7 Tips Atasi Mabuk Perjalanan dengan Bus selama Traveling


Mabuk perjalanan bukan hal baru. Hampir tiap orang pasti akan mabuk di jalan menggunakan bus. Jalan bergelombang salah satu alasan mengapa orang bisa dengan mudah mabuk di jalan. Mabuk darat karena beberapa alasan; salah satunya berkenaan dengan penyakit lambung.
Tidur dalam perjalanan - blog.alfamartku.com
Biasanya, orang dengan derita lambung akut sangat mudah mabuk dalam perjalanan. Orang yang sakit lambung mudah mual dan muntah karena nyeri di perut baik saat perut kosong maupun sudah terisi sekalipun. Namun, orang yang sakit lambung bukan berarti tidak boleh traveling. Apalagi jika orang tersebut bekerja yang mengharuskan dirinya jalan-jalan terus.

Saya termasuk orang yang bermasalah dengan lambung. Tiap mau bepergian, saya selalu khawatir selama di dalam perjalanan. Bukan takut hal-hal aneh tetapi lebih kepada ‘tidak mau muntah’ sehingga sampai tujuan.

Muntah karena mabuk perjalanan dengan bus sangat tidak enak. Orang yang sudah muntah, bawaannya selalu lemas, tidak berdaya melakukan apapun, sampai sulit menikmati pemandangan yang sebenarnya terdapat tempat yag indah. Orang lain bisa santai-santai dan tertawa saat sampai di persinggahan bus, kita malah sibuk sendiri dengan muntah. Ini saya banget.

Bahkan, saya kerap malu sendiri dilihat orang – meskipun dalam suatu perjalanan jarang bertemu orang yang sama. Bahaya mabuk perjalanan lain kita tidak sadar barang bawaan ditempatkan di mana, terus bisa juga lupa berapa ransel atau koper yang kita bawa. Jadi, pas turun kita yang kalang-kabut.

Pernah ada pengalaman, saya ketinggalan satu koper waktu turun dari bus. Mual dan muntah yang tidak tertahan membuat saya langsung turun dengan menarik satu ransel saja. Begitu perasaan sudah lebih baik, meski mual masih terasa karena perut kembung, saya tersadar kalau koper ketinggalan di bus.

Keesokan harinya saya ambil koper di terminal bus – sebelumnya sudah ditelepon pihak bersangkutan. Di satu sisi tentu bersyukur karena itu bus antar kota saja. Coba kalau bus antar provinsi?

Maka dari itu, saya selalu was-was kalau berurusan dengan perjalanan menggunakan bus sebagai sarana transportasi. Saya sudah tahu kekurangan dan apa yang akan terjadi, kemudian saya menyiapkan beberapa keperluan selama perjalanan menggunakan bus.

Siapkan Obat Anti Mabuk

Obat anti mabuk sudah banyak dijual. Kita mudah mendapatkannya di mana saja. Saran saya obat anti mabuk sebaiknya disiapkan saja jauh-jauh hari. Obat anti mabuk selama perjalanan dengan bus ini tak lain perlengkapan paling utama yang harus dimasukkan ke dalam tas saku.

Perjalanan dengan bus memang ada enak dan tidak enak. Obat anti mabuk ini memberikan efek cukup besar, di antaranya membuat kita tertidur. Keuntungannya kita tidak mabuk dan muntah selama perjalanan. Kerugiannya kita tidak bisa menikmati pemandangan yang indah.

Bagi saya pribadi, lebih baik minum obat anti mabuk daripada mabuk perjalanan. Saya sama-sama tidak bisa menikmati perjalanan dalam keadaan minum atau tidak. Jika minum tertidur. Jika tidak minum muntah. Artinya, sama saja di mana saya tidak bisa menikmati perjalanan indah seperti orang lain. Jika sudah minum anti obat mabuk perjalanan, sampai di tujuan meskipun masih dalam keadaan terkantuk, cuci muka, regangkan otot, kita bisa menikmati tempat tersebut.

Minuman Jahe

Ada orang, minum obat anti mabuk perjalanan tetap juga muntah. Solusinya adalah minuman jahe. Khasiat minuman jahe tidak hanya melegakan tenggorakan namun juga membuat perut terasa lebih segar. Perut yang tidak henti-hentinya diaduk bisa menahan sedikit perasaan mual karena rasa jahe yang melegakan itu.

Minuman jahe bagus untuk orang yang mabuk perjalanan dengan bus. Apalagi sekarang ini minuman jahe sangat mudah ditemukan di mana-mana. Kita tidak perlu membuat sendiri. Minuman jahe yang dijual juga memiliki rasa yang berbeda sehingga tidak terasa jahe alami. Di mana bagi sebagai orang kurang menyukai rasa jahe yang seperti pedas.

Minuman jahe sangat efektif untuk mereka yang mabuk perjalanan. Siapkan jauh-jauh hari agar tidak kerepotan mencarinya selama di jalan.

Permen Rasa Mint

Rasa mual tidak mudah hilang. Orang yang mabuk perjalanan itu lihat smartphone saja bisa mual. Bahkan, ada sebagian orang yang berbicara dengan orang lain bisa mual juga. Cara mengatasi masalah itu adalah dengan mengunyah permen.

Permen yang dianjurkan selama perjalanan untuk orang yang mabuk darat itu adalah rasa mint. Hampir mirip dengan jahe, permen rasa mint akan melegakan tenggorokan sehingga rasa mual berkurang.

Permen rasa mint sangat mudah didapatkan. Permen ini juga tersedia hampir di semua merek permen. Bahkan, permen mint ini juga memiliki rasa buah sehingga tidak langsung pedas di mulut seperti permen mint lainnya.

Kita bisa menyiapkan permen rasa mint dalam jumlah banyak. Mungkin bisa dibagikan untuk orang lain juga bisa disimpan dalam waktu lama.

Cemilan

Cemilan memang tidak dianjurkan. Tetapi ada sebagian orang dengan mengemil bisa menghilangkan mual. Contohnya ngemil buah seperti salak atau jeruk. Rasa salak atau sifat asam jeruk mampu menetralisir rasa mual.

Makin banyak kita makan selama dalam perjalanan efeknya bisa dibawa tidur. Meskipun tidak berlaku untuk semua orang, bagi yang ingin mencoba bisa membawa beberapa cemilan selama dalam perjalanan.

Air Putih

Air putih wajib dibawa selama dalam perjalanan. Dalam banyak kebutuhan, air putih selalu dibutuhkan. Belilah air putih satu atau dua botol. Perjalanan jauh menggunakan bus sangat dianjurkan untuk membawa air putih.

Air putih juga bisa digunakan untuk memcuci muka agar wajah lebih segar. Air putih bisa diminum dalam jumlah banyak sehabis muntah agar sisa muntah tidak melekat di mulut yang membuat mual lagi.

Jadi, kegunaan air putih selama dalam perjalanan begitu banyak.

Kantong Plastik

Kantong plastik perlu dibawa untuk jaga-jaga. Tidak semua bus menyediakan kantong plastik untuk penumpang yang mabuk dan muntah. Atau tempat penyimpanan kantong plastik sangat jauh dari tempat duduk kita.

Dengan membawa kantong plastik kita sudah tidak perlu khawatir soal ‘kalau muntah bagaimana’ karena cukup mengeluarkan kantong plastik itu saja. Kantong plastik juga bisa menyimpan kulit salak atau jeruk, atau sampah lain selama dalam perjalanan.

Obat Lambung

Obat lambung juga penting selama dalam perjalanan darat. Sekarang mudah saja membeli obat lambung dalam bentuk saset. Saat mual atau kira-kira perut terasa tidak enak bisa langsung minum obat lambung ini.

Salah satu faktor mual dan muntah karena perut kosong. Makan sedikit. Minum obat lambung. Nyeri bisa hilang sesaat meskipun kemudian harus minum lagi obat lambung atau obat anti mabuk.

Traveling dengan bus di mana-mana masih ada. Daerah yang tidak bisa dijangkau oleh transportasi lain masih mengandalkan bus. Belum lagi jika kita berbicara tempat-tempat eksotik dan unik di daerah pedalaman. Bus tak lain sarana yang memudahkan kita untuk menjangkau tempat tujuan.

Salah satu bus yang masih beroperasi adalah Gunung Harta. Layanan dan fasilitas bus Gunung Harta sangat lengkap. Bus Gunung Harga juga mengerti penumpang dengan segala kebutuhan. Penumpang yang mabuk perjalanan bisa mendapatkan tempat yang cocok untuk duduk di sisi jendela, atau tempat penyimpanan di bagian depan. Kantong plastik, minum, permen atau cemilan bisa disimpan di sana sehingga mudah diambil saat dibutuhkan. Perjalanan tetap nyaman bersama Gunung Harga jika memperhatikan 7 tips di atas.

0 Response to "7 Tips Atasi Mabuk Perjalanan dengan Bus selama Traveling "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel