Mie Aceh dengan Bumbu dan Cara Masak Terbaik yang Tak Boleh Dilewatkan


Mie Aceh tak lain makanan khas dari Aceh. Dibuat dengan rempah pilihan menjadikan mie Aceh sebagai salah satu kuliner terkenal di Indonesia. Mie Aceh bisa dibeli dengan mudah jika di Aceh. Tempat kuliner Mie Aceh terkenal antara lain Mie Razali maupun Mie Midi yang cukup ramai tiap waktu. Cara membuat Mie Aceh yang lezat dan enak sebenarnya banyak sekali. Cita rasa Mie Aceh cukup menggoyang lidah sehingga banyak orang ingin kembali mencicipinya.
Mie Aceh yang lezat.

Mie Aceh biasa atau Mie Aceh luar biasa, sangat populer di kalangan pecinta mie. Mie Aceh pada dasarnya dibuat dengan rempah atau bahan dan bumbu yang beragam. Mie Aceh juga enak disantap dengan tambahan daging kambing, daging sapi, udang maupun kepiting. Mie Aceh juga dibuat sesuai selera seperti Mie Aceh rebus, goreng basah maupun mie goreng.

Populernya Mie Aceh karena bumbu yang kental sekali atau rasa pedasnya. Mie Aceh bisa disebut sebagai kuliner utama yang paling dicari oleh banyak orang. Perbedaan Mie Aceh dengan mie pada umumnya, selain bumbu, juga terletak pada cara membuatnya. Mie Aceh selain membeli di tempat khusus juga bisa dibuat sendiri dengan mudah.

Cara membuat Mie Aceh sebenarnya gampang sekali. Jika di Aceh, beli saja Mie Aceh yang sudah digiling di pasar beserta bumbunya. Penjual di pasar sudah tahu takaran 1 kilogram mie dengan bungkusan bumbu siap masak. Harga mie kiloan ini bervariasi, mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000, sudah dengan bumbu.

Bumbu Mie Aceh yang sudah digiling atau siap masak itu memudahkan kita yang ingin membuat sendiri Mie Aceh. Agar tidak ribet saya menyarankan untuk membeli saja di pasar tradisional mie yang sudah digiling ini. Namun, jika tidak menemukan penjual yang menjual mie kiloan, kita bisa menyiapkan bahan dan bumbu sendiri.

Cara membuat mie tepung khas Aceh adalah dengan menyiapkan bahan seperti tepung terigu, tepung tapioka, telur ayam, kaldu ayam bubuk, minyang bawang, garam dan air. Aduk adonan tepung ini sehingga dapat dibentuk.

Nah, jika kamu sering membuat kue bawang, maka adonan ini mirip demikian. Tepung yang sudah jadi ini tinggal digiling menggunakan gilingan kue bawang atau gilingan mie. Mesin penggiling mie ini mudah didapatkan, atau bisa juga adonan jadi ini dibawa ke penjual mie tepung kiloan untuk digiling dengan mesin yang lebih besar di sana.

Apabila adonan tadi telah berbentuk mie, maka langkah selanjutnya adalah membuat Mie Aceh sesuai selera. Apakah Mie Aceh goreng, goreng basah atau pakai kuah. Adonan yang telah jadi mie tersebut kemudian direbus dan ditiriskan agar airnya kering.

Mie goreng Aceh sangat spesial bagi sebagian orang. Cara membuat mie goreng Aceh juga tidak terlalu sulit. Mie basah yang telah dibuat tadi atau dibeli dapat langsung dimasak. Memang, rasanya akan berbeda antara Mie Aceh yang dibuat sendiri sama dengan Mie Aceh yang kita makan di tempat kuliner terpopuler di Aceh.

Bahan yang perlu disiapkan antara lain mie basah, bumbu yang sudah dibeli beserta mie, tomat, bawang merah, bawang putih, daun seledri, kol putih, toge, daun bawang, kecap manis, kecap asin, dan minyak goreng. Untuk takarannya disesuaikan dengan berapa kilo Mie Aceh yang akan dibuat.

Apabila membeli mie tepung yang sudah jadi maka bumbu halus tidak perlu lagi karena sudah satu paket dengan mie yang dibeli tadi. Namun, apabila tidak membeli satu paket dengan bumbu, bumbu halus itu terdiri dari cabai merah, bawang putih, jahe, kemiri, teh ketumbar, teh jinten, adas manis, kapulaga, kunyit dan merica bubuk. Bumbu-bumbu ini dihaluskan yang akan menjadi bumbu dasar dalam membuat Mie Aceh.

Cara membuat Mie Aceh sangatlah mudah. Pertama, panaskan minyak dalam wajan yang bersih, kemudian masukkan bawang merah, bawang putih dan bumbu yang sudah dihaluskan atau bumbu yang dibeli sepaket dengan mie tepung tadi. Kemudian masukkan kaldu dan biarkan sampai mendidih. Selanjutnya adalah menambahkan garam, daun bawang, daun seledri dan kol yang tadi telah dipotong kecil-kecil.

Dalam membuat Mie Aceh memang harus sabar dengan aroma bumbu halus ini. Bumbu halus Mie Aceh bisa sangat sensitif terhadap indera penciuman. Saat mau mendidih, bumbu halus ini akan membuat kita mudah bersin-bersih. Efek dari bumbu Mie Aceh memang demikian, mungkin karena rempah yang bikin lezatnya Mie Aceh.

Jangan lupa untuk memasukkan toge dan tomak yang sudah dicincang. Aduk sampai rata untuk kemudian menambahkan kecap manis dan asin secukupnya. Jika ingin membuat Mie Goreng Aceh, maka air tidak perlu ditambahkan dalam jumlah banyak. Apabila sudah mendidih maka masukkan mie tepung tadi lalu aduk sampai rata.

Mie Aceh siap dihidangkan dengan mie goreng basah atau mie goreng. Mie goreng basah di mana kuahnya masih tersisa sedangkan mie goreng adalah jenis mie yang kering. Mie Aceh siap disajikan dengan aroma yang lezat berkat bumbu dengan rempah pilihan di Indonesia.

Banyak cara untuk mendapatkan Mie Aceh terbaik dan terlezat. Salah satu tips untuk yang ingin membuat Mie Aceh sendiri adalah memastikan bumbu dan bahan telah matang sempurna. Dengan demikian, mie tepung yang akan dimasukkan tidak membutuhkan waktu lama sampai matang. Jika terlalu lama di atas api, Mie Aceh ini akan terlalu lembek dan tidak enak lagi dimakan.

Kecap asin jangan terlalu banyak dimasukkan ke dalam Mie Aceh karena telah ditambahkan garam dalam bumbu dan adonan mie. Apabila ingin menambakan udang maupun kepiting, keduanya dimasak terlebih dahulu baru kemudian ditambahkan setelah bumbu mendidih. Jadi, mengaduk di bagian akhir hanya akan membuat bumbu diserap dengan baik oleh udang maupun kepiting.

Mie Aceh adalah kuliner wajib dari orang Aceh yang telah terkenal di Indonesia. Mie Aceh dibuat dengan bahan pilihan dan bumbu dari rempah terbaik. Siapa yang menyantap Mie Aceh pasti akan teringat untuk mendapatkannya kembali suatu saat nanti.

0 Response to "Mie Aceh dengan Bumbu dan Cara Masak Terbaik yang Tak Boleh Dilewatkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel