Nggak Zaman Lagi Main Game Pakai HP Mahal


Anak-anak dan remaja tak lain pemain game ulung saat ini. Tentu saja, mereka tidak mampu membeli smartphone sendiri. Usia yang masih tergantung kepada orang tua, mau tidak mau orang tua yang akan membeli smartphone untuk mereka seiring kebutuhan dan perkembangan zaman. Jauh sebelum gaming di smartphone menjadi sangat populer, konsol game di tempat penyewaan telah usang dielus tangan mereka sepulang sekolah. Game-game legendaris seperti DOTA, Winning Eleven maupun Final Fantasy menjadi makanan sehari-hari bahkan sampai mereka hapal alur ceritanya.

ZenFone Max M2 diperuntukkan kepada gamer - Bai Ruindra

Tak bisa dihitung lagi lembaran lima ribuan raib entah ke mana. Pokoknya, konsol game harus mereka pegang meskipun permainan itu berulang-ulang. Aroma itu kemudian berubah saat mobile game menjadi populer dan mudah diakses oleh siapa saja. Coba lihat orang tua yang tidak memberikan smartphone untuk anak mereka. Di dalamnya, pasti akan terunduh satu atau lebih game online maupun offline. Begitu terus terjadi sampai usia mereka meluangkan waktu untuk memegang ponsel pintar sendiri – sekali lagi meskipun orang tua yang membelinya.
Main game di ZenFone Max M2
 Gamer di era smartphone saling tikung dengan pengguna aktif media sosial. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017 menunjukkan bahwa 54,13% pelaku internet adalah bermain game. Pertumbuhan yang signifikan ditandai dengan ragam game dan update yang dihadirkan oleh pengembang. Game populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor maupun PUBG telah menjadi buah bibir di kalangan mereka sendiri.
Data pengguna smartphone main game tahun 2017 - APJII
Mudahnya akses. Mudahnya perangkat. Biaya internet murah. Mudah didapatnya Wi-Fi. Tak lain, sekian alasan mengapa anak-anak dan remaja cenderung menjadi pelaku – gamer – profesional sejauh ini. Orang dewasa barangkali ‘hanya’ memainkan game saat senggang saja karena disibukkan oleh pekerjaan. Orang dewasa cenderung lebih banyak membaca daripada bermain game karena kebutuhan pekerjaan dan lain-lain. Maka, saat demikian, orang tua akan mengelontorkan dana khusus agar anak-anak mereka memiliki smartphone.

Saat itu tiba, orang tua tentu saja tidak akan membeli smartphone mahal karena dalam pemikiran orang dewasa ini, apapun smartphone yang dibeli kebutuhannya paling ‘itu-itu’ saja. Meskipun, orang tua paham dan tahu soal game tetapi urusan mengerti sampai ke akar-akarnya hanyalah sebagian kecil. Paling tidak ‘cuma’ tahu bahwa anak-anak bermain game disela-sela waktu belajar mereka. Dan, smartphone Rp 2 jutaan layak untuk menemani hari-hari tersebut; mengingat kebutuhan sekolah masih panjang sekali!

Pemikiran yang bijak dari orang tua akan mengantarkan pilihan anak-anak yang cukup peka perubahan teknologi kepada ZenFone Max M2. Rencana masa depan tidak terganggu, tetapi anak-anak tidak akan lagi merengek dimintakan beli smartphone. Pilihan yang tepat karena ASUS memberikan harga yang murah untuk ponsel pintar khusus gaming tersebut. ZenFone Max M2 paling murah adalah Rp 2.299.000 untuk varian 3GB RAM/32GB ROM dan Rp 2.699.000 untuk varian 4GB RAM/64GB ROM.

Nggak zaman lagi main game di HP mahal; karena banyak pilihan, sesuai kebutuhan dan faktor yang telah saya sebutkan di atas. Jika kamu memiliki anak usia remaja, pilihlah ZenFone Max M2 karena biaya pendidikan makin hari makin mahal. Tak mungkin juga tanpa membekali mereka smartphone di zaman secanggih ini tetapi dengan pertimbangan tersebut, ZenFone Max M2 wajib masuk ke dalam list. Hadiah yang diberikan ini tidak akan mengecewakan mereka karena ketahanan baterai, kuatnya prosesor, maupun kamera yang cukup ciamik di rentang harga tersebut.

Dapur Picu Kuat dan Layar Luas di Harga Murah

Anak-anak dan remaja yang dekat dengan game paham betul soal prosesor sebuah smartphone. ZenFone Max M2 yang dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 632 yang memiliki performa CPU 40% lebih tinggi dan performa GPU 10% lebih baik daripada Snapdragon 626. Prosesor ini juga sangat membantu baterai agar lebih efisien sehingga sangat membantu pengguna dalam beraktivitas. Salah satu alasan mengapa prosesor Snapdragon 632 lebih baik karena dibangun dengan arsitektur ARM 14nm serta penggunaan RAM yang lebih besar yaitu 3GB dan 4GB.

Snapdragon 632 merupakan salah satu dapur picu yang mengalami ‘pengembangan’ lebih besar untuk kelas menengah ke bawah. Prosesor ini termasuk paling banyak dicari karena keunggulan yang dimiliki misalnya gaming lebih cepat, sangat baik dalam mengambil video dengan resolusi 4K, kecerdasan buatan yang sangat membantu kamera maupun kinerja CPU dan GPU serta koneksivitas di jaringan 4G LTE yang lebih stabil. Kinerja lebih baik ini karena prosesor Snapdragon 632 dibuat dengan proses FinFET yang saat dipadu dengan CPU Qualcomm Kryo 250 dan GPU Qualcomm Adreno 506 akan menghadirkan performa yang maksimal. Prosesor ini memberikan performa tinggi, hemat daya dan tidak panas. Jangan sampai kamu kembeli berkeluh bahwa smartphone ASUS cepat panas karena ZenFone Max M2 akan memberikan bukti nyata soal tidak panas itu.

Prosesor Snapdragon 632 juga membantu kinerja kamera tunggal dengan resolusi 24 megapixel maupun kamera ganda dengan resolusi 13 megapixel. Layar yang besar juga menampilkan resolusi sampai dengan FHD+ sedangkan koneksi di jaringan 4G LTE melalui modem X9 LTE yang memiliki teknologi LTE Advanced seperti carrier aggregation. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa dapur picu ini tidak murahan meskipun dipakai oleh rata-rata produk murah. Murah dan berkelas lebih tepatnya sehingga pengguna smartphone lebih leluasa dalam gaming maupun multimedia.
Dapur picu kencang untuk smartphone murah
Ukuran smartphone untuk bermain game saat ini setidaknya di atas 5 inci. ZenFone Max M2 memiliki layar sebesar 6,3 inci dengan HD+ (1520x720 piksel). Pengalaman yang menarik dari layar lebih luas untuk gaming. Aspek rasio 88% menjadi hal yang menghadirkan suasana berbeda. Bodi metal dari smartphone ini juga tidak berat karena hanya memilik ketebalan 7,7 mm yang tampak sangat slim.
Layar lebih luas yang bersahabat dengan gamer
Layar cerah dan nyaman untuk mata menjadi pilihan gamer saat ini. Sekali lagi, bicara kebutuhan dasar dengan rentang harga murah dan kinerja lebih baik ZenFone Max M2 mewakili apa yang dibutuhkan.

Baterai Tahan Lama Itu Penting

Performa yang kuat saja tidak cukup tanpa diikuti oleh daya tahan yang seimbang. Pentingnya ketahanan baterai karena gaming jadi lebih seru dan menjanjikan. ZenFone Max M2 didukung oleh baterai dengan kepasitas 4.000 mAh berjenis lithium-polymer. Baterai tersebut dalam pengujian yang telah dilakukan ASUS mampu bertahan selama 33 hari dalam waktu standby di jaringan 4G. Pengguna juga bebas memutar video selama 21 jam, bebas menggunakan internet melalui jaringan Wi-Fi selama 22 jam dan bermain game 8 jam tanpa henti.
Baterai yang menjanjikan performa terbaik
Gamer tentu lebih membutuhkan baterai efisien daripada keunggulan di bagian lain. Baterai efisien setidaknya akan memberikan pengalaman lebih baik saat bermain game. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa tiap gamer meski mereka dari anak-anak atau remaja akan berganti dari satu game ke game lain dalam jeda tak lama. Dukungan baterai lebih besar menjadi pilihan untuk berlama-lama main game di ZenFone Max M2 ini.

Hadirkan Foto Menarik dengan Kamera EIS

Kamera ZenFone Max M2 menjanjikan hasil foto terbaik
Objek yang baik dan bagus tanpa didukung kamera mumpuni juga akan kaku. ASUS terlihat baik dalam mengembangkan sektor kamera di mana untuk ZenFone Max M2 didukung oleh teknologi Electronic Image Stabilization (EIS). Jarang sekali fitur EIS hadir di kamera smartphone kelas menengah ke bawah. Dengan fitur ini akan dapat menangkap objek seperti kucing di atas.

Kamera utama ZenFone Max M2 adalah 13 megapixel dengan bukaan lensa f/1.8. sedangkan kamera kedua adalah sebesar 2 megapixel. Efek bokeh yang stabil sudah pasti karena EIS namun fitur AI Scene Detection juga akan memperkaya gambar yang diambil. Artinya, saat mengambil foto potrait sekalipun rasanya akan sangat berbeda dan profesional. Efek blur yang natural menjadikan hasil foto lebih alami daripada kebanyakan foto bokeh di kelasnya.

ASUS menyadari bahwa kamera depan juga menjadi pertimbangan khusus sehingga 8 megapixel adalah pilihan terbaik dengan LED Flash. Anak-anak dan remaja yang gemar bermain game juga suka dengan selfie. Maka, hasil foto terbaik dari ZenFone Max M2 bisa mewakili perasaan mereka dikala istirahat dari game.
Maka, siapa yang tidak mau mengambil gambar seindah ini? Meskipun dengan smartphone kelas menengah, kamu masih bisa mengandalkannya.

Bagaimana Kualitas Kameranya? 

Saya telah mengetes beberapa kali kualitas kamera ZenFone Max M2 ini. Saya pikir, hasilnya tidak mengecewakan dan patut diapresiasi untuk sebuah smartphone kelas menengah ke  bawah. Berikut saya lampirkan beberapa contoh foto dari ZenFone Max M2 ini.
Taman di Pullman Jakarta Central Park - Bai Ruindra

Kondisi cahaya terang di Pullman Jakarta Central Park - Bai Ruindra

Bokeh yang keren dari bunga di Taman Pullman Jakarta Central Park - Bai Ruindra

Objek yang bagus di Pullman Jakarta Central Park - Bai Ruindra

Foto selfie dengan mode pengindahan diaktifkan.

Foto selfie dengan pengindahan dinonaktifkan.

Dual SIM dan Android Pure yang Menggoda

Anak-anak dan remaja gemar mengoleksi banyak game? Tentu saja. Mereka bebas berpindah dari satu game ke game lain. Maka, ekspansi terbaik adalah dengan slot microSD. Di ZenFone Max M2 sudah terdapat 3 slot yaitu 2 untuk kartu SIM dan 1 untuk memori eksternal yang bisa ditambah sampai dengan 2 TB.
3 slot yang penting sekali di sebuah smartphone saat ini
Kinerja yang cepat dari ZenFone Max M2 karena Android Pure 8.1. Sistem operasi ini memiliki banyak kelebihan di antaranya menghemat baterai, mempertahankan kinerja CPU dan GPU serta sinkronisasi lebih mudah ke satu akun Gmail.
Kencang salah satu faktor karena Android Pure
Smartphone dengan Android Pure memang lebih ringan. Hal ini juga sangat dibutuhkan oeh gamer yang kerapkali emosi saat kalah. Namun, karena proses yang cepat maka bisa kembali bermain di game yang sama atau berpindah ke game lain. Saya pikir, remaja yang kini memakai smartphone sangat menyenangi kinerja cepat karena mereka memiliki banyak aplikasi dan suka mengobrak-abrik smartphone sesuai selera.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Dengan harga Rp 2 jutaan, ZenFone Max M2 telah mewakili keluh-kesah orang tua yang selalu ingin memberikan smartphone kelas atas kepada anak-anak. ZenFone Max M2 memiliki kelas tersendiri di kalangan gamer karena soal rasa itu pasti beda tetapi soal permainan – game – tetap akan sama. Kamu main Mobile Legends, orang lain juga demikian.

Tetapi, tidak akan ada yang tahu sebelum dikasih tahu kalau kamu memainkan game ini di ZenFone Max M2. Mungkin bedanya, kamu lebih gesit sedangkan orang lain sering tersendat-sendat. Meskipun data di smartphone kamu hampir overload tetapi karena ini adalah ZenFone Max M2 maka akan tetap aman sampai ke finish.

ZenFone Max M2 sangat direkomendasikan untuk sebuah smartphone gaming dengan performa andal tetapi harga sangat kompetitif. Tak banyak produsen yang mau berkorban seperti halnya ASUS tetapi hadirnya smartphone ini memberikan penawaran lebih untuk gaming lebih seru dan kantong tidak menjerit!
Bodi belakang ZenFone Max M2 - Bai Ruindra

Model ZenFone Max M2 (ZB633KL)
Display, Resolution 6.3-inch HD+ (1520 x 720) All-screen display LED Backlit IPS LCD,
Capacitive touch panel with 10-point multi-touch
CPU Powerful 14nm Qualcomm Snapdragon 632 Octa Core Processor
GPU Qualcomm® Adreno™ 506 GPU
RAM / Storage LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM
LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM
Supports up to 2TB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)
Rear (main) Camera 13 Megapixel with wide aperture f/1.8
Rear (wide) Camera 2 Megapixel for bokeh mode
Front camera 8MP, F2.0, 77.2 degree view angle with LED Flash
Camera feature PixelMaster 4.0 camera mode: Beauty,
Auto (with HDR features), Selfie Panorama,
GIF Animation AI Camera
with 13 types AI Scene Detection
Wireless WLAN 802.11 a/b/g/n,
2.4HGHz with Wi-Fi Driect
Bluetooth 4.2
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints),
Accelerator, E-Compass, Proximity,
Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM card and SD slot Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA /
4G LTE network band.
But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Network FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM
Data rate:
DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps;
LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPS GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS Pure Android 8.1 Oreo
Battery 4.000mAh capacity
Audio / Microphone 5-magnet speaker with NXP 9874 smart amplifier,
Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology,
FM Receiver
Size / Weight 158 x 76 x 7.7mm / 160 grams
Color Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver

4 Responses to "Nggak Zaman Lagi Main Game Pakai HP Mahal "

  1. Mantap ya bang.. harga murah, fiturnya mantap, kepingin

    ReplyDelete
  2. Mantap nih SMartphone
    aku klo selfie pake ini fiturnya bisa bikin auto ganteng ga yah? heheh
    Semoga kesampaian mas dapet Zenfone MAX M2 nya
    aminnn

    ReplyDelete
  3. Selamat udah mendapatkan hp keren ini bang... Mantap

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel