Hotel Savoy Homann Bandung, Histori dalam Keindahan Sebuah Penginapan


Jalan Asia Afrika di Bandung adalah pusat kota. Ke mana suka kau berjalan di kota yang udaranya dingin ini, akan bertemu dengan bangunan-bangunan dengan usia ratusan tahun. Keliling dan kembali ke satu titik di jalan serupa, akan bertemu kembali dengan bentuk bangunan yang hampir mirip.

Sama halnya dengan pusat kota lain, kesibukan langsung terasa lepas pukul tujuh pagi. Orang-orang mulai beraktivitas, kendaraan mulai terasa padat, dan beberapa ‘hantu’ mulai berkeliaran di jalan penuh dengan lampu hias; yang indah apabila malam hari.

Para hantu yang berkeliaran di sepanjang Jalan Asia Afrika mulai memakai make-up sejak lepas siang. Di antara mereka ada yang malu-malu saat berjumpa dengan kami, di dekat Alun-Alun Kota Bandung yang megah dengan rumput buatan dan juga masjid kebanggaan warga sekitar.

Di salah satu sudut jalan yang penuh sejarah soal kemerdekaan Indonesia ini, terdapat sebuah penginapan yang mewah namun memiliki nilai sejarah tinggi. Hotel Savoy Homann atau Hotel Bidakara Savoy Homann Bandung, salah satu hotel bersejarah dan saksi bisu kemerdekaan negeri kita. Hotel ini juga termasuk cagar budaya dengan ikon ‘Indonesia’ dan ‘Eropa’ yang sangat kental di dalamnya.
Hotel Savoy Homann Bandung.
Begitu masuk ke dalam hotel. Aromanya langsung terasa berbeda. Nuansa yang melekat dalam dirinya adalah tentang tokoh-tokoh nasional, bahkan luar negeri yang pernah menginap di dalam hotel ini. Tentu, saya menjadi sangat bangga bisa ‘bernostalgia’ bersama dengan para tokoh yang pernah singgah di sini.

Hotel Savoy Homann didirikan pada tahun 1871 oleh keluarga Homann yang berasal dari Jerman. Tamu undangan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 menginap di hotel ini dan berjalan kaki menuju Museum Konferensi Asia Afrika yang tak jauh dari sini.

Hotel yang berada di titik 0 km Kota Bandung ini memang memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan hotel lain di Kota Bandung. Tidak hanya soal model bangunan tetapi sejarah panjang dari hotel ini sangat mencuri perhatian banyak orang.
Bangunan Hotel Savoy Homann Bandung.
Saya ikut ke dalam bagian itu. Menikmati masa sejenak di dalam hotel tampaknya sangat menarik; seolah-olah merasakan kembali bagaimana rupa zaman dulu ketika awal-awal kemerdekaan negara kita. Di mana orang-orang terpelajar, tokoh-tokoh penting, duduk di kursi-kursi hotel untuk memecahkan masalah negara masing-masing agar lebih maju.
Lobi hotel.

Penginapan sederhana milik keluarga Homann ini telah menjelma menjadi bangunan berbentuk melengkung dengan cat warna abu. Sesuai dengan suasana Kota Bandung yang kalem dan juga nuansa sejarah panjang yang tak pernah pudar.
Resepsionis yang ramah.
Hotel Savoy Homann Bandung ini didesain oleh Albert Aalbers yang menyesuaikan dengan suasana Indonesia dan juga Bandung. Referensi untuk seluruh hotel ini bisa kau baca dalam buku Golden Book Savoy Homann yang berada di lobi hotel.

Semalam Bersama Savoy Homann Bandung

Saya berjalan di lorong yang sepi di lantai tiga. Lift yang mengantarkan saya sudah tertutup dan mungkin saja sudah kembali ke bawah untuk menjemput tamu lain. Karpet yang mewah disesuaikan dengan warna dingin yang berwarna kecokelatan.

Hotel Savoy Homann Bandung ini memiliki 185 kamar yang terbagi dalam empat sayap yaitu Tower Wings, Millenium Wings, Garden Wings dan Asia Africa Wings. Hotel ini memiliki jenis kamar seperti Deluxe, Executive, Junior Suite, Suite dan Homann Suite. Tentu, masing-masing kamar memiliki kelebihan masing-masing; dan sesuai budget kita juga.
Kamar Hotel Savoy Homann Bandung.
Jadi, untuk orang yang baru pertama kali menginap di Hotel Savoy Homann ini sebaiknya lebih agresif bertanya kepada resepsionis. Kamar-kamar yang tersebar itu dibagi dalam dua kelompok yaitu Tower dan Milinium Wings yang tergolong bangunan baru, dan Asia Afrika Wing yang termasuk bangunan lama. Cara naik ke lantai atas juga berbeda lift, sebaiknya bertanya lebih jelas agar tidak tersesat.

Saya dan beberapa teman lain menginap di kamar Deluxe yang desainnya juga menarik. Warna kecokelatan dipadu dengan putih di dindingnya cukup enak dilihat. Desain kamar ini dibuat lebih lembut mungkin saja untuk membuat tamu lebih santai dan nyaman.

Menariknya, jika kita bertiga, kita bisa meminta kasur tambahan jika mendapatkan kamar dengan 1 atau 2 tempat tidur. Pelayanan yang ramah dan cepat membuat aktivitas kita tidak terganggu sama sekali.
Di dalam kamar.

Kamar mandi sendiri adalah standar seperti hotel pada umumnya. Namun, Hotel Savoy Homann menyediakan bathtub dengan perlengkapan mandi lengkap, serta handuk. Kamar juga memiliki pendingin ruangan, selimut, kopi dan teh, air mineral dan juga Wi-Fi yang terkoneksi ke seluruh hotel.

Hotel Savoy Homann sangat mudah dijangkau karena terletak di pusat Kota Bandung. Untuk menginap di hotel ini, kita bisa memilih kamar mana yang sesuai dengan budget dan akan mendapatkan pelayanan terbaik juga.
Bisa ngeteh di dalam kamar.

Homann Suite untuk 1 malam adalah dengan harga Rp 5.500.500/net. Kamar Executive untuk 1 malam adalah dengan harga Rp 1.750.000/net. Kamar Junior Suite untuk 1 malam adalah dengan harga Rp 1.900.000/net. Kamar Suite adalah Rp 2.250.000/net untuk 1 malam. Dan, untuk kamar Deluxe Room adalah dengan harga Rp 1.350.000/net.

Menu Makanan yang Lezat di Hotel Savoy Homann

Tiap hotel memiliki menu yang lezat dan enak untuk disantap. Hotel Savoy Homann juga memiliki menu yang layak untuk dicicipi dengan sekenyang-kenyangnya.

Adalah menu khas Savoy Homann, Risjttafel, yang jadi turun-temurun dari Keluarga Homann. Menu kebanggaan dari hotel ini bisa dicicipi oleh 5 orang dengan harga Rp 350 ribuan saja. Breakfast sudah pasti gratis namun untuk dinner BBQ all you can eat harga yang diberikan adalah Rp 158.000/pax dengan live music selama kita makan.
Menu pilihan hotel.

Lezat sudah pasti.

Menu andalan di sebelah kanan.

Siapa yang tidak mau ini?

Bisa dibayangkan rasanya.

Enak.

Segar.

Hotel Savoy Homann memang menjadi salah satu penginapan yang diidamkan bagi siapa saja yang sedang berada di Bandung. Sudahkah berencana untuk liburan ke Bandung?

HOTEL SAVOY HOMANN BANDUNG
Jalan Asia Afrika 112, Bandung, Indonesia
Phone: (+62) 224232244, (+62) 8112492221
Fax: (+62) 224236187

2 Responses to "Hotel Savoy Homann Bandung, Histori dalam Keindahan Sebuah Penginapan"

  1. duh makanannya bikin ngiler... kapan bisa menginap lagi dan makan khas hotel savoy homann

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel