Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Seorang Traveller


Begitu banyak hal penting yang semestinya masuk ke dalam list saat traveling tiba. Nggak cuma soal, “Oh, kita mau ke mana?” tetapi lebih daripada itu, baik tentang planning secara matang maupun apa saja yang bisa dibawa saat traveling.

Aktivitas traveling saat ini memang sudah sangat menyenangkan. Ke mana-mana bisa dilakukan baik sendiri maupun bersama teman-teman. Traveling ke berbagai destinasi pun bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan dana tercukupi.

Namun, nggak cuma soal senang-senang saja yang masuk ke dalam list kita. Ada hal penting yang selama ini luput dari apa dan penting nggak diurus agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Catatan ini kemudian menjadi poin penting untuk saya saat traveling. Seiring waktu, semakin banyaknya relasi kerja dan kepercayaan dari dunia maya, terutama profesi sebagai blogger, maka saya cukup sering bepergian.
Rencanakan hidup lebih baik. 
Saya tentu fine saja saat berkenaan dengan tempat ini bagus untuk dikunjungi. Namun, bagaimana tiba-tiba terjadi sesuatu. Sakit misalnya. Mungkin urusan lain yang mendadak sedangkan saya mesti membutuhkan dokumen dengan segera. Di saat demikian, saya tentu saja akan pusing sekali dan sangat repot untuk urus ini dan itu.

Maka, asuransi menjadi pilihan terbaik untuk ketimpangan yang saya rasakan. Memang, masing-masing dari kita telah memegang kartu kesehatan yang dikenal, BPJS. Tetapi, tidak semua kebutuhan kita saat sakit mendadak di perjalanan bisa tercukupi dengan BPJS.

BPJS ‘hanya’ menanggung beban tertentu saja tetapi tidak mampu mencukupi banyak dana yang kita butuhkan untuk biaya rumah sakit dan juga obat. Bisa dibayangkan bagaimana jika di perjalanan, seorang diri maupun bersama orang lain yang bukan saudara, kita akan kerepotan manakala membutuhkan biaya tambahan untuk rumah sakit dan obat.

Minimnya ‘fitur’ yang ditawarkan oleh BPJS membuat kita mesti berpaling kepada asuransi kesehatan lainnya. Kita butuh pertolongan dengan segera dan tidak bisa ditunda-tunda. Asuransi kesehatan yang cepat dan mudah diakses akan segera membantu kita dalam kesusahan.

Dalam suatu waktu, kita tidak mungkin menghindari apa yang sudah disebut takdir. Proses dari asuransi kesehatan selain BPJS yang tidak ribet soal urusannya, sangat membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan segera.

Biasanya, saat kita ingin berobat menggunakan BPJS, tidak ‘cuma’ kartu sehat itu saja yang dibutuhkan, tetapi harus dilengkapi dengan KTP bahkan juga Kartu Keluarga, juga rujukan dari puskesmas di mana alamat terdekat dengan kita.

Jika sudah demikian, kita yang sedang di daerah yang jauh dari daerah kita sendiri tentu tidak mudah untuk berobat. Urusan administrasi saja bisa bertele-tele dan lama prosesnya, sedangkan kita harus segera mendapatkan pertolongan sehingga tiket pesawat yang terlanjur dibeli tidak hangus.

Dengan asuransi kesehatan yang tidak mengenal di mana dan kapan kita berobat, kita akan dimudahkan untuk semua kebutuhan. Sakit di mana saja akan terpenuhi dana karena asuransi ini berlaku untuk seluruh daerah di Indonesia.

Mengapa asuransi kesehatan itu sangat penting? Sebagai traveler yang waktunya tentatif, mau ke sana dan sini suka-suka hati. Kesehatan tubuh tidak ada yang bisa menebak. Bisa sehat sekali. Bisa juga tumbang karena kena gerimis. Saat inilah kita butuh pelayanan prima agar bisa melanjutkan traveling.

Kita cukup mengeluarkan kartu asuransi kesehatan untuk urusan administrasi, lalu berobat dengan tenang tanpa perlu memikirkan biaya ‘sampingan’ yang harus dikeluarkan. Pikiran yang tenang akan membuat tubuh cepat pulih dan kita tidak akan ketinggalan tempat-tempat menarik di destinasi yang telah kita pilih itu.

Dalam memilih asuransi kesehatan, kita tentu saja tidak boleh terbius dengan rayuan dari mereka yang suka merayu. Kita harus tegas dan sigap, apa saja yang akan diberikan kepada kita yang suka traveling dari asuransi yang kita pilih.

Apakah bisa dijangkau oleh seluruh rumah sakit maupun klinik di Indonesia. Apakah menjamin pengobatan traveler meskipun sakit ringan. Apakah benar tidak perlu biaya tambahan meskipun berobat di tempat yang jauh dari identitas kita.

Semua itu harus dipikirkan baik-baik agar kita tidak merugi. Asuransi kesehatan yang ramah dengan traveler sangat dibutuhkan agar kita mudah berobat, cepat sembuh dan bisa segera pulang dari perjalanan jauh.

Hidup lebih nyaman selama kita menjaga kesehatan. Maka, tak ada salahnya untuk merencanakan semua soal kesehatan sehingga saat sakit tidak kesusahan. Asuransi rawat jalan adalah yang dibutuhan saat ini.

4 Responses to "Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Seorang Traveller"

  1. Wah kalo punya asuransi, mau jalan jalan kemana aja gak perlu was was.

    ReplyDelete
  2. Perjalanan jadi aman tanpa rasa was2 tentunya

    ReplyDelete
  3. Asuransi kesehatan menjadi suatu kejawiban utk menghindari risiko sakit

    ReplyDelete
  4. Kalau untuk traveller sebenarnya lebih cocok membeli asuransi perjalanan (travel insurance) daripada asuransi kesehatan. Karena asuransi perjalanan itu cakupan perlindungannya lebih luas daripada asuransi kesehatan. Jadi tidak hanya sekedar mengcover biaya medis jika sakit atau kecelakaan di negara orang, tetapi juga melindungi hal lain misalnya seperti bagasi hilang, pesawat delay, pengiriman kembali jenazah ke tanah air (jika meninggal di negeri orang), dan masih banyak lagi. Apalagi jika ke Eropa, wajib memiliki asuransi perjalanan schengen sebagai syarat utama agar visa schengen nya bisa di approve.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel