ASUS VivoBook Pro F570: Segala Kemungkinan dalam Satu Laptop Gahar

Masa telah berubah. Waktu berbenah sangat cepat. Perkembangan teknologi tak bisa dibendung. Pengembangan produk mau tidak mau mengikuti alur tersebut sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik.

Industri notebook tanah air – bahkan global – memiliki dampak yang sangat signifikan. Segala segmen disasari oleh produk-produk terbaik untuk memberikan kontribusi terhadap gaya hidup. Produsen notebook asal Taiwan, ASUS, kini menghadirkan VivoBook Pro F570. Sebuah notebook yang memadukan CPU bertenaga AMD dengan GPU dari Nvidia.

Kombinasi menarik untuk zaman yang condong kepada konten kreator dan gaming. VivoBook Pro F570 termasuk ke dalam notebook mainstream dengan segala kemungkinan yang bisa dilakukan dengannya.

YouTuber yang kini makin kreatif dengan video unik dan menarik tentu sangat membutuhkan notebook bertenaga; dari segi performa maupun visual.

Gamer yang tiap waktu menghabiskan peluru sudah pasti membutuhkan notebook yang performa tinggi, namun mudah dibawa ke mana-mana.
ASUS VivoBook Pro F570 untuk konten kreator maupun gamer
Gambaran umum dari kombinasi CPU dan GPU di VivoBook Pro F570 adalah prosesor AMD Ryzen 5 atau Ryzen 7 – tergantung pilihan – dengan grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Sulit sekali menemukan kombinasi antara AMD dengan Nvidia.

Di pasaran saat ini, prosesor AMD biasanya dikombinasikan dengan kartu grafis miliknya sendiri yaitu Radeon Vega. ASUS sendiri sering memasangkan prosesor Intel dengan kartu grafis Nvidia di notebook kelas menengah maupun kelas atas.

ASUS VivoBook Pro F570 tidak hanya sekadar memainkan peran dalam dua kekuatan tersebut. Lebih dari itu, ASUS berani memberikan kesegaran lini VivoBook karena creator content serta gamer makin hari makin tumbuh pesat; terutama di Indonesia.

Notebook ini sangat diandalkan dalam mengedit video maupun kebutuhan gaming kelas berat. Bicara notebook terbaik dari ASUS ini, kita tentu ingin mengetahui performa maupun keunggulan lain yang dimilikinya.

Warna dan Desain yang Bikin Jatuh Cinta

Pandangan pertama adalah bentuk fisik yang menentukan pilihan. VivoBook Pro F570 memiliki desain yang dinamis, warna yang sungguh berbeda dibandingkan dengan notebook kebanyakan, maupun sifat elegan yang dimilikinya. Kesan yang didapat adalah mewah namun tetap gahar dengan garis warna di bodinya.
ASUS VivoBook Pro F570 yang menggoda.
VivoBook Pro F570 tak lain salah satu notebook yang cantik  namun memiliki performa yang tinggi. Notebook ringan dengan finishing Reaper Black tersebut makin terlihat elegan dan menarik perhatian berkat aksen Lightning Blue di bagian tepinya.

Bisa dipastikan bahwa notebook terbaru ASUS ini sangat anak muda. Selain nyaman dibawa juga menunjang gaya hidup modern yang melankolis dan manis.

Dimensi VivoBook Pro F570 adalah 21,9 milimeter dengan berat 1,9 kilogram. Bagi saya yang menyukai notebook ringan, dan selalu bekerja di luar ruangan, dimensi maupun beratnya sangat mendukung.

ASUS tidak mengurangi suatu apapun untuk membuat notebook ini menjadi lebih ringan dan terlihat keren. Seperti biasa, ASUS mengandalkan beberapa slot untuk konektivitas lebih mudah.

Slot yang tersedia di antaranya microSD, USB 3.1 Type-C, HDMI, USB 3.0, RJ45 LAN, USB 2.0 dan juga Microphone-in/Headphone-out jack.
Port yang tersedia di VivoBook Pro F570.
Port yang tersedia di VivoBook Pro F570.
Di sisi tampilan dan kebutuhan, portable yang dimiliki oleh VivoBook Pro F570 sangat bisa diandalkan bahkan lebih dari cukup.

Kita tidak perlu mencabut salah satu sambungan untuk men-transfer data dengan model port lain. Tiap port mudah digunakan dan cepat dalam mengirim data.

Ada bagian yang menarik dari desain ASUS VivoBook Pro F570 ini. Dengan gagah logo ASUS tampil dengan warna biru elektrik yang memberikan kesan mewah dan gahar.

Bodi warna hitam sangat kontras dengan logo ini sehingga senada dengan aksen lis yang ada di layarnya.

Tampaknya, ASUS memberikan sentuhan TUF Gaming pada VivoBook Pro F570. Bagian ini dapat dilihat dengan sentuhan brushed finish pada bagian kavernya.

Warna logo biru ASUS memberikan ciri khas khusus dari lini notebook ASUS, bahwa kekuatan gaming telah dimiliki.

Artinya, ASUS telah memiliki banyak segmen untuk gaming, yaitu TUF Gaming dan ROG, juga VivoBook Pro F570 ini.

Desain yang baik tidak cukup tanpa didukung bagian penting lain. ASUS tidak melupakan bagian ini yaitu pembuangan hawa panas di bagian belakang notebook.

Meskipun bekerja dalam waktu lama maupun menggunakan tetikus, embusan hawa panas tidak akan terganggu oleh port yang digunakan baik di sebelah kiri maupun kanan.

ASUS tak lupa menempatkan cooling grill di bagian atas keyboard agar udara dingin mudah masuk. Penempatan cooling grill ini adalah untuk memaksimalkan pendinginan. Pendingin ini sangat berguna untuk mencegah full load suatu waktu saat menggunakan VivoBook Pro F570 dalam waktu lama.

Jarang sekali notebook ‘biasa’ menggunakan performa lebih tinggi atau hal yang sepele seperti ini. Keputusan ASUS terbilang berani mengingat semakin ke sini kebutuhan notebook tidak hanya sekadar mengetik laporan semata.

Buat YouTuber, ASUS VivoBook Pro F570 Sangat Cocok

Seorang YouTuber tidak hanya memerlukan performa lebih baik namun juga visual yang berkualitas. ASUS VivoBook Pro F570 memasang CPU dan GPU cukup tinggi sehingga mudah mengedit video lebih cepat dan lebih akurat.

Dalam mengedit video tentu dibutuhkan ketelitian agar tidak tabrak warna. ASUS menanamkan fitur Splendid Software Tuning yang akan memastikan bahwa warna yang muncul di layar sangat akurat dan konsisten.

Fitur ini tak lain pengoreksi warna sehingga warna yang terlihat di mata kita benar-benar akurat sebagaimana mestinya. Fitur ini memiliki setidaknya empat mode yang memudahkan optimasi warna sesuai jenis konten.

Fitur lain adalah ASUS Tru2Life Video yang memungkinan YouTuber merasakan manfaat berarti. Fitur ini mampu meningkatkan tampilan warna agar terlihat lebih nyata.

Video akan terlihat lebih detail, jernih dan realistis karena algoritma software mampu mengoptimasi kekontrasan warna dalam frame video. Dalam frame yang lebih gelap, fitur ini dapat memberikan sentuhan sampai 150 persen lebih tinggi sehingga detail gambar menjadi lebih tajam.

Selama ini, notebook ASUS selalu memberikan hal memukau soal suara. VivoBook Pro F570 akan mengeluarkan suara yang lebih baik berkat ASUS SonicMaster.

Tim ASUS Golden Ear menjanjikan kualitas suara yang lebih baik dalam range frekuensi yang sangat luas, maupun suara vokal yang lebih jernih. SonisMaster sangat dianjurkan untuk kebutuhan multimedia terutama film, musik maupun bermain game.
Suara yang dikeluarkan VivoBook Pro F570 tidak bising.
Audio dan visual sangat dibutuhkan oleh seorang YouTuber saat merangkai potongan demi potongan frame menjadi satu. ASUS menjawab tantangan tersebut dalam VivoBook Pro F570 ini.

YouTuber terkenal, Putu Reza, memberikan beberapa pandangan terhadap ASUS VivoBook Pro F570 yang telah di-review olehnya. 

Dalam video yang berdurasi 5.21 menit itu, Putu Reza menyebut bahwa notebook ini ‘seakan-akan’ bukan termasuk ke dalam keluarga VivoBook, melainkan TUF Gaming. Alasannya karena desain dan warna bodi notebook ini memang sangat mirip dengan TUF Gaming.
Pengujian yang dilakukan oleh YouTuber Putu Reza.
Rekomendasi Putu Reza di dalam video yang dirilis 14 Februari 2019 dan sampai tulisan ini ditulis telah ditonton hampir 85 ribu, VivoBook ini sangat cocok untuk kalangan mahasiswa, atau pun untuk mereka yang sedang belajar membuat konten YouTube.

Artinya, spesifikasi notebook ini sangat sepadan untuk belajar edit video sebelum nantinya menjadi sinematografer profesional.

Putu Reza memainkan beberapa game seperti PUBG, AC: ODYSSEY maupun SOUL CALIBUR 6. Untuk game terakhir ini, Putu Reza memainkannya dalam performa High dengan 60FPS, sedangkan PUBG dimainkan dalam performa Medium-Low dengan 30-45FPS.

Sedangkan AC: ODYSSEY dimainkan dalam performa Medium-Low dengan 25-36FPS. Catatan dari YouTuber dengan 289 ribu lebih pengikut ini, jika ingin bermain game dalam waktu lama, upgrade RAM 8GB menjadi 16GB sangat dianjurkan.
Putu Reza mencoba main game dengan VivoBook Pro F570.
Game yang dimainkan Putu Reza.
Game yang dimainkan Putu Reza.

VivoBook Pro F570 diakui oleh Putu Reza sangat cocok untuk bermain game maupun edit video. YouTuber ini telah merasakan sendiri manfaat keduanya.

Jadi, ASUS memang tidak main-main dalam meng-upgrade ‘citra’ VivoBook yang selama ini melekat sebagai notebook pekerja kantor semata. Seorang pekerja pun bisa terus bekerja maupun melakukan hobi di notebook terjangkau ini dalam waktu bersamaan.

Kerja Lebih Cepat dengan Performa Tinggi

Saya sudah sebut bahwa prosesor yang dipakai oleh ASUS VivoBook Pro F570 adalah AMD Ryzen 5 atau Ryzen 7. Prosesor ini sangat mendukung produktivitas dalam kerja cepat, multitasking lebih nyaman maupun bekerja sebagai YouTuber.

Dukungan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 akan memicu semangat dalam menghadirkan karya. Konten kreator maupun gamer sangat bisa mengandalkan notebook ini.
AMD dan Nvidia, kombinasi yang sepadan di VivoBook Pro F570.
Perlu diketahui bahwa prosesor AMD Ryzen Mobile sangat efisien dalam menggunakan daya. Teknologi yang ditanam dalam prosesor ini adalah AMD SenseMI yang mana kecerdasan yang disimpan di dalamnya akan menyeimbangkan antara beban kerja dengan kebutuhan pengguna.

Seseorang yang menggunakan VivoBook Pro F570 memungkinkan akses multimedia, bekerja maksimal dengan koneksi internet maupun bermain game dalam waktu bersamaan.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa konektivitas internet menjadi hal wajar dan mudah saat ini. Akses cepat ke internet dengan WiFi 2x2 Dual Band 802.11ac yang mana kecepatannya 6 kali lebih cepat dibandingkan dengan WiFi 802.11n yang banyak digunakan notebook di pasaran. Transfer data tanpa internet juga mudah berkat Bluetooth 4.2 yang bisa diaktifkan sesuai kebutuhan.

ASUS memberikan dua pilihan prosesor yaitu AMD Ryzen 5 dengan harddisk 1TB yang dapat ditingkatkan dengan SSD M2, dan AMD Ryzen 7 dengan harddisk 1TB 5400rpm dengan penyimpanan kecepatan tinggi SSD M2 SATA 3 dengan kapasitas 256GB. Kita dapat memilih sesuai kebutuhan sehingga kegunaan notebook dapat dimaksimalkan.

Prosesor tinggi dipadu dengan layar sebesar 15,6 inci dengan resolusi FullHD pada rasio 16:9 dan kerapatan 1920x1080 piksel.

Layar VivoBook Pro F570 memiliki tingkat kecerahan 200 nits dan panel jenis anti-glare yang membuat layar ini nyaman digunakan dalam segala kondisi pencahayaan. Tak lupa, ASUS menyiapkan fitur menarik di keyboard yaitu backlit yang dapat memancarkan cahaya yang keren.
Layar ASUS VivoBook Pro F570.
Papan ketik VivoBook Pro F570 sangat nyaman digunakan. Keyboard ini memiliki travel distance sampai dengan 1.4 milimeter yang membuatnya tidak terlalu dalam dan tidak cetek.

Dalam pengaturan backlit di keyboard terdapat ambient light control yang memudahkan pengguna menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan pencahayaan di sekitar kita.
Keyboard yang dapat diandalkan dalam kondisi minim cahaya.
Dalam mendukung kesehatan pengguna, ASUS menanamkan fitur Eye Care Technology yang akan mereduksi pancaran sinar warna biru sampai dengan 33 persen.

Dengan demikian, bekerja lama maupun menikmati sebuah tayangan film di notebook ini masih tergolong aman bagi mata.  

Pada umumnya, notebook ASUS telah dibekali sensor sidik jari. VivoBook Pro F570 juga telah memiliki sensor sidik jari. Sensor ini juga mendukung Windows Hello yang memudahkan login ke Windows dalam satu sentuhan jari saja.

Sensor sidik jari ditempatkan di area yang mudah dijangkau yaitu pada touchpad sebelah kanan atas yang mana cukup sering disentuh oleh pengguna.

Windows 10 Home 64-bit langsung terbuka dan mudah dioperasikan. Kinerja cepat ini sangat dibutuhkan oleh pengguna notebook yang konsisten bekerja sepanjang waktu. VivoBook Pro F570 hadir dengan paket lengkap sehingga layak untuk dipinang.
Main Spec. ASUS VivoBook Pro F570ZD
CPU AMD Ryzen™ 5 2500U Mobile Processor (4C/8T, 6MB cache, up to 3.6GHz)
AMD Ryzen™ 7 2700U Mobile Processor (4C/8T, 6MB cache, up to 3.8GHz)
Operating System    Windows 10 Home 64-bit
Memory 8GB DDR4 2400MHz SDRAM (onboard)
with SO-DIMM socket up to 16GB
Storage SATA 1TB 5400RPM 2.5' HDD
SATA 1TB 5400RPM 2.5' HDD + SATA3 256G M.2 SSD
Display 15.6” Full HD 1920x1080p 16:9, Anti-glare,
ultra slim 200nits with 45% NTSC
Graphics Integrated AMD Radeon Vega 8 / AMD Radeon RX Vega 10 Graphics
Nvidia GeForce GTX 1050 with 4GB GDDR5 VRAM
Input/Output 1x Type-C USB3.1 port, 1x USB 3.1, 2x USB 2.0,
1x audio combo jack, 1x HDMI,
1x MicroSD Card Reader, 1x RJ-45 LAN
Camera HD Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2
AudioASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound,
Battery 3 - Cell 48 Wh Battery
Dimension 37.4 x 25.6 x 2.19 cm (WxDxH)
Weight 1.96 kg with battery
Colors Reaper Black with Lightening Blue edges
Price Start from Rp11.799.000
VivoBook Pro F570 memiliki spesifikasi tinggi di kelasnya. Blog gadgetempire.id (14/02/19) melakukan uji coba kinerja notebook ini. Pengujian pertama yaitu melakukan rendering 3D menggunakan software Cinebench R15.

Ryzen 5 menunjukkan performa yang cukup baik yaitu 617 poin. Sedangkan angka 142 poin ditunjukkan oleh prosesor ini saat diukur menggunakan single-core. Performa yang lebih baik dibandingkan dengan Intel Core i7.
Pengujian oleh Gadgetempire.id
Gadgetempire.id juga melakukan uji single-core maupun multi-core menggunakan GeekBench. Performa yang ditunjukkan oleh single-core adalah 3551 poin sedangkan pengukuran dengan multi-core menunjukkan angka 9706 poin.

Hasil pengukuran dengan GeekBench memberikan kesimpulan yang menarik untuk sebuah notebook yang bekerja maksimal.
Pengujian oleh Gadgetempire.id
Pengujian ketiga adalah keseluruhan performa yang dilakukan dengan software PCMark 10. Hasil pengukuran kategori Essential mencapai 5122, kategori Productivity mencapai 4561 dan untuk kategori Digital Content Creation mencapai angka 3216.
Pengujian oleh Gadgetempire.id
Pengujian terakhir yang dilakukan oleh Gadgetempire.id adalah performa grafis dengan menggunakan software 3DMark Fire Strike. Hasil pengukuran performa grafis menunjukkan angka 5902.

Ulasan ini menyebut bahwa performanya lebih cepat dibandingkan dengan GeForce GTX 960 maupun GeForce MX 150 yang masing-masing disanding dengan prosesor Core i7-6700HQ dan i7-8560.
Pengujian oleh Gadgetempire.id
Gambaran umum untuk performa notebook ini bisa menjabarkan bahwa kondisi yang sebenarnya dari VivoBook Pro F570 yang memadukan AMD Ryzen 5 - atau Ryzen 7 - dengan Nvidia GeForce GTX 1050. Performa yang andal akan memungkinkan pekerjaan mudah selesai tepat waktu.  

Fenomena Main Game Generasi Milenial

Beberapa hari lalu, tepatnya 15 Maret 2019, siswa saya yang kini telah kelas 2 SMA, mengirim pesan melalui Instagram. Basa-basi sebentar lalu bertanya soal notebook apa yang cocok untuk dipakainya bermain game.

Bermain game? Benar. Mungkin hal yang wajar di kalangan generasi milenial saat ini. Saya tidak penasaran lagi mengingat makin bertambah usia, mereka akan berbeda pola pikirnya.

Pengaruh pergaulan dan juga bertambahnya wawasan membuat mereka yang beranjak dewasa terbawa suasana. Salah satunya adalah gaung laptop gaming ASUS yang makin ke sini makin terarahkan.

Mengapa siswa ini bertanya kepada saya? Salah satu faktor karena mungkin tahu gurunya paham sedikit soal teknologi. Alasan lain mungkin karena saya paling mudah diajak diskusi soal perangkat elektronik. Saya mencoba merekomendasikan beberapa notebook ASUS dengan genre gaming

Yuza yang baru saja pulang dari Singapura sebagai hadiah dari kesuksesan mereka bermain di laga U16 itu, menggali lebih banyak seri notebook yang bisa dipakainya semasa sekolah dan nanti saat kuliah.
Isi pesan saya dengan Yuza di Instagram.
Dari diskusi itu, saya meyakini bahwa Yuza tentu membutuhkan notebook yang tahan lama – memiliki performa terbaik yang akan dipakainya waktu kuliah nanti. Lantas saya merekomendasikan ASUS VivoBook Pro F570 yang mana sesuai selera Yuza.

Pertama, notebook ini tidak terlalu berat dan cenderung lebih tipis daripada notebook gaming kebanyakan, kedua modelnya yang stylish sesuai dengan karakter Yuza yang selama ini saya kenal. 

Saya paham betul tabiat anak-anak yang tak bisa lepas dari game. Yuza juga termasuk siswa yang mengerti sedikit teknologi, namun untuk membeli notebook dirinya harus berhati-hati. 

Pertimbangannya adalah sebuah notebook yang bisa diandalkan dalam gaming dan juga masih bisa dipakai 2 sampai 3 tahun ke depan.

Dengan performa yang dimiliki oleh VivoBook Pro F570, kebutuhan gaming sudah pasti didapat, edit video yang kini merebak generasi milenial juga bisa diandalkan, serta kebutuhan konvensional yang sudah tak diragukan lagi.

Generasi milenial dan gaming; sama-sama memiliki kedudukan tersendiri. Untuk saya sebagai guru dengan perkembangan dan pengetahuan anak-anak, banyak sekali catatan soal rekomendasi notebook maupun smartphone untuk gaming.

Anak-anak tak segan menyebut brand ASUS yang menaikkan gaung laptop gaming maupun smartphone gaming. Saat saya merekomendasikan notebook maupun smartphone, tentu saja budget yang menjadi pertimbangan pertama. 

Kenapa saya berani rekomendasikan VivoBook Pro F570 untuk Yuza? Karena saya tahu bagaimana kondisi keluarganya dan tentu saja, Yuza mungkin saja baru mendapatkan bonus dari sepakbola yang sudah disimpan untuk membeli notebook gaming.
Notebook yang cocok buat Yuza, dan anak seusianya.
Tak akan mudah memisahkan generasi milenial dengan game. Fenomena ini akan terus berlanjut karena memang demikian adanya.

Main game di notebook bukan kebiasaan yang ditinggalkan meskipun smartphone sudah menawarkan banyak sekali game gratis. Main game di notebook sungguh beda rasanya; bagaimanapun itu.

Yuza hanya mewakili suara hati dari generasi milenial. Mungkin di sana akan banyak Yuza lain yang butuh arahan jenis notebook apa yang sesuai untuk kebutuhan gaming maupun pekerjaan biasa mereka.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Dengan apa yang ditawarkan oleh ASUS VivoBook Pro F570, yaitu perpaduan prosesor Ryzen 5 atau Ryzen 7 dengan Nvidia GeForce GTX 1050, maka aktivitas multimedia maupun gaming tidak akan terganggu.

Dual channel memory sangat membantu performa, bahkan, Putu Reza menyarankan untuk upgrade storage ke media penyimpanan SSD. Di mana performa akan lebih terasa cepat meskipun saat bermain game kelas berat.

ASUS memberikan catatan khusus soal ketahanan baterai di mana 9 jam dalam pemakaian normal. VivoBook Pro F570 telah memiliki teknologi fast charging yang mampu mengisi daya sampai 60 persen hanya dalam waktu 49 menit. 

Hal ini sangat dibutuhkan oleh pekerja di luar ruangan yang selama ini bekerja cepat dan gesit.

ASUS mengawinkan AMD dengan Nvidia adalah hal yang keren untuk notebook kelas ini. Stylish di satu sisi, dan di bagian lain adalah performa yang menantang sekali. Jadi wajar, jika VivoBook Pro F570 menjadi pilihan menjelang masuk perguruan tinggi tahun ini.
Lakukan apa saja dengan ASUS VivoBook Pro F570.
ASUS Indonesia telah menjual VivoBook Pro F570 Ryzen 7 secara ekslusif di JD.ID. Untuk pembelian produk tersebut bisa melalui link ini atau di sini.

0 Response to "ASUS VivoBook Pro F570: Segala Kemungkinan dalam Satu Laptop Gahar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel