Kampung Bekelir dalam Warna-warni Pemukiman Bergaya Seni Tinggi


Tiap mau traveling, tak bisa dilepaskan dari budget hemat. Destinasi yang telah ditentukan saja tidak cukup karena tanpa rencana yang matang semua akan sia-sia. Sebelum memulai sebuah perjalanan, saya selalu mencari tips low budget untuk melakukan traveling sendirian. Bukan soal hemat pangkal kaya, tetapi untuk seorang yang gemar jalan-jalan, budget itu begitu sensitif sekali.

Awal tahun, saya pikir tidak ada salahnya untuk traveling yang ‘dekat-dekat’ saja. Sebab, nggak ada yang tahu rencana ke depan. Kalau misalnya di awal tahun sudah terjadi banyak sekali pemborosan, bisa-bisa rencana lain berantakan. Soal traveling ini pula, saya tak hanya berpaku pada having fun semata; seperti istilah anak muda zaman now. Jadi, nggak ke tempat-tempat dengan musik menghentak, nggak ada acara minum-minum sampai galau sepanjang malam, juga nggak ada acara cuci mata di mal.

Kampung Bekelir di Tangerang menjadi salah satu destinasi awal tahun saya. Perkampungan ini berbeda dengan daerah lain, penuh warna dan dekat sekali dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tentu, saya bisa berhemat soal perjalanan panjang dan tidak perlu terburu-buru ke bandar udara.
Kampung Bekelir, Tangerang.
Kampung Bekelir sejatinya sebuah kampung yang unik dan eksotik. Kita akan menemukan tiap dinding dilukis indah dalam bentuk mural. Mural yang ada di sekeliling kampung rupanya dilukis oleh 120 seniman mural seluruh Indonesia.

Saya cukup terhenyak. Takjub. Menarik. Unik dan berbeda dengan daerah lain yang sudah pernah saya singgahi. Begitu masuk ke dalam perkampungan, adalah mural yang berwarna kuning, merah dan biru yang akan diinjak. Lukisan yang ada di sekeliling tempat ini beragam. Saya menemukan sayap kupu-kupu, lukisan abstrak, ataupun atap warna-warni.

Baca Juga:

Hotel Dekat Bandara Soekarno-Hatta; Sensasi Kota Tangerang dan Ketepatan Waktu


Destinasi yang dekat dari bandar udara begini memang punya cita rasa tersendiri. Penginapan yang beragam di dekat bandara juga menjadi pilihan terbaik. Saya bahkan baru tahu kalau di daerah Tangerang begitu banyak sekali destinasi wisata. Biasanya, kita langsung ke Jakarta begitu landing, lalu cek harga big bird bus online dan melupakan Kota Tangerang begitu saja.

Kenapa Mesti Pilih Destinasi Dekat Bandara?

Sebenarnya, apa yang kita abaikan bisa saja menjadi sangat menarik. Kampung Bekelir misalnya, sangat eksotik dan memiliki nilai seni terlalu tinggi. Kita dihadapkan pada perpaduan antara gaya hidup di daerah perkampungan dengan keindahan.
Semua tempat penuh warna di Kampung Bekelir.
Mau pilih tujuan traveling ke tempat yang jauh, sah-sah saja. Namun, apabila transit terlalu lama mungkin saja kita bisa melirik daerah terdekat. Traveling singkat namun bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan. Apalagi  bicara transportasi dari bandara ke tempat wisata yang cukup baik, nggak ada salahnya ke sini daripada menunggu jadwal terbang yang lama di hotel saja.

Dekat Bandara Lebih Hemat

Sambil nyelam minum air. Mungkin demikian. Sekali jalan buat apa disia-siakan begitu saja. Nggak mungkin di lain kesempatan kita akan melakukan hal serupa. Apalagi kalau bicara traveling seorang diri, jadi bebas saja naik taksi ke destinasi wisata, menyusuri keindahan di dalamnya, pulang ke hotel langsung tidur.

Biasanya akan jenuh saja sambil menunggu penerbangan berikutnya di dalam hotel saja. Nggak perlu keluar uang banyak, kita bisa siasati untuk jalan ke destinasi yang dekat dengan bandara. Tak hanya membunuh jenuh tetapi bisa mendapatkan pengalaman berada di tempat-tempat yang jarang terpublikasikan.

Destinasi dekat bandara jadi hemat di ongkos karena taksi pun mudah ditemui. Kita juga bebas mau pulang jam berapa saja karena memang kemudahan akses.
Salah satu yang unik di Kampung Bekelir.

Di dinding banyak pot bunga.

Suasana jalanan di Kampung Bekelir. 


Selain pilih destinasi dekat bandara, sebenarnya apalagi tips low budget untuk orang yang gemar traveling sendirian?

Cari Tiket Pesawat Promo

Kalau mau traveling jangan mendadak langsung jalan. Biasanya, kita akan mendapatkan tiket pesawat yang lumayan mahal. Jadi, kalau mau traveling, pesan tiketnya jauh-jauh hari dan rutin cek promo dari maskapai dimaksud.

Sekarang ini, hampir semua maskapai menawarkan tiket promosi pada bulan-bulan tertentu. Kita bisa berlangganan newsletter, atau follow media sosial mereka untuk mengetahui kapan pembelian tiket promo tersebut. Dengan tiket promo, traveling kita benar-benar hemat.

Cari Kamar Hotel Paling Murah

Tak hanya tiket pesawat, hotel promo pun mudah ditemui saat ini. Melalui aplikasi online yang bisa diunduh gratis, kita bisa mendapatkan potongan harga dalam minimal pemesanan atau tanpa minimal pembelanjaan. Jadi, kita bisa mendapatkan kamar hotel dengan harga yang miring.

Promo hotel ini juga banyak sekali dan hampir tiap bulan. Dengan promo dan ambil hotel paling murah, kita bisa sangat berhemat.

Cari Makan 'Paling' Murah

Makanan murah itu ada di mana-mana. Kita tinggal pilih makanan mana yang aman dan sehat. Soal makanan ini bisa jadi besar sekali pengeluarannya karena kita makan sehari 3 kali. Tetapi, dengan mengatur tempat yang sesuai kita bisa berhemat soal budget.

Jangan malu bertanya tempat makan yang enak dan murah. Biasanya, tempat makan populer menjadi tujuan traveler. Jadi, kita bisa ke sana.

Cari Teman Sekamar

Teman sekamar bukan berarti harus jalan bersama. Teman sekamar bisa untuk menekan biaya sewa kamar. Jadi, kalau ada teman sekamar kita bisa bagi dua meskipun nantinya jalan ke tempat berbeda.

Cari Oleh-oleh Termurah

Oleh-oleh bagian ‘terpenting’ kalau sudah pulang dari jalan-jalan. Bisa beli, bisa juga tidak. Namun, untuk saya pribadi tetap beli meskipun hanya sedikit. Nanti, sesampai di rumah, keponakan yang kecil-kecil tidak kecewa begitu tahu kita sudah pulang.

Meskipun sering jalan, oleh-oleh bisa didapatkan di mana saja. Oleh-oleh yang berbeda atau unik dengan harga murah bisa menjadi cendera mata untuk sanak-keluarga yang selalu mendoakan perjalanan kita.

Saat ini, hampir semua orang membutuhkan informasi berupa tips low budget untuk melakukan traveling sendirian. Barangkali, tips dari saya bisa berguna dan diterapkan untuk perjalanan berikutnya.

0 Response to "Kampung Bekelir dalam Warna-warni Pemukiman Bergaya Seni Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel