ASUS ZenFone 6; Sebuah Inovasi Smartphone Berkelas

Banyak yang menyangsikan bahwa ASUS smartphone telah redup. ASUS sempat disebut telah gagal menaikkan pamor dan ikut-ikutan produk lain. Belajar dari pandangan yang sama sekali tidak menggenakkan itu, ASUS melakukan gebrakan yang berbeda dan menarik sekali. Mungkin, hampir sama dengan saat ASUS menghadirkan ZenFone Selfie. Kali ini dengan ZenFone 6, ASUS benar-benar berbeda.
ASUS ZenFone 6.
ASUS kembali bertaring dan memiliki nyali tinggi untuk melibas mereka yang menggilas selama ini. Cemoohan yang telah ada dijadikan pelajaran untuk menghadirkan produk yang benar-benar berbeda. Lihatlah pada pengenalan ZenFone 6 di Valencia. 

Sebuah produk yang berbeda, unik, dan mungkin segera kembali ke masa jayanya ASUS smartphone. Prediksi di beberapa kanal bahkan ‘model’ yang disinyalir kuat adalah ZenFone 6, telah ditampik bukan demikian saat kamera berbentuk flip muncul. 

Era smartphone dengan kamera terbaik yang semula sempat dimiliki ASUS, kini akan kembali digenggamnya. Sisi yang menarik tentu saja untuk sebuah smartphone yang mengandalkan kamera utama depan dan belakang adalah sama. 

Tak ada lagi poni yang katanya ‘ikutan-ikutan’ produk lain dan hilangnya jati diri dari ASUS smartphone. ZenFone 6 tak sama. Jelas berbeda dengan inovasi kelas atas dan kamera yang cukup diandalkan dalam berbagai bayangan. 

ASUS menarik diri dari euforia ponsel pintar berponi. Gebrakan ASUS dengan Flip Camera tentu tidak diduga sama sekali. Rahasia yang kini terbongkar yang mungkin saja membuat pesaing merasa tersudut. Namun, ASUS telah berbenah dengan andalan utama kamera yang bisa langsung diputar dengan resolusi 48MP untuk kamera utama dan kamerea kedua 13MP. 

Sensor Sony IMX586 disematkan di kamera unik ini. Kamera ZenFone 6 ini memiliki sensor kamera ultrawide yang mampu mengambil gambar sampai dengan 125 derajat. Nilai jual sensor kamera terbaik ini menjadikan ZenFone 6 sebagai sebuah smartphone yang mampu menghadirkan hasil foto terbaik. 

Sempat ada pertanyaan, aman nggak Flip Camera ZenFone 6? ASUS memberikan ‘masukan’ untuk kerisauan ini. Flip Camera yang unik ini didukung oleh motor elektrik khusu yang membalikkan modul kamera utama sejauh 180 derajat. Tingkat presisi yang tinggi membuat motor elektrik ini aman meskipun kita sering memutar-balik kamera tersebut. 

Jonney Shih, Chairman ASUS di City of Arts and Sciences, Valencia, Spanyol, menyebut, “ZenFone 6 adalah ilustrasi utama dari semangat dan kegigihan kami untuk inovasi dan teknologi. Ini adalah lambang untuk menghormati basis penggemar hardcore kami, dan penghargaan terhadap asal-usul teknik tanpa henti kami - yang telah membuat kami lebih bijaksana bersama, dan lebih kuat bersama. Ini dirancang untuk menentang yang biasa dengan yang luar biasa.

Jadi, selayaknya tanpa keraguan terhadap ZenFone 6. Teknologi NanoEdge Display yang selama ini melekat pada ASUS ZenBook juga ditanamkan pada ZenFone 6 sehingga bezelnya sangat tipis. Dapur picu yang kencang serta baterai sebesar 5.000mAh menjadi bekal terkuat ASUS ZenFone 6 untuk menggebrak pasar smartphone global. 

Kejutan yang manis dari ASUS di ZenFone 6. Beda rasa. Unik namun menawan. Gahar namun feminin. Perpaduan yang indah dari sebuah smartphone masa kini. Sebuah smartphone yang layak dinanti karena beberapa alasan ini. 

Visual yang Menggoda dari ZenFone 6 

Visual itu memang ‘sesuatu’ atau yang ditonjolkan oleh banyak hal. Dari visual ini pula kita tertarik untuk memiliki. ASUS sudah berhasil menghadirkan visual terbaik untuk ZenFone 6. 

Pertama, bodi dan desain yang benar-benar mewah dengan balutan tak terkira ekslusif. Dengan meniadakan poni artinya ASUS telah keluar dari zona aman seperti kebiasaan smartphone lain agar lebih mirip. Mungkin saja kamera flip belum terpikirkan oleh produsen lain dan ASUS menjadi ‘pencipta’ dari produk kelas atas ini. 

ASUS tidak perlu memangkas fitur kamera depan dan belakang. Kedua kamera adalah sama dan ini memberi kejutan ‘manis’ untuk smartphone lain yang masih mengandalkan kamera berbeda untuk selfie. 

Kedua, visual yang kemudian membuat kita lebih tertarik adalah layar 6,4 inci dengan teknologi NanoEdge Display. Tekonologi layar ini memiliki screen-to-body rasio sampai dengan 92 persen. Sebagai catatan, teknologi ini sebelumnya diterapkan ASUS pada ZenBook, yang mana lini notebook kelas atas dari produsen asal Taiwan ini. 
Visual ZenFone 6 yang kuat.
Ketiga, ASUS tidak ikut-ikutan – lagi. Dengan menanggalkan poni atau notch membuat tampilan layar lebih lega dan luas. Kita tidak lagi tertahan untuk menikmati konten-konten menarik seperti multimedia maupun bermain game. Kritik terhadap poni yang menganggu sepertinya tidak akan lagi didapatkan oleh ASUS ZenFone 6. 

Keempat, ZenFone 6 memiliki layar terbaik di mana pengunaan layar adalah cinema-grade. Layar ini memiliki tingkat reproduksi warna pada color space DCI-P3 sebesar 100 persen. Warna-warna yang dihadirkan akan tampak hidup dan kualitas terbaik. 

Kecerahan layar sampai dengan 600nits akan memastikan pengguna menikmati konten dalam berbagai kondisi tanpa kendala. Layar yang elegan tersebut dibalut juga oleh Corning Gorilla Glass 6. Bisa dipastikan bahwa layar ZenFone 6 tahan terhadap goresan maupun debu. 

Visual yang menjadi nilai tinggi dari sebuah produk telah dimiliki oleh ZenFone 6. Kita akan selalu tertarik terhadap sesuatu karena visual yang kuat, maka ZenFone 6 telah menghipnotis calon pengguna dari salah satu bilik bersejarah di Eropa. 

Ikon Baterai Tahan Lama Masih Milik ASUS

Selama ini, kita tahu bahwa beberapa produsen yang menghadirkan smartphone kelas atas akan memangkas satu bagian untuk menambal bagian lain. ZenFone 6 mempertahankan ‘ciri khas’ ASUS dengan ikon baterai tahan lama. 

ASUS membenamkan baterai sebesar 5.000mAh yang didukung kinerjanya dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 Mobile Platform. Sebuah prosesor mobile terbaru yang hadir dengan konfigurasi octa-core berkecepatan hingga 2,8GHz dan menggunakan arsitektur berbasiskan pemrosesan 7nm. 

Perpaduan baterai dengan dapur picu yang baik tidak hanya menghadirkan kinerja terbaik saja tetapi membuat smartphone tidak lagi ‘panas’ seperti yang sering dialamatkan kepada ASUS. Kinerja makin kencang karena RAM sebesar 8GB yang pasti akan membantu pekerjaan berat tanpa hambatan. 

Selama 2 hari, ZenFone 6 masih mampu bertahan karena prosesor terbaru ini menghadirkan performa CPU 45% lebih tinggi dan performa rendering grafis 20% lebih kencang. Jadi, pilih mana kamera terbaik saja atau kamera terbaik, dapur picu kencang dengan baterai tahan lama? 

Flip Camera, Beda Rasa, Gahar Bekerja

Kamera depan dan belakang adalah sama, itu sebuah inovasi yang berbeda. Biasanya, kamera belakang selalu diunggulkan dalam hal hasil foto. Dengan membuat kedua kamera maka dipastikan tak akan ada beda antara hasil foto biasa dengan selfie. 

Kamera utama dengan resolusi 48MP dengan bukaan lensa f1/7.9. Sensor kelas atas menjadi andalan yaitu sensor Sony IMX586 yang akan membuat hasil foto tak ada tanding. Kamera ini juga dilengkapi teknologi Quad Bayer yang akan menghasilkan gambar sempurna dalam minim cahaya maupun kondisi gelap. Autofocus 2x1 OCL PDAF juga menjadikan sebuah hasil foto sangat baik karena penguncian yang cepat ke objek. 

Kamera kedua sebesar 13MP dengan sensor kamera ultrawide. Kamera ini dilengkapi teknologi anti-distorsi. Jadi, dapat dipastikan bahwa hasil foto bokeh atau blur akan terlihat sangat alami dan menawan. 
Flip Camera yang keren.
ZenFone 6 dengan kamera unik namun juga gagah. Modul Flip Camera dibuat dengan liquid metal (amorphous alloy). Bahan ini termasuk kuat dengan bobot 20% lebih ringan dari stainless steel. G-Sensor juga ditempatkan pada modul kamera ini untuk mendeteksi akselerasi, sehingga saat smartphone terjatuh, sensor kamera dengan cepat kembali ke posisi semula. 

Kamera ZenFone 6 dapat mengambil gambar dari sudur 0 derajat sampai dengan 180 derajat. Kita dengan mudah mengambil foto Auto Panorama atau Motion Tracking. Kamera yang unik ini bisa memberikan kesegaran kepada pengguna untuk berkreasi lebih alami dengan kamera smartphone. 

Kesimpulan dan Rekomendasi 

Dengan inovasi dari ZenFone 6 yang berbeda namun sangat kuat performanya, sudah pasti layak untuk mengidamkan sebuah smartphone unggulan. ASUS membawa serta ZenUI 6 yang lebih simpel dan mudah digunakan serta sistem operasi Android Pie. 

Teknologi OptiFlex membuat aplikasi di ZenFone 6 dapat dibuka dan dijalankan lebih cepat. Teknologi ini mempelajari aplikasi mana saja yang sering digunakan oleh pengguna dan aplikasi tersebut disimpan secara khusus pada memori sehingga dapat dijalankan lebih cepat kapan saja. 
ASUS ZenFone 6 memiliki daya tarik tinggi.
Kinerja yang sepadan dengan apa yang diharapkan oleh kita selama ini. ASUS ZenFone 6 yang baru saja diluncurkan di Valencia ini dijual mulai dengan harga Rp 8 jutaan. Kapan ZenFone 6 sampai ke Indonesia?
Model ZenFone 6 (ZS630KL)
Display, Resolution 6.4“ FHD+ (2340x1080) IPS, all-screen NanoEdge display
92% screen-to-body ratio, 19.5:9 ratio, 96% NTSC color gamut
100% DCI-P3 coverage / 600 nits in HBM / RGB-subpixel matrix
CPU Latest 7nm Qualcomm Snapdragon 855 Octa Core Processor
GPU Qualcomm® Adreno™ 640 GPU
RAM / Storage Up to LPDDR4X 8GB
Rear (main) Camera 48MP SONY IMX586 flagship sensor,
Quad Bayer Technology, F1.79,
0.8µm/1.6µm effective pixel size, 1/2.0", 2x1 OCL PDAF,
Laser focus, Dual LED flash
Rear (wide) Camera 13MP, 125˚ ultrawide, F2.4, Real-time distortion correction
Front camera 13MP, F2.0, 77.2 degree view angle with LED Flash
Wireless 802.11a/b/g/n/ac, 2*2MIMO; WiFi-Direct
Bluetooth 5.0
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints),
Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity,
Ambient Light Sensor, Gyroscope, G-sensor
NFCYes
SIM card and SD   slot Triple slots, dual SIM dual standby (4G+4G)
Slot1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot3: Supports up to 2TB microSD card
Network FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM
Data rate: DC-HSPA+: UL 5.76Mbps / DL 42Mbps; up to LTE DL 5CA UL 150Mbps /
DL1200Mbps; 4CA UL 150Mbps / DL 800Mbps
GPS Support GPS(L1+L5), GLONASS(L1), BDS(B1), GALILEO(E1+E5a), QZSS(L1+L5)
OS All new ZenUI 6, Pure Android enhanced by ASUS, on Android 9
Battery 5.000mAh capacity
Supports Quick Charge 4.0 (18W charger included in box)
Supports 10W Reverse Charge (USB-C to USB-C)
Audio / Microphone Dual stereo speakers with ear piece receiver + main 5-magnet speaker
Dual NXP TFA9874 smart amplifier
2 microphones for noise reduction
Hi-res earphones bundled, supports DTS Headphone X™ 7.1
FM-Radio
Size / Weight 159.1x75.44x9.2mm / 190g
Color Midnight Black, Twilight Silver

0 Response to "ASUS ZenFone 6; Sebuah Inovasi Smartphone Berkelas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel