Tuesday, December 4, 2018

Kapan Harbolnas 2018 akan Berlangsung?

Sejak pertama kali dicetuskan pada tahun 2012 oleh beberapa perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Bukalapak, harbolnas (hari belanja online nasional) dengan cepat menjadi salah satu trending topic di kalangan netizen setiap tahunnya. Tak terkecuali di tahun 2018 ini. Bagi kamu yang bertanya-tanya kapan harbolnas 2018 akan berlangsung? Karena mungkin sebagian di antara kamu ada yang baru mengenal online shop. Kamu bisa mendapatkan info lengkapnya di bawah ini.
Kapan Harbolnas 2018 akan Berlangsung
Kapan Harbolnas 2018 akan berlangsung?


Harbolnas 2018 

Hari belanja online nasional sejak tahun 2012, ketika pertama kali dicetuskan oleh Bukalapak dkk, mengambil sebuah tanggal cantik yaitu tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 (12.12.12). Dan sejak itu setiap tahunnya harbolnas akan diadakan setiap tanggal 12 bulan Desember. Tidak terkecuali untuk tahun ini. 

Walau demikian, bukan berarti promo hanya berlangsung pada hari itu saja. Pasalnya, tanggal 12 Desember adalah momen puncak dari perhelatan promo besar-besaran belanja online ini. Biasanya, hari belanja online nasional berlangsung selama kurang lebih 5 hari berturut-turut dengan puncaknya adalah pada tanggal 12. 

Baca Juga: 

Laptop Gaming Murah dari Keluarga ROG untuk Ayunkan Pedang di Kompetisi Game Dunia


Setiap toko online menawarkan metode yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan promo tematik setiap hari selama 5 hari. Yang dimaksud dengan promo tematik adalah, setiap hari akan ada promo dengan tema yang berbeda-beda. 

Misalnya di hari pertama temanya adalah fashion, kemudian di hari kedua temanya adalah teknologi, lalu di hari ke-3 dan seterusnya tema akan terus berubah. Sesuai dengan temanya, maka produk-produk yang didiskon dan diberikan cashback besar-besaran biasanya adalah yang menyangkut dengan tema tersebut. 

Jika temanya adalah fashion, maka kemungkinan besar produk-produk yang ditawarkan dengan diskon tinggi adalah perlengkapan fashion seperti busana seperti baju wanita, baju pria, pakaian anak, dan juga perlengkapan fashion termasuk alas kaki (sandal dan sepatu). 

Tips Berbelanja Saat Harbolnas 

Semakin banyak orang yang berbelanja di toko online, semakin banyak pula orang yang berusaha mengeruk keuntungan. Yang sayangnya, tidak semua penjual di toko online adalah orang-orang jujur. 

Jadi, sebagai pembeli kita pun tetap harus berhati-hati. Jika tidak ingin tertipu diskon palsu dan berbagai penawaran menarik yang merugikan, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

Belanjalah Hanya di Toko Online yang Terpercaya 

Toko online terpercaya yang punya kredibilitas bagus seperti Bukalapak adalah contoh toko online yang akan melindungi konsumen dan juga penjual (pelapak) dengan peraturan yang jelas, tidak merugikan kedua belah pihak, dan peraturan yang bisa melindungi konsumen maupun penjual.

Jangan Tergiur Diskon Besar

Jangan hanya memandang jumlah diskon yang ditawarkan, melainkan lihat terlebih dahulu harga produk tersebut. Harga produk telah dinaikkan sebelum didiskon.

Baca Deskripsi Produk Secara Mendetail

Karena kadangkala, ada penjual yang memajang gambar smartphone padahal yang dijual adalah casing-nya. Jadi, jangan sampai tertipu. Pastikan kamu membaca deskripsi produk sebelum membeli.

Baca Juga:

ZenFone Max Pro M1 Ubah Era Primitif Gaming Jadi Berkelas


Pilihlah Toko yang Jarang Bermasalah dengan Pengiriman 

Di toko online seperti Bukalapak, ada banyak macam-macam penjual yang ikut menjajakan barang. Sebelum membeli, baca dahulu testimoni orang-orang yang pernah membeli. Dari mereka kita bisa tahu kualitas barang yang dijual, kecepatan pengiriman, dan tingkat layanan yang diberikan.

Buatlah Skala Prioritas

Di harbolnas 2018 nanti. Kamu pasti akan menemukan banyak sekali barang-barang yang dijual dengan harga murah bahkan di diskon gila-gilaan. Jika budget-mu tak terbatas, pastikan kamu punya skala prioritas. Dan belilah terlebih dahulu produk yang paling kamu butuhkan atau inginkan sebelum beralih ke yang lain.

Jangan Ragu-ragu Berbelanja Saat Ada Promo

Karena berdasarkan pengalaman, berbelanja ketika ada promo diskon, cashback besar-besaran, dan gratis ongkos kirim. Seperti momen hari belanja online nasional ini ternyata bisa membantu kita berhemat sepanjang tahun. 

Nah, akhir tahun tentu saja kebutuhan bisa beragam. Apakah laptop terbaik atau smartphone terbaik dan termurah semuanya bisa didapatkan dalam hari belanja nasional ini. Tentu, keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah; murah, cepat, hemat dan beragam produk. Jika di hari biasa kamu tidak mendapatkan harga terjangkau maka saat 12.12 nanti, kamu bisa mendapatkannya dengan harga miring. Kita cukup memainkan 'smartphone' saja di rumah lantas menanti paket kiriman dari kurir yang terpercaya. Belanja sudah terus liburan deh bersama keluarga tercinta!

SHARE THIS

Author:

Teacher Blogger and Gadget Reviewer | Penulis Fiksi dan Penggemar Drama Korea | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread | Contact: bairuindra@gmail.com

2 comments:

  1. Hai mas Bai, salam kenal


    Nice info mas, kok aku baru ngeh ya Harbolnas itu yang nyetusin Bukalapak.
    Btw setuju sama tips-tipsnya mas. Sayangnya Harbolnas sering jadi ajang tipu2nya seller mulai dari markup harga sampai barang yang g sesuai deskripsi. Mumpung Harbolnas yang penting laku dulu. Kudu jeli juga nih kita sebagai konsumen supaya nggak kalap belanja pas Harbolnas nanti.

    ReplyDelete