Tuesday, January 29, 2019

Mengenal Sejarah Baju Cheongsam dan Tips Tampil Cantik Mengenakannya Saat Imlek


Sejarah Baju Cheongsam dan Tips Tampil Cantik Mengenakannya Saat Imlek. Baju Cheongsam dipakai saat Imlek. Baju Cheongsam wajib bagi mereka yang merayakan Imlek. Model Baju Cheongsam untuk pria dan wanita Imlek. 

 Momen Imlek atau tahun baru Cina sudah di depan mata dimana kaum Tionghoa akan merayakan momen pergantian tahun ini. Perayaan ini memiliki beberapa ciri khas salah satunya adalah busana Cheongsam. Cheongsam merupakan pakaian tradisional wanita-wanita Tionghoa yang identik dengan bentuk kerah yang khas.
Baju Cheongsam untuk Imlek - blog.reservasi.com
Menjelang Tahun Baru Imlek pasti banyak pedagang pakaian yang berlomba-lomba menjajakan cheongsam. Meskipun terkesan jadul, namun saat Tahun Baru Imlek masih banyak perempuan yang masih menjadikan cheongsam sebagai busana andalan. 

Apalagi, ​model baju cheongsam  sendiri semakin modern dan unik menyesuaikan perkembangan fashion. Namun, tidak semua tahu lebih dalam mengenai sejarah cheongsam sendiri. Selain itu, sebenarnya ada beberapa beberapa tips bagaimana Anda bisa tampil modern dan super stylish dengan Cheongsam saat Tahun baru Imlek. Oleh karena itu, simak ulasan lebih dalam mengenai ​baju Cheongsam berikut ini.

Baju Cheongsam Berusia Ratusan Tahun 

Baju Cheongsam mempunyai nama lain yakni qipao. Pakaian khas perempuan Tiongkok ini memiliki model dengan siluet yang mengikuti lekuk tubuh dan dilengkapi dengan kerah dan kancing khusus yang disebut dengan shanghai.

Busana ini mulai dikenal dunia sejak tahun 1920 -1949 dan menjadi pakaian perempuan di seluruh daratan Tiongkok. Namun, keberadaannya sudah sejak tahun 1636, tepatnya saat pemerintahan Manchu. 

Sedangkan bagi pria, dinamakan changpao. Untuk modelnya tentu terdapat perbedaan antara zaman dulu dan sekarang ini. Dimana model zaman dulu cenderung berbentuk lebar, tidak mengikuti siluet tubuh, dan panjangnya melebihi mata kaki. 

Selain itu, zaman dulu ​baju cheongsam ​hanya digunakan oleh perempuan berdarah bangsawan.

Siapa Pun Bisa Mengenakan Baju Cheongsam

Cheongsam sempat dilupakan pada saat pemerintahan komunis mulai menguasai Tiongkok. Namun, para imigran yang berasal dari Shanghai membawa pakaian ini pada tahun 1950-an dan menjadi populer kembali di Hong Kong. 

Sejak itu, tak hanya para darah bangsawan saja yang boleh mengenakan baju ini, tetapi siapapun sudah bisa mengenakannya. 

Baca Juga: 

Suara Cantik di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

Para perempuan Hong Kong sendiri juga menggunakannya saat bekerja dengan memadukan cheongsam bersama jaket atau kardigan.

Kini, para perempuan di Tiongkok menjadikan cheongsam sebagai busana andalan untuk berbagai acara, seperti acara kenegaraan, pernikahan, hingga kontes kecantikan. 

Bahkan, ada pula profesi yang menggunakannya menjadi seragam seperti pramugari, staf hotel, pramusaji resto, dan lain-lain.

Tips Tampil Cantik Mengenakan Cheongsam

Cheongsam erat kaitannya dengan kesan vintage mengingat busana ini sudah ada sejak tahun 1920-an. Meskipun demikian, Anda wajib memadukan style ini dengan make up yang modern. 

Namun, usahakan tampilan yang dihasilkan tidak terlalu berlebihan. Apalagi akhir-akhir ini tren make up make up flawless look sedang menjadi tren.

Baju Cheongsam memang identik dengan kerah yang tinggi sehingga sebaiknya hindari aksesoris kalung saat mengenakannya. 

Jika memang ingin memadukannya dengan aksesoris sebaiknya kenakan gelang atau cincin dan bisa pula headpiece.

Umumnya, saat mengenakan busana ini para wanita akan memilih tata rambut cepol atau sanggul. Nah, asalkan sesuai dengan busananya, Anda tetap bisa mencoba style rambut lain. 

Biasanya, untuk tampil lebih modern dengan Cheongsam alternatif tata rambut yang bisa dipilih ialah gelombang terurai atau kepangan.

Selama ini untuk pilihan warna Cheongsam memang didominasi warna oleh satu warna saja yakni merah. Namun, seiring pesatnya perkembangan fashion, kini Anda juga bisa bereksperimen dengan mengemas Cheongsam dalam berbagai warna dan model lainnya. 

Pilihan yang lebih variatif bisa Anda temukan di situs belanja online terlengkap Bukalapak. Pasar online tersebut menjamin keamanan transaksi dengan server yang sangat stabil.

SHARE THIS

Author:

Teacher Blogger and Gadget Reviewer | Penulis Fiksi dan Penggemar Drama Korea | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread | Contact: bairuindra@gmail.com

0 komentar: