Nova 2i, si Gagah Huawei dengan Kamera Bokeh Terbaik

Bicara kamera smartphone ‘bokeh’ saat ini telah menjadi sebuah keharusan. Fitur bokeh atau bagian belakang – backgound – tersamarkan seolah-olah menjadi sebuah fitur yang mewah. Fitur blur ini biasanya kita temui di kamera DSLR atau sejenisnya. Di mana fokus kepada objek lebih baik sedangkan pada panorama dikaburkan. Seiring perkembangan zaman, fitur blur ini telah masuk ke dalam perangkat komunikasi, smartphone, dengan berbagai penyempurnaan untuk menunjang gaya hidup pengguna. Salah satu smartphone dengan fitur bokeh terbaik yang telah diluncurkan di Indonesia adalah Huawei nova 2i.

Smartphone kelas middle end dari pabrikan China ini memberikan keseriusan dan kesegaran dalam foto bokeh maupun selfie. Huawei terlihat tidak main-main dalam hal fotografi di kamera smartphone. Meski berada di kelas menengah tetapi nova 2i mampu menghadirkan spesifikasi yang mumpuni, terutama pada sisi kamera. Material nova 2i juga enak digenggam dan nyaman untuk dalam segala kondisi, tidak begitu licin dan juga tidak begitu kasar. nova 2i yang saya pegang adalah warna hitam (Graphite Black), namun di pasar nanti kamu akan menemukan warna lain seperti Prestige Gold dan Aurora Blue. 

Begitu dipegang, nova 2i teras lembut namun gagah di sisi berbeda. Hitam menjadi warna yang universal namun tidak melepas kelembutan dari sisi bodi yang ramping. Huawei cukup percaya dengan desain gagah pada nova 2i. Penempatan kamera yang vertikal dengan fingerfrint di bawahnya juga menjadi sebuah hal yang indah. Di mana, pengguna dengan mudah membuka kunci atau mengoperasikan kamera melalui sensor sidik jari ini. Desain yang enak digenggam ini menjadikan nova 2i cocok untuk pria dan wanita. 

Saya mencoba beberapa fitur dari smartphone dengan ukuran layar 5,9 inci ini. Multitasking cukup baik dengan baik CPU octa-core dari Huawei Kirin 659 dengan kecepatan kinerja 1,7 GHz. Huawei cukup percaya diri dengan membenamkan RAM sebesar 4GB untuk membantu penetrasi kinerja lebih baik. Media penyimpanan internal juga menjadi perhatian dengan kesediaan sebesar 64GB dan bisa ditambahkan melalui slot penyimpanan eksternal sampai 128G. 

nova 2i termasuk smartphone yang layak dengan baterai 3340 mAh. Saya mengulik kecepatan dan ketangkasan dari smartphone ini namun memfokuskan diri pada sisi kamera. nova 2i dibekali kamera belakang (rear camera) sebesar 16MP dan 2MP, kamera depan (front camera) sebesar 13MP dan 2MP. Jadi, nova 2i ini memiliki 4 kamera dengan keunggulan masing-masing. 

‘Bokeh’ yang Alami dari Huawei nova 2i 
Fitur bokeh dari smartphone Huawei nova 2i bisa diandalkan baik untuk kamera belakang dan kamera depan. Saya mencoba fokus pada satu objek dalam jarak beberapa meter dan hasilnya cukup memuaskan. nova 2i mampu menghadirkan foto terbaik dengan detail yang terlihat pada gambar di bawah ini. Objek yang menjadi fokus tidak seperti tempelan tetapi benar-benar mengalami latar belakang yang disamarkan. Sehingga, objek foto menjadi benar-benar menarik. 

Dalam jarak yang dekat, fitur bokeh juga memperlihatkan hasil yang maksimal. Jika biasanya fitur bokeh lebih memfokuskan diri pada objek yang jauh, saya mencoba untuk memotret objek yang dekat. Hasilnya, detail gambar benar-benar terlihat asli dan blur di bagian latar belakang sangat alami. Meski objek yang saya ambil adalah minuman es tetapi cukup mampu mewakili fitur bokeh yang selama ini diidamkan. 
Orang adalah objek terbaik untuk sebuah foto smartphone. Saya masih mengaktifkan fitur bokeh untuk memotret teman yang seolah sedang meniup minuman es. Blur pada bagian latar belakang tampak begitu manis dan objek yang menjadi fokus juga tidak mengalami keburaman yang berarti. nova 2i sangat bisa diandalkan untuk mengabadikan momen dalam fitur bokeh yang dimilikinya. 
Fitur bokeh bisa diaktifkan dan juga tidak untuk mendapatkan foto terbaik. Saran saya, kamu bisa mengaktifkan fitur bokeh untuk mendapatkan foto yang benar-benar fokus ke objek dan latar belakang yang disamarkan. Namun, untuk mendapatkan foto landscape terbaik, fitur ini bisa dimatikan agar ruang yang menjadi objek cukup baik masuk ke dalam kamera. 

Objek Dekat Tanpa Fitur ‘Bokeh’ 
Saya kira, tidak hanya fitur bokeh yang menjadi andalan dari Huawei nova 2i. Saya mencoba mematikan fitur bokeh dan bermain-main sebentar dengan kamera didekatkan pada objek. Hasilkan cukup memuaskan di mana objek dapat difokuskan dengan baik di mana lensa kamera dengan cepat mengunci objek. Saya mengambil gambar pertama ini di bawah matahari yang terik, namun fokus objek pada bunga ini benar-benar detail dan bagian belakang disamarkan. Fokus seperti ini sebenarnya hanya perlu ketelitian dan fokus kamera yang tepat sehingga objek yang ditangkap tampak alami. 
Di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup (tanpa bantuan sinar matahari), fokus pada objek juga tampak alami. Detail dari kamera nova 2i pada objek yang terlihat pada gambar ini patut diacungi jempol. Fokus yang baik dan paduan warna yang tepat dari objek masuk begitu cepat ke dalam lensa kamera. Triknya sangat mudah hanya dengan mendepatkan kamera ke objek lalu klik. 
Jika fokus di luar ruangan terjadi secara alami karena bantuan sinar matahari, maka fokus di dalam ruangan pada objek serupa, yaitu bunga juga tidak kalah bagusnya. Objek foto yang baik dapat bersahabat dengan lensa kamera karena pembiasaan dan juga cara memotretnya. Orang awam pun mampu mengambil objek seperti gambar di bawah ini asalkan benar-benar fokus, dan nova 2i dapat membantu mengunci objek tersebut. 

Fokus di atas objek adalah tips terbaik dalam fotografi. Meski gambarnya biasa saja tetapi jika difokuskan dengan baik akan mendapatkan hasil terbaik pula. nova 2i mampu menangkap objek sekali klik saja pada segelas kopi susu ini. perpaduan warna antar kopi susu dengan alas tampak begitu menyatu. Gambar ini diambil tanpa fitur bokeh dan hasilkan benar-benar alami. 
nova 2i tanpa fitur bokeh juga dapat diandalkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Fokus pada objek mampu menghasilkan foto terbaik, lalu bagaimana dengan di dalam ruangan? 

Fokus di Dalam Ruangan 
Klik objek di dalam ruangan memang gampang-gampang susah. Namun saya percaya bahwa dengan kamera terbaik hal tersebut bisa menjadi mudah, meski tidak dilakukan oleh fotografer profesional. nova 2i mampu menangkap hasil foto terbaik meski di dalam ruangan yang benar-benar minim cahaya. Foto ini saya ambil dalam ruangan yang tidak memiliki pencahayaan cukup. Fokus kepada objek, lampu temaram itu sendiri, tetapi dapat juga menangkap objek di sekitar dengan baik. Gambar ini saya ambil dengan tidak mengaktifkan fitur bokeh. 
Ruangan yang minim cahaya bisa menjadi objek yang sukar mendapatkan hasil terbaik. Saya mencoba mengarahkan kamera nova 2i ke sisi ini dan menangkap hasil lebih baik. Gambar ini diambil untuk mencoba sinkronisasi antara lampu ruangan dengan cahaya yang masuk dari luar. Hasilnya cukup baik untuk kamera smartphone. 
Objek jarak jauh dari dalam ruangan sebenarnya tidak mampu ditangkap dengan baik. Kamera nova 2i cukup baik memperlihatkan detail objek meski dipotret dari lantai dua. Perpaduan warna objek dari jarak jauh cukup mengejutkan untuk ukuran layar smartphone. Saya juga tidak melakukan zoom untuk foto ini. 
Huawei bisa disebut cukup memperhatikan objek di dalam ruangan untuk kamera nova 2i ini. Saya merasa bahwa fitur ini penting karena objek di dalam ruangan cukup menarik untuk difoto. 

Sefie ‘Bokeh’ yang Bening 
Budaya selfie memang telah menjadi kebutuhan. Selfie bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika beberapa waktu lalu untuk mendapatkan hasil foto selfie terbaik harus mengoptimalkan dari aplikasi pihak ketiga. Saat ini sudah dapat dirasakan melalui fitur mode cantik. Di mana hasil foto selfie akan tampak mulus dan bening. Saya mencoba untuk selfie dengan kamera depan nova 2i ini dan hasilnya cukup mengejutkan. Wajah saya terlihat benar-benar cerah dan lebih tampan dari aslinya. Mode cantik ini bisa kamu terapkan dari 0 sampai 10 untuk mendapatkan hasil selfie dalam berbagai kebutuhan. 
nova 2i juga menyematkan foto selfie bokeh yang tak kalah kerennya. Saya mencoba mengaktifkan fitur bokeh pada kamera depan dan hasilkan benar-benar tersamarkan bagian belakangnya. Blur bagian belakang tampak alami sehingga membuat foto selfie jadi lebih baik. Foto selfie dengan nova 2i benar-benar mampu menghipnotis dengan hasil yang lebih baik, lebih bening dan tampak mulus. 

Kebiasaan selfie bagi beberapa orang memang tidak bisa dipungkiri, nova 2i bisa memberikan semangat selfie lebih baik untuk kamu yang gemar melakukannya. 

Kemampuan Lain yang Tak Kalah Baik 
Huawei tampak tidak main-main di pasar menengah ini. Smartphone dengan berbagai fitur kamera terbaik telah disematkan dalam nova 2i. Smartphone ini juga telah mendukung dual sim dengan penetrasi jaringan sampai 4G. Bodi yang elegan namun gagah sekali dengan tekstur lembut yang dimilikinya. Saya pikir, untuk ukuran smartphone 4 jutaan, nova 2i cukup layak dimiliki. 

Interface juga tidak kalah keren dengan EMUI 5.1 yang telah disempurnakan. Layar sentuh yang sangat responsif juga menjadi nilai tambah Huawei nova 2i ini. Bentang layar yang lebar tentu saja cukup baik untuk menikmati hiburan atau sekadar bermain game. 
Huawei nova 2i terbilang mumpuni di kelasnya. Kamu siap untuk selfie bokeh atau selfie cantik? Kamu mau meninggalkan momen bokeh terbaik? Saatnya Huawei nova 2i menunjukkan jalan foto selfie dan bokeh terbaik untuk kamu!

Comments