Menaiki Kereta Api Jurusan Semarang - Solo - Jogja

Siapa yang tidak tahu Joglosemar? Joglosemar merupakan singkatan dari Jogja Solo Semarang. Bagi Anda yang hendak bepergian ke Solo/Jogja dan sekitarnya dari Kota Semarang ataupun sebaliknya untuk naik Kereta Solo Semarang, Anda patut mencoba transportasi kereta api yang memiliki keunggulan mudah, nyaman, dan tentunya murah karena kereta api ini mendapat subsidi dari pemerintah.
Naik Kereta Api.
Saya akan sampaikan pengalaman mudik seorang teman dari kota Semarang ke Klaten via Kereta Api. Karena Kereta Api Semarang langsung ke Klaten tidak ada, maka setelah naik kereta Semarang-Solo, sampai di Solo langsung ganti kereta prameks Solo-Jogja. 

Perjalanan saya mulai pada pukul 07.00 WIB karena untuk mengejar Kereta Api Semarang-Solo yang hanya beroperasi satu kali saja dalam sehari yaitu pada pukul 08.45 WIB dari Stasiun Poncol Semarang Kota. 

Karena teman saya berdomisili di Ngaliyan (Kota Semarang), untuk pergi ke Stasiun Poncol teman saya menggunakan jasa angkot. Angkot ini biasanya berwarna orange atau kuning yang bertuliskan Mangkang-Johar yang beroperasi di Jalan Pantura. Dengan angkot ini kita nanti langsung turun di Stasiun Poncol dengan biaya yang sangat murah yaitu Rp.5000,- saja. 

Sesampainya di Stasiun Poncol kurang lebih jam 07.30 WIB, langsung saja ke tempat antrian pembelian tiket yaitu di sebelah kiri plank pemberangkatan. Di sana ada beberapa loket. Pilih saja loket yang paling kanan yang bertuliskan KA Kalijaga (Semarang-Solo). 

Dengan biaya yang sangat murah yaitu Rp.10.000,- per tiketnya. Setelah kita mendapatkan tiketnya, sebaiknya kita menunggu di tempat tunggu. Kurang lebih pukul 08.30 Kereta Kalijaga datang dari Solo. 

Setelah penumpang dari Solo turun, sebaiknya kita cepat naik. Lebih baik menunggu di dalam kereta daripada ketinggalan kereta. Kereta Kalijaga berangkat dari Stasiun Poncol pukul 08.45 WIB. Namun, bila kita mau naik dari Stasiun Tawang juga bisa karena kereta juga singgah sebentar di stasiun ini. 

KA KALIJAGA merupakan Kereta Api yang memberikan kenyamanan bagi penumpang terbukti dengan dilengkapinya Ac serta pelayanan yang bagus dari pihak kereta. 

Jika kita lapar, tenang saja karena di dalam kereta akan ada petugas yang menjajakan makanan mulai dari popmie, nasi goreng, hingga kopi. 

Selama perjalanan Solo-Semarang kurang lebih 3 jam, Kereta Api Kalijaga singgah/ berhenti di beberapa stasiun antara lain Stasiun Tawang, Stasiun Brumbung, Stasiun Kedungjati, Stasiun Telawa, Stasiun Gundih, Stasiun Salem, Stasiun Balapan, dan terakhir Stasiun Purwosari. 

Di setiap akan berhenti, kereta selalu mengumumkan stasiun yang sebentar lagi disinggahi. Jadi kita tidak perlu khawatir akan tersesat. 

Ini tambahan tips buat kita yang hendak oper ke Jogja atau Klaten dan sekitarnya dengan KA Prameks. Walaupun kereta berhenti terakhir di Stasiun Purwosari, lebih baik anda turun saja di stasiun solo balapan. 

Karena, kereta prameks nantinya akan memulai perjalanan dari stasiun solo balapan. Dan ingat bahwa KA PRAMEKS adalah Kereta Api tanpa tempat duduk, jadi supaya anda mendapatkan tempat duduk, anda lebih baik naik prameks dari Stasiun Solo balapan ini. 

Kereta Api Prameks ini berjalan dari Solo Balapan dan berakhir di Stasiun Tugu Yogyakarta. Kereta Api Prameks akan melewati beberapa stasiun kecil seperti Stasiun Purwosari, Stasiun Klaten, Stasiun Maguwo (Bandara), Stasiun Lempuyangan, dan Terakhir Stasiun Tugu. 

Karena teman saya menuju Klaten, maka dirinya turun di Stasiun Klaten. Tiba di Stasiun Klaten kurang lebih pukul 12.45 WIB. Jika tujuan Anda ke Stasiun Tugu, maka kereta akan tiba pukul 13.26 WIB.

0 Response to "Menaiki Kereta Api Jurusan Semarang - Solo - Jogja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel