan kesan ini wajib dimiliki untuk melawan smartphone lain yang telah menerapkannya. Untuk kamu yang suka selfie, kamera depan sebesar 8 MP juga menjadi pilihan di mana dapat diatur kekontrasan warna sehingga selfie jadi lebih bercahaya.

Saya telah mencoba beberapa kali potret dengan kamera Honor 7A dan hasilnya tidak begitu mengecewakan. Di kelasnya, kamera ini bisa diandalkan baik untuk foto panorama, foto bokeh maupun foto selfie.






 Saat kamu memilikinya nanti, fitur kamera ini bisa diandalkan dengan baik dan dapat dimaksimalkan untuk mendapatkan objek terbaik pula. Saya percaya bahwa Honor 7A akan menjadi teman generasi milenial yang gemar swafoto maupun suka sekali dengan foto bokeh.

Harga dan Rekomendasi
Honor 7A terbilang berani dalam menyebut harga di mana cukup murah di kelasnya. Saat peluncuran, Honor 7A dijual dengan harga Rp 1,899 juta. Patokan harga demikian bisa menjadi pertimbangan kamu dalam meminangnya. Sejauh pemakaian yang saya lakukan, kondisi normal, Honor 7A memiliki performa yang baik di kelasnya dan juga memiliki ketahanan yang kuat seharian. Selain itu, bokeh kamera juga sangat mampu diandalkan untuk kamu yang gemar berfoto demikian. Jadi, untuk harga yang pas di kantong ini, Honor 7A cocok menemani kamu saat lebaran nanti!

SHARE THIS

Author:

Teacher Blogger and Gadget Reviewer | Penulis Fiksi dan Penggemar Drama Korea | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread | Contact: bairuindra@gmail.com

2 comments:

  1. Ga nahan lihat foto selfienya Cik Gu... Mau pake kamera hape apapun tetep ...... (isi sendiri deh) :-D

    ReplyDelete
  2. Bang Dwi terlalu jujur dalam menilai hahaha

    ReplyDelete